.

Senin, 17 Desember 2018

TEKNOLOGI HIJAU MELESTARIKAN BUMI

Oleh : Natalia Esteriani Kambey (K17-Natalia)

Abstrak :
                Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis. Pengembangan teknologi sangat diperlukan karena tuntutan zaman dan daya saing bangsa. Namun, tanpa kita sadari, teknologi sangat konsumtif terhadap penggunaan energi fosil yang menyebabkan menipisnya cadangan minyak, memicu pemanasan global, dan sebagainya. Hal ini menyebabkan diperlukan teknologi yang ramah lingkungan yaitu teknologi hijau, sehingga mengurangi pemborosan energi agar mengurangi potensi kerusakan permanen bumi.

Kata Kunci : Teknologi Hijau, Ramah Lingkungan

Pembahasan :
                Menurut Hidayat dan Kholil (2018), teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup, sehingga menjaga kelestarian (sustainbilitas) kehidupan di planet bumi ini. 

Beberapa teknik untuk pencapaian sustainabilitas tersebut, yang telah banyak dikenal, antara lain :
- Produk Daur Ulang yaitu penciptaan (siklus) produk-produk manufaktur yang sepenuhnya dapat direklamasi atau digunakan kembali.
- Inovasi teknologi hijau merupakan pengembangan teknologi alternatif baik berupa bahan bakar fosil atau bahan kimia hasil dari budidaya tanaman – yang telah terbukti tidak merusak kesehatan dan lingkungan hidup

Konsep Teknologi Hijau, yaitu :
  • Konsep keberlanjutan, yaitu kebutuhan masyarakat akan terus terpenuhi tanpa merusak sumber daya alam.
  • Konsep daur ulang, dimana dalam proses produksi dirancang sedemikian rupa sehingga dapat didaur ulang dan digunakan kembali, sehingga dapat menghemat penggunaan sumber daya alam.
  • Konsep pengurangan limbah dan polusi, yaitu pola produksi dan konsumsi diubah menjadi sedemikian rupa sehingga meminimalisir produksi limbah dan polutan.
  • Konsep inovasi, yaitu selalu mengupayakan pengembangan teknologi alternatif sehingga semakin hari kita semakin melestarikan lingkungan.
  • Konsep viabilitas, yaitu bagaimana kegiatan produksi dan konsumsi ramah lingkungan terus terpelihara.
  • Konsep edukasi, yaitu upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penggunaan teknologi hijau lewat pendidikan dan pelatihan.
Ruang Lingkup Teknologi Hijau :
  1. Energi hijau, yaitu pengembangan bahan bakar alternative sehingga menyebabkan adanya efisiensi energy.
  2. Bangunan hijau (green building) juga mendapat perhatian penting di bidang teknologi hijau, segala sesuatu yang berkaitan dengan pembangunan rumah atau infrastruktur yang ramah lingkungan. Penerapannya mulai sejak pemilihan bahan bangunan hingga lokasi tempat bangunan akan didirikan diharapkan telah mempertimbangan kelestarian lingkungan hidup.
  3. Kimia hijau (green chemistry) mulai mendapat perhatian berbagai negara maju dalam hal penemuan, rancangan dan aplikasi produknya termasuk proses yang dijaga dari penggunaan bahan beracun atau zat yang berbahaya bagi kehidupan.
  4. Nanoteknologi hijau (green nanotechnology) adalah penerapan kimia hijau tingkat lanjut dengan prinsip-prinsip rekayasa teknologi yang ramah lingkungan.
Kesimpulan :
                Perkembangan teknologi memang tidak dapat dihentikan, selain itu perkembangan teknologi sangat membantu kegiatan makhluk hidup. Namun teknologi yang digunakan saat ini masih teknologi yang tidak ramah lingkungan, yaitu teknologi yang berdampak buruk terhadap lingkungan. Teknologi hijau merupakan solusi yang paling tepat untuk mengurangi dampak negatif teknologi terhadap lingkungan. Sehingga dibutuhkan kesadaran masyarakat sehingga teknologi hijau dapat diterapkan, sehingga dapat menjaga kelestarian kehidupan di bumi.

Daftar Pustaka :

  • Hidayat, A., Kholil, M. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Yogyakarta : Penerbit WR
  • Soemarno. 2011. Filosofi Teknologi Hijau, (http://marno.lecture.ub.ac.id/files/2012/01/FILOFOSI-DASAR-TEKNOLOGI-HIJAU.doc, diakses tanggal 17 Desember 2018)
  • Nefilinda. 2015. Teknologi Hijau Warisan Nenek Moyang di Tanah Parahyangan, (http://journal.uii.ac.id/JSTL/article/download/3507/3100, diakses tanggal 17 Desember 2018)

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.