.

Selasa, 11 Desember 2018

Teknologi Hijau Dikehidupan Sehari-Hari


Oleh : Erlangga Maulana Sakhi (@K02-Erlangga)




Abstrak
Teknologi adalah sebuah sarana yang dikembangkan atau dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia sehari-hari. Namun tidak semua hal yang dihasilkan dari pengembangan teknologi akan ramah lingkungan. Jika teknologi yang dihasilkan digunakan secara tidak bijak maka akan menghasilkan kerusakan, baik pada lingkungan maupun kehidupan manusia itu sendiri.
Kata Kunci : Teknologi, lingkungan, manusia, kehidupan, ramah lingkungan.
            Menurut Hidayat dan Kholil (2018: 152), teknologi hijau dikenal juga sebagai teknologi lingkungan dan teknologi bersih, merupakan integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk lebih mengoptimalkan pelestarian lingkungan global dan sumber daya alam, serta untuk meminimalisir dampak negative dan berbagai kegiatan seluruh umat.
            Inilah salah satu bentuk untuk meningkatkan dan menjaga kelestarian lingkungan demi kelanjutan kehidupan di planet bumi ini. Teknologi hijau adalah aplikasi ilmu lingkungan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya yang ada didalamnya.
            Teknologi hijau hamper meliputi semua aspek dalam kehidupan manusia. Pengaplikasiannya sudah meliputi, pangan & pertanian, Ilmu Pengetahuan Alam, IPS & Kemasyarakatan, Teknologi untuk mengentaskan kemiskinan, kesehatan, biologi, kedokteran, material industry, energy, nuklir, penerbangan, pertahanan dan keamanan, teknologi maritime, rancangan bangunan.
            Penerapan teknologi hijau pada bidang energi seperti pengembangan pada penggunaan sinar mata hari sebagai sumber alternative energi. Menurut Manan (2009), Saat ini kebutuhan energi, khususnya energi listrik (energi listrik adalah energi yang mudah dikonrversikan ke dalam bentuk energi yang lain) terus meningkat dengan pesat, bahkan di luar estimasi yang diperkirakan. Hal ini sudah selayaknya sebagai dampak meningkatnya seluruh aktivitas kehidupan yang menggunakan energi listrik.

Selama ini kebutuhan energi bahkan kebutuhan dunia masih mengandalkan minyak bumi sebagai penyangga utama kebutuhan energi. Sementara itu tidak dapat dihindarkan bahwa sumber energi ini semakin langka dan mahal harganya. Bagi Indonesia masalah energi menjadi lebih penting lagi artinya dan perlu mendapatkan penanganan yang khusus.
Teknologi adalah suatu hal yang tidak akan bisa dihentikan perkembangannya, teknologi juga memiliki tujuan untuk selalu memudahkan kehidupan manusia. Namun kita sebagai manusia juga harus memiliki rasa tanggung jawab. Jangan selama teknologi itu memudahkan namun menjadikan manusia lupa kepada lingkungan sekitar yang merasakan dampak negatif dari teknologi tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
  • Manan, Saiful. 2009. Energi Matahari, Sumber Energi Alternatif Yang Effisien, Handal Dan Ramah Lingkungan Di Indonesia. Dalam http://eprints.undip.ac.id/1722 , diakses pada (11 December 2018).
  • Ningrum, Nataliawati Prastiya. Kusuma, Muhamad Alfin. 2013. Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Dan Abu Kulit Buah Kapuk Randu Sebagai  Bahan Pembuatan Sabun, Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, Vol.2, No.2. Dalam https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtki/article/viewFile/2640/2632 , diakses pada (11 Desember 2018).
  • Hidayat,Atep Afia dan Kholil Muhammad. 2018. Kimia Dan Pengetahuan Lingkungan Industri, Wahana Resolusi. Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.