.

Selasa, 11 Desember 2018

Penerapan Aplikasi Industri Hijau di Indonesia


Dibuat oleh : Karlen Alfani Ariesta ( @K07-Karlen )

Abstract : The green industry is that industries which in the production process prioritize efforts to efficiency and effectiveness of sustainable use of resources so as to be able to harmonize industrial development with the preservation of environmental functions and can provide benefits to society, in this article I will explain about what is green industry, how to reach green industry, what are the benefits of the green industry, what are the benefits of the green industry, what are the strategies in the green industry application, and about the application of green industry in Indonesia.



Keyword : Industri hijau

Isi :
Apa itu industri ? Menurut wikipedia industri adalah,  bidang yang menggunakan ketrampilan, dan ketekunan kerja, dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi, dan distribusinya sebagai dasarnya. Ada pengertian lain dari industri, yaitu industri adalah pengolahan barang mentah menjadi barang jadi, atau barang yang mempunyai nilai tambah.
Dalam bidang perindustrian saat ini sangat dibutuhkan yang namanya green industry, atau industri hijau. Apa itu industri hijau? Industri hijau adalah industri yang dalam proses produksinya mengutamakan upaya efesiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. ( UU Perindustrian 2014 )
Menurut Kemenprin ( 2012 ), pembangunan sektor industri di Indonesia yang berjalan sekitar 50 ( lima puluh )tahun selain telah memberi dampak positif bagi negara, juga memberikan dampak negatif terhadap permasalahan lingkungan terutama pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah industri serta pemanfaatan sumber daya alam yang tidak efisien.
Industri hijau sudah menjadi istilah yang diterapkan oleh berbagai negara di dunia, sebagai tanggapan terhadap makin langkanya sumber daya alam , perubahan iklim, polusi udara, pemanasan global, dan sebagainya, yang makin mengarahkan pertumbuhan ekonomi, yang harus bergantung pada proses produksi yang bersih dan efisien.
Industri hijau merupakan industri yang berkomitmen untuk ramah lingkungan dengan berfokus pada pengembangan dan perbaikan secara terus – menerus, dan praktek bisnis yang bertanggung jawab terhadap masyarakat baik di dalam maupun di luar organisasi, serta memperhatikan rantai pasok untuk pembangunan berkelanjutan.
Melalui penerapan industri hijau ini diupayakan dapat dipastikan bahwa semua industri yang meliputi sektor, lokasi, dan ukuran, untuk terus meningkatkan kinerja lingkungannya.
·         Industri hijau dapat dicapai melalui :
a.       Meningkatkan upaya – upaya pengelolaan internal.
b.      Meningkatkan proses pengawasan.
c.       Daur ulang bahan/ material.
·         Maanfaat dari penerapan industri hijau :
a.       Menjaga kelestarian lingkungan.
b.      Meningkatkan image perusahaan.
c.       Meningkatkan kinerja perusahaan.
·         Tantangan dalam penerapan industri hijau :
a.       Dibutuhkan investasi penggantian mesin industri.
b.      Dibutuhkan penghargaaan bagi kalangan industri yang telah mewujudkan industri hijau.
c.       Perlu dirumuskan pola insentif bagi industri yang telah menerapkan industri hijau.
·         Strategi dalam pengaplikasian industri hijau:
a.       Mengembangkan kerjasama internasional terkait perumusan kebijakan dan pendanaan dalam pembangunan dan pengembangan industri hijau.
b.      Memperkuat kapasitas instutional untuk mengembangkan industri hijau.
c.       Membangun koordinasi antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta.


·         Adapun di Indonesia aplikasi industri hijau, antara lain ;
a.       Penggunaan mesin ramah lingkungan.
b.      Penerapan produksi bersih.
c.       Penyusunan data inventori emisi CO2


DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.