.

Sabtu, 18 Agustus 2018

PENCEMARAN AIR DI SUNGAI JAKARTA


PENCEMARAN AIR DI SUNGAI JAKARTA

@proyekG06
ABSTRAK
Pencemaran air dapat diartikan sebagai suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Perubahan ini mengakibatkan menurunnya kualitas air hingga ke tingkat yang membahayakan sehingga air tidak bisa digunakan sesuai peruntukannya.
PENDAHULUAN
Pencemaran air di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh aktifitas manusia yang meninggalkan limbah pemukiman, limbah pertanian, dan limbah industri termasuk pertambangan.
PEMBAHASAN
1.      Salah satu dampak negatif dari kemjuan ilmu dan teknologi yang tidak digunakan dengan benar adalah terjadinya pencemaran. Pencemaran  adalah peristiwa masuknya zat, unsur, zat atau komponen lain yang merugikan ke dalam lingkungan akibat aktivitas manusia atau proses alami.
Adapun sumber pencemaran sungai antara lain :
1.      Limbah Industri
Limbah industri mengandung berbagai macam zat berbahaya, salah satunya logam berat. Contoh logam berat: timbal (Pb), Kadmium (Cd) dan merkuri atau raksa (Hg) yang sangat berbahaya bagi manusia.
2.       Limbah Pertanian
Limbah pertnian yang dapt menyebabkan pencemaran lingkungan adalah pemakaian pupuk buatan yang berlebihan. Sebagaianpupuk yang tidak diserap tanaman akan terbuang bersama aliran air. Akibatnya perairan banyak mengandung zat hara. Hal ini dapat menyebabkan tumbuhan tumbuhan air berkembang biak dengan sangat cepat.

3.      Limbah Rumah Tangga
Kegiatan rumah tangga tiap hari menghasilkan sampah dan air buangan yang mengandung detergen. Dalam jumlah besar apabila limbah masuk ke perairan akan menyebabkan pencemaran ekosistem perairan. Selanjutnya, sampah akan diuraikan oleh mikroorganisme. Proses penguraian tersebutmengakibatkan kandungan oksigen dalam perairan menurun. Penurunan kandungan oksigen akan merugikan biota perairan.

4.      Limbah Hasil Tambang

Bocornya kapal-kapal tankerpengangkut benda cair misalnya minyak bumi dapat menyebabkan pencemaran air. Adanya lapisan minyak pada per, menyebabkaan perairan oksigen tidak dapatberdifusi dengan ke dalam air. Hal ini berpengaruh terhadap mikroorganisme perairan secara langsung.

2. Adapun dampak yang terjadi akibat dari peencemaran air tersebut adalah :
1.   Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen
2.   Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air
3.   Pendangkalan dasar perairan
4.   Tersumbatnya penyaring reservoir, dan menyebabkan perubahan ekologi
5.   Dalam jangka panjang mengakibatkan kanker dan kelahiran cacat
6.   Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan selain membunuh hama dan penyakit, juga membunuh serangga dan makhluk yang berguna terutama predator
7.   Kematian biota kuno, seperti plankton, ikan bahkan burung
8. Dapat mengakibatkan mutasi sel kanker dan leukemia
9. Dapat menyebabkan banji
10. Erosi
11. Kekurangan sumber air
12. Dapat merusak Ekosistem sungai
3. Penyebab tercermarnya sungai dijakarta
DKI Jakarta minim Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL Berdasarkan catatan PD PAL Jaya, Jakarta hanya memiliki satu zona yang terbangun infrastruktur IPAL. Hal ini menyebabkan seluruh limbah masyarakat dibuang ‘mentah’ mengalir ke sembilan muara tanpa diolah terlebih dahul. Limbah domestik Jakarta bisa juga disebabkan karena tercemarnya air bawaan dari hulu. Sehingga, pencemaran air sungai di Jakarta semakin parah, menjadi hitam dan berba
KESIMPULAN
Pemerintah harus segera  memecahkan masalah utama yaitu perbaikan sistem pembuangan air limbah di Jakarta guna memperbaiki sanitasi sekaligus mengatasi pencemaran air.
Kesadaran kolektif masyarakat, evaluasi dan pembenahan program-program pemerintah, serta kerja sama antar pemerintah daerah di hulu dan hilir sungai sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah pencemaran sungai yang selama ini ada.
Daftar pustaka :
 https://ilmugeografi.com/geografi-teknik/macam-macam-limbah-pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.