.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Masa Depan Sumber Daya Air

Oleh: @H27-DINISHA
Masa Depan Sumber Daya Air @PROYEKH06-DINISHA




Abstrak

Planet bumi ini diisi oleh dua pertiga bagiannya oleh air dan sisanya oleh daratan. Dengan meningkatnya jumlah penduduk planet bumi , hal tersebut membuat kebutuhan terhadap sumber daya alam air tersebut terus meningkat. Di sisi lain kebutuhan atas ruang yang ikut meningkat dengan adanya peningkatan jumlah penduduk tersebut justru malah mengancam keberadaan sumber daya air. Kualitas dan kuantitas sumber daya perairan terus mengalami degradasi, makin banyak penduduk yang tidak memiliki akses terhadap air bersih yang sehat. Semua hal tersebut dikarenakan dampak dari pencemaran air.

Kata Kunci: Pencemaran air, bumi, dampak, penanggulangan

Isi

Pencemaran merupakan salah satu persoalan yang serius yang dihadapi oleh seluruh penduduk dunia saat ini. Asal mulu mulai banyaknya wilayah - wilayah di bumi yang mengalami pencemaran salah satunya disebabkan oleh keberadaan industri. Sebelum revolusi industri ada mungkin tidak ada satupun penduduk planet bumi yang percaya bahwa lautan yang sangat luas yang mengisi hampir seluruh bumi ini dapat tercemar. Namun setelah meningkatnya penduduk bumi menjadi tujuh milyar seperti sekarang akibatnya lepas pantai sudah banyak yang mengalami kerusakan ekosistem yang parah. Berdasarkan Catatann Wolrd Wild Fund (WWF), bahan pencemaran oleh bahan kimia beracun telah mengancam kehidupan di planet bumi, baik di lautan maupun daratan, mulai dari daerah tropis sampai kutub hampir semuanya telah terkontaminasi.

Pencemaran air terjadi satiap saat, ada yang kasat mata karena perubahan warna air sesuai dengan polutan yang mendominasi, ada pula yang teridentifikasi oleh indra penciuman karena baunya menyengat, namun ada pula yang tidak tampak dan tidak berbau. Untuk mengetahui atau mengidentifikasi pencemaran air sehingga kualitasnya dapat diketahui dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama yaitu dengan mengambil sample air, kemudian diukur konsentrasi bahan kimia yang terkandung didalamnya, cara ini memerlukan tenaga ahli khusus yang bertugas untuk menganalisis sample air tersebut. Cara kedua ini lebih mudah untuk dilakukan oleh orang awam yaitu adalah dengan menganalisis kondisi kehidupan satwa seperti ikan, serangga, dan hewan invertebrata yang habitatnya disekitaran perairan. Jika kondisi para satwa tersebut relative baik, sehat, dan dapat berkembang biak maka tidak ada masalah berarti pada lingkungan perairan tersebut.

Di beberapa kawasan polutan sudah terakumulasi sedemikian rupa, sehingga merusak kondisi lingkungan. Dalam batas - batas tertentu ekosistem, termasuk laut, sebenarnya mampu untuk mengurai efek negatif limbah kimia dan polutan lainnya dengan sendirinya dengan kata lain ekosistem laut mampu untuk memulihkan dirinya sendiri. Namun dengan banyaknya jumlah polutan yang ada maka daya pulih dari ekosistem pun terlampaui dan akhirnya tercemar (Hidayat, 2013).
Strategi penanggulangan yang dapat diusahakan untuk menanggulangi pencemaran air ini adalah sebagai berikut:
          1. Pengaturan Tata Ruang
                Tata ruang memegang peranan penting dalam pengelolaan lingkungan. Tata Ruang yang baik dapat membuat kestabilan terhadap lingkungan. Tata Ruang yang berwawasan lingkungan akan menghasilkan model - model kota yang akrab dengan lingkungan atau  "eco city". Untuk kota lama yang sudah terbangun memang sulit untuk menatanya kembali, namun demikian bukanlah tidak mungkin untuk dilakukan, namun perlu didudkung oleh para penegak hukum dan pemerintah.
          2. Menerapkan kembali proses Reuse, Reduce, dan Recycle
          3. Mengurangi produksi sampah sandiri (minimize)
          4. Tidak membuang sampah sembarangan
                 Yang paling terpenting yaitu dengan kesadaran masyarakat akan tanggung jawabnya terhadap sampah yang hasilkan.
Pengendalian terhadap pencemaran air ini tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dan kontribusi masyarakat pada umumnya terhadap hal tersebut. Secara kolektif manusa dapat membangun lingkungan yang ideal bagi kehidupannya, agar masa depan sumber daya air dan lingkungan dapat pulih kembali secara menyeluruh.

Daftar pustaka


Herlambang, Arie. 2006. Pencemaran Air dan Strategi Penanggulangannya.  Dalam: https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/hujan-asam Diakses pada 18 Agustus 2018 Jam 12.00.

Hidayat,A.A. 20134. Pencemaran Kawasan Perairan. Dalam : http:/www.kangtepa-fia.com/2013/pencemaran-kawasan-perairan.html Diakses pada 18 Agustus 2018 Jam 12.20


Hidayat, Atep Afia. Dan Kholil, Muhammad.2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau

Indrawati, Dwi. 2011. Upaya pengendalian pencemaran Sungai yang Diakibatkan oleh Sampah. Dalam: https://media.neliti.com/media/publications/65338-ID-upaya-pengendalian-pencemaran-sungai-yan.pdf Diakses pada 18 Agustus 2018 Jam 11.30

Syofyan, Elvi Roza, Aguskamar. 2013. Peranan Masyarakat Dalam PEncegahan dan Penanggulangan Pencemaran Sungai. Poli Rekayasa. 
Dalam : http://repo.polinpdg.ac.id/264/1/756-738-1-PB.pdf Diakses pada 18 Agustus 2018 Jam 11..40



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.