.

Minggu, 16 Desember 2018

Penerapan Teknologi Hijau di Indonesia

Dibuat oleh : Karlen Alfani Ariesta 
(@K07-Karlen)

Abstract : Technology is a branch of knowledge that deals with the creation and use of technical advice and its relation to life, society and the environment.
 In this article I will explain about techonolgy, environmentally friendly technology, green technology, the concept of application objectives of green technology, and explain main princip of green technology.

Isi :
            Berdasarkan beberapa kamus, teknologi dapat didefinisikan cabang pengetahuan dayng berhubungan dengan penciptaan dan penggunaan saran teknis dan keterkaitannya dengan kehidupan, masyarakat, dan lingkungan ( Dictionary.com, dan Meriam Webster )
            Menurut catatan Karnodo ( 2010 ) Pada bulan Januari 2004 Uni Eropa mengadposi Environmental Technology Action Plan ( ETAP ), hal itu dimaksudkan untuk memperbaiki pembangunan dan menggunaan teknologi lingkungan yang lebih luas.
            Teknologi lingkungan didefinisikan sebagai teknologi yang lebih sedikit merusak lingkungan jika dibandingkan dengan teknologi alternatif sejenis. Lalu ada yang namanya teknologi ramah lingkungan. Teknologi ramah lingkungan tidak hanya teknologi secara individu tetapi juga secara sistem termaksuk pengetahuan, prosedur, barang dan pelayanan, dan peralatan serta prosedur organisasi dan manajemen untuk mempromosikan kelestarian lingkungan. Kardono 2010 )
            Berdasarkan karakteristik tersebut definisi teknologi ramah lingkungan antaralain;
a.       Mencakup semua teknologi transisi yang akan menjadi teknologi berwawasan lingkungan.
b.      Semua aliran daur hidup material.
c.       Energi, dan air dalam sistem produksi dan konsumsi.
Berdasarkan catatan Karyono ( 2009), teknologi hijau muncul sebagai konsekuensi hadirnya formulasi Komisi PBB, World Commission on Evironment and Development ( WCED ), atau yang lebih dikenal sebagai Brundtland Commission tahun 1987 mengenai pembangunan berkelanjutan.
Teknologi hijau adalah teknologi yang penggunaannya minim menggunakan sumberdaya alam, termasuk sumberdaya energi, mineral, air, dan material, serta minim menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan manusia. ( Hidayat dan Kholil 2018 )
Teknologi hijau ( Greentech ), dikenal juga sebagai teknologi ramah lingkungan ( envirotech), dan teknologi bersih ( Cleantech ) apa definisi dari itu ? Definisi nya ialah, aplikasi ilmu lingkungan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya untuk mengekang dampak negatif dari keterlibatan manusia. ( Hidayat dan Kholil 2018 )
Ada definisi lain dari greentech yaitu, pengembangan dan penerapan produk, perlatan dan sistem yang digunakan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya yang dapat meminimkan dampak negatif.
Pengembangan teknologi hijau semakin pesat, antara lain dengan mengacu pada beberapa konsep yang menjadi tujuan aplikasinya ;
a.       Konsep daur ulang : Dimana proses prosedur manufaktur dirancang sedemikian rupa supaya dapat di daur ulang, atau digunakan kembali.
b.      Konsep inovasi : Dalam hal ini selalu berupaya mengembangkan teknologi alternatif.
c.       Konsep visibilitas : Bagaimana kegiatan produksi dan konsumsi ramah lingkungan senantiasa terpelihara keberadaannya.
Disamping beberapa konsep tersebut, adapula prinsip utama dalam teknologi hijau antara lain;
a.       Kenyamanan sosial : Hakikat dari pengembangandan penerapan teknologi antara lain untuk menumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat .
b.      Ekonomis : Penerapan teknologi hijau sedapat mungkin harus rendah biaya dengan nilai manfaat yang seoptimal mungkin .
c.       Ramah lingkungan : Teknologi hijau merupakan teknologi bersih dan ramah lingkungan.

           
DAFTAR PUSTAKA
  • DC. 2016. Technology. Dictionary. Com. Dalam
http://dictionary.reference.com/browse/technology

  • ·   Hidayat , Atep Afia., dan Kholil, Muhammad. 2018. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta. Wahana Resolusi.
  • ·    Kuswartojo, T. 2002. Agenda 21, Global Environmental Facilities (GEF) dan Alih Teknologi. Jurnal Teknologi Lingkungan. BPPT. Vol 3, No. 3. Dalam http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JTL/article/view/337/563
  • ·       Purwasasmita, M. 2000. Konsep Teknologi. Penerbit ITB. Bandung.
  • ·         Shidwi, M. 2016. Green Technology. Dalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.