.

Rabu, 05 Desember 2018

Mengatasi Masalah Lingkungan dan Energi Dengan Green Chemistry


Oleh: Rofiqoh Awaliyah. @K28-Rofiqoh
Abstrak Apakah sebegitu besarnya peran manusia dalam mengurangi pencemaran lingkungan? Ya! Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Sangat penting bagi kita untuk memelihara keasrian bumi yang tidak lain adalah tempat tinggal kita sendiri, salah satunya melalui penerapan Green chemistry dalam kehidupan kita.


Kata Kunci: Green Chemistry

Green Chemistry merupakan pendekatan untuk mengatasi masalah lingkungan baik itu dari segi bahan kimia yang dihasilkan, proses ataupun tahapan reaksi yang digunakan. Konsep ini menegaskan tentang suatu metode yang didasarkan pada pengurangan penggunaan dan pembuatan bahan kimia berbahaya baik itu dari sisi perancangan maupun proses. Bahaya bahan kimia yang dimaksudkan dalam konsep green chemistry ini meliputi berbagai ancaman terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, termasuk toksisitas, bahaya fisik, perubahan iklim global, dan penipisan sumber daya alam.

Pengatasan Masalah Lingkungan lebih menekankan pada fenomena lingkungan yang telah tercemar oleh substansi-substansi kimia. Sedangkan pengolahan limbah merupakan pengolahan setiap bahan sisa (limbah) suatu kegiatan proses produksi yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) karena sifat (toxicity, flammability, reactivity, dan corrosivity) serta konsentrasi atau jumlahnya yang baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak, mencemarkan lingkungan, atau membahayakan kesehatan manusia.
Jadi masalah pengatasan lingkungan itu berkaitan dengan bagaimana kita merencanakan dan melakukan upaya untuk mengatasi lingkungan kita yang telah tercemar.

Selain masalah lingkungan, masalah kekurangan energi di dunia juga sangat memprihatinkan, masalah ini dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tak dapat diperbaharui dan berpotensi merusak lingkungan seperti karbondioksida, menipisnya lapisan ozon, dampak penambangan serta bahan beracun di sekitar kita. Untuk masalah kekurangan energi ini Green chemistry dapat menjadi pendorong dalam pembuatan energi alternative.

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut Indonesia telah menerapkan teknologi alternative, tepatnya di Bali. Teknologi tersebut adalah teknologi Sanitary landfill. Prosesnya, menjadikan biogas yang didapat dari sampah melalui gas engine dikonservasikan menjadi energi listrik.

Mula-mula seluruh sampah ditimbun dengan tanah disuatu titik cekung kemudiam dipadatkan dan menutupnya dengan tanah, lalu lewat pipa yang dipasang di dalamnya, gas methan ditangkap dan digunakan untuk mengeringkan sampah. Dengan demikian tumpukan sampah itu akan mengering. Cairan yang keluar selama proses itu ditampung dan dikelola dalam instalasi khusus atau water treatment supaya tidak menimbulkan pencemaran. Kemudian untuk sampah yang baru, prosesnya dipilah dulu. Sampah basah seperti kayu, daun, kertas dicacah dulu, kemudian dimasukkan dalam digester (pengering) yang nantinya menghasilkan biogas dan kompos.

Sedangkan sampah kering semacam plastik akan diolah dengan teknologi pirolisis dan gassfication, yakni dengan pemanasan tinggi tanpa oksigen yang menghasilkan gas dan digunakan untuk menggerakkan turbin. Dengan teknologi alternative tersebut kita dapat mencegah pencemaran lingkungan dikarenakan penumpukan limbah dan memiliki sumber energi alternative lewat teknologi tersebut.

Banyak sekali yang dapat kita lakukan untuk memelihara lingkungan dari pencemaran bahan kimia. Mulai dari pencegahan-pencegahan kecil sampai ke yang besar. Nah apa saja yang masalah dunia yang dapat diperbaiki melalui Green Chemistry:
  1. Kekurangan energi
  2. Perubahan iklim Global
  3. Sumber daya alam yang kian menipis
  4. Kekurangan pangan
  5. Lingkungan kita yang semakin terpolusi
Kesimpulan
Sering kita menyepelekan hal-hal kecil karena kita tidak begitu paham pentingnya hal tersebut, mungkin kita sering berpikir jika melakukan hal tersebut masih banyak orang yang tidak menghiraukannya dan akhirnya hanya akan sia-sia. Sebenarnya tidak, dari hal-hal kecil yang kita lakukan hal tersebut akan berpengaruh dan berdampak besar dimasa yanh akan datang. Maka dari itu sama-sama kita melakukan suatu gerakan sedikit demi sedikit untuk mencapai gerakan besar dalam melindungi dan memelihara bumi.

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Kholil, Muhammad. 2018. Kimia Dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Wahana Resolusi. Yogyakarta.
Anonim. 2018. Kimia Hijau https://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_hijau 

Kun, Rizky. 2011. Penerapan Konsep Green Chemistry Dalam Keseharian

Anwar, Muslih. 2015. Green Chemistry. http://bptba.lipi.go.id/bptba3.1/?lang=id&u=blog-single&p=343 
Kurniawan, Ade. 2012. Mengelola Sampah Menjadi Energi Alternatif. http://www.neraca.co.id/article/12014/mengolah-sampah-menjadi-energi-alternatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.