.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Merkuri | Dari Tremor Hingga Kematian




NUR SOFIYAN 41617110118 @G32-NUR













ABSTRAK
Terdapatnya merkuri di lingkungan perairan disebabkan kegiatan perindustrian dan kegiatan alam. Pengaruh merkuri sebagai pollutan terhadap kehidupan biota laut dapat bersifat langsung maupun tidak langsung, misalnya melalui penurunan kualitas air, dan melalui rantai makanan (food chain). Bentuk yang bersifat toksis dari merkuri adalah methyl merkuri, yang mana dapat diakumulasi oleh biota air. Terjadinya proses akumulasi di dalam tubuh ikan karena kecepatan pengambilan merkuri (up take rate) oleh ikan lebih cepat dibandingkan proses eksresi. Pengaruh toksisitas merkuri terhadap ikan dapat bersifat lethal dan sublethal, sinergism dan antagonism. Dampak merkuri pada manusia dapat berupa gangguan fisiologis, ganggunan sistim syaraf, gangguan pertumbuhan, dan gangguan terhadap ginjal

KEYWORD : Merkuri , Tremor dan Kematian

PENDAHULUAN
Logam merkuri (Hg) adalah salah satu trace element  yang mempunyai sifat cair pada temperatur ruang dengan spesifik gravity dan daya hantar listrik yang tinggi. Karena sifat-sifat tersebut, merkuri banyak digunakan baik dalam kegiatan perindustrian maupun laboratorium. Merkuri yang terdapat dalam limbah atau waste di perairan umum diubah oleh aktifitas mikro organisme menjadi komponen methyl merkuri (CH3-Hg) yang memiliki sifat racun dan daya ikat yang kuat disamping kelarutannya yang tinggi terutama dalam tubuh hewan air.

PERMASALAHAN
Apa dampak merkuri bagi kesehatan manusia ?

PEMBAHASAN
Sebuah tinjauan baru dalam jurnal Current Opinions in Pediatrics, menunjukkan bahwa perilaku impulsif dan masalah kognitif yang terkait dengan paparan timbal dapat dipengaruhi karena akibat keracunan merkuri. Selain itu, jika tubuh terkena paparan unsur merkuri dalam jangka waktu panjang, ini dapat menyebabkan tremor, kelemahan otot, sakit kepala, insomnia, sesak napas, kerusakan ginjal, bahkan kematian.
Penyebab Keracunan Merkuri
Seseorang dapat keracunan merkuri berdasarkan beberapa keadaan yang berbeda, seperti:
  • Mengonsumsi ikan yang tercemar merkuri.
  • Menghirup asap gunung meletus atau kebakaran hutan.
  • Menghirup udara yang tercemar akibat proses industri, seperti asap pembakaran batubara, pembakaran bahan bakar minyak, dan pembakaran kayu
  • Tambalan gigi yang mengandung amalgam dapat melepas merkuri, sehingga dapat terhirup atau tertelan.
  • Terhirup uap merkuri saat lampu neon pecah.
  • Terhirup uap merkuri saat termometer raksa pecah atau tertelan air raksa ketika tidak sengaja termometer pecah di dalam mulut.
  • Terhirup uap merkuri saat pemanasan bijih emas di pertambangan emas.
  • Menggunakan krim pencerah kulit yang mengandung merkuri.

Berikut gejala yang dapat ditimbulkan berdasarkan sistem organ tubuh, antara lain:
  • Sistem saraf. Sistem saraf dapat dipengaruhi oleh merkuri, sehingga menimbulkan gejala, antara lain: Sakit kepala.Tremor ,Kesemutan, terutama di sekitar tangan dan kaki, serta mulut. Gangguan penglihatan. Gangguan bicara dan mendengar.Kelemahan otot. Sulit berjalan. Hilang ingatan.
  • Ginjal. Keracunan merkuri dapat menyebabkan gagal ginjal.
  • Jantung. Keracunan merkuri dapat mengakibatkan nyeri dada, serta penumpukan merkuri di jantung akan menimbulkan kardiomiopati, yaitu kelainan pada otot jantung.
  • Saluran pernapasan. Menghirup uap merkuri dapat menyebabkan radang tenggorokan sampai mengakibatkan gagal napas, bila terpapar dalam jumlah besar.
  • Kulit. Merkuri yang terpapar pada kulit dapat menimbulkan ruam dan peradangan.

KESIMPULAN
Bahaya merkuri tidak dapat terelakan lagi , merkuri adalah zat beracun yang dapat merusak system saraf manusia hingga menyebabkan kematian . Merkuri juga dapat mempengaruhi ekosistem perairan . Merkuri terbagi atas 3 yaitu merkuri elemental , merkuri inorganic dan merkuri organic .

DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil (2017). Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Penerbit Pantona Media. Jakarta

http://barcabarcaindo.blogspot.com/2015/04/bahaya-merkuri-bagi-tubuh-uji-merkuri.html
Hello Sehat . 2017 . https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/penyebab-keracunan-merkuri/ ( diunduh tanggal 18 Agustus 2018 )
Al Istiqomah , Yesika . 2013 . http://yesikalistiqomah.blogspot.com/2013/08/makalah-merkuri-dan-dampaknya-bagi.html ( diunduh tanggal 18 Agustus 2018 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.