.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Peranan Kimia Hijau di Berbagai Bidang




A.    Deinisi Kimia Hijau 
Kimia hijau ini merupakan pendekatan untuk mengatasi masalah lingkungan baik dari segi bahan kimia yang dihasilkan, proses, ataupun tahapan reaksi yang digunakan.
Bahaya bahan kimia yang dimaksudkan dalam konsep Kimia Hijau ini meliputi berbagai ancaman terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, termasuk toksisitas, bahaya fisik, perubahan iklim global, dan penipisan sumber daya alam.
Pada prinsipnya, Kimia Hijau memanfaatkan pengetahuan kimia yang berlaku untuk proses produksi, penggunaan, dan pembuangan akhir bahan kimia dengan cara meminimalkan penggunaan bahan yang dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan.


B.     Penerapan Kimia Hijau

Ada beberapa peranan kimia hijau yang bisa dilakukan dalam berbagai bidang, antara lain :

ü  Infrastruktur
Senyawa organik yang mudah menguap atau volatile organic compounds (VOC) biasa diidentifikasi sebagai bau sesuatu yang baru dicat, bersifat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sejak dulu ada cat yang larut dalam air berbentuk bubuk, tetapi tidak mudah didapat. Perusahan cat di Inggris berhasil membuat cat yang sedikit sekali atau tidak mengandung VOC tetapi tetap menarik, misalnya cat yang berbasis pelarut dari tanaman yang tidak berbau, mudah dibersihkan, dan berdaya tutup yang baik.  


ü  Trasportasi

Dikembangkan materi fibre-reinforced plastic (FRP) yang berpotensi untuk berkinerja baik melebihi baik baja maupun alumunium, meskipun saat ini para produser baja dan alumunium telah berhasil memproduksi karoseri mobil yang jauh lebih ringan (Cefic, 2011). Materi-materi FRP belum dapat bersaing secara ekonomis dengan baja dan alumunium sebagai karoseri kendaraan. Masih banyak riset yang harus dilakukan untuk mencari komposit untuk eksterior kendaraan transportasi yang lebih ramah lingkungan (Woinaroschy, 2016).


ü  Energi
Melakukan penghematan energi, yaitu dengan menerapkan golongan materi yang berperan sebagai cairan pemindah panas menerapkan teknologi khusus untuk mencapai kombinasi optimal antara stabilitas, efisiensi dan ekonomi. Dengan telah dikembangkannya materi untuk bahan bangunan yang dapat menunjang penghematan penggunaan energi, maka konsumsi energi alternatif menjadi pertimbangan saat membangun ruang rumah atau gedung dan ini merupakan langkah logis, dengan demikian digunakan panel surya untuk menghasilkan energi listrik alternatif.

ü  Pengelolaan Limbah
Pabrik pengolahan limbah dapat dibangun, yaitu yang dapat menggunakan perlakuan tersier lanjutan melalui teknologi ultrafiltrasi dan reverse osmosis, dapat beroperasi sepanjang waktu untuk menggunakan kembali air limbah dan menghemat sejumlah besar air setiap hari (Woinaroschy, 2016). Air hasil perlakuan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain seperti pendinginan AC, penyiraman toilet, hortikultura, konstruksi, dan lain-lain. Salah satu cara pengolahan air limbah sudah diuraikan pada bagian sistem pengelolaan air (Nurdin dkk, 2015)

C.     Daftar Pustaka

Hidayat, Atep Afia dan Kholil,Muhammad.2017.Kimia Industri dan Teknologi Hijau,Jakarta:Pantona Media. 


Anwar, M. 2015. Kimia Hijau/Green Chemistry. Dalam : http://ilmulingkungan.com/apa-saja-dampak-pencemaran-air/.  Diakses pada (18 Agustus 2018 jam 16.00 WIB)


Mustafa, D. 2016. Kimia hijau dan pembangunan kesehatan yang berkelanjutan di perkotaan. 180-182.


Mustafa, D. 2017. Peranan Kimia Hijau Dalam Mendukung Tercapainya Kota Cerdas Suatu Tinjauan Pustaka. 177-178.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.