.

Sabtu, 18 Agustus 2018

CITARUM SUNGAI TERKOTOR PEMASOK AIR



Abstrak
Sungi Citarum merupakan sungai yang mengairi banyak sawah dan perairan di Jawa Barat. Sungai Citarum juga memasok 80% air untuk kebutuhan di jakarta. Tetapi pada kenyataanya sungai citarum juga tercatat sebagai sungai terkotor di Indonesia. Oleh karena itu perlu adanya penanggulangan serta kesadaran masyarakat untuk menjaga sungai yang menjadi pemasok air untuk kehidupan sehari hari kita.
Kata kunci : sungai, kotor

Pendahulan
Sungai merupakan salah satu sumber air yang paling dekat dengan kehipan manusia. Pada umumnya air yang kita gunakan sehari hari baik untuk minum, mandi dan lain lain berasal dari air sungai. Tetapi pada kenyataannya air sungai yang kta gunakan jauh dari kata bersih melainkan kotor sekali dan bahkan pernah tercatat sebagai sungai terkotor di Dunia. Sungai citarum merupakan sunga yg mengalir di jawa barat dan banyak digunakan untuk mengairi sawah dan lain lain. Kotornya sungai citarum bisa kita lihatlangsung dari banyaknya sampah yang ada disana.

Kotornya Sungai Citarum

Sungai sepanjang 269 Km ini termasuk jajaran 10 besar sungai terkotor di Dunia, Sampah yangikut menalir di atas sungai menjadi bukti nyata bahwa sungai tersebut sangat kotor. Tidak hanya sampah warna sungai citarum yang berubah ubah merupakan adanya pencemaran dari limbah industri maupun rumah tangga yang berlebihan. Sampah di Sungai Citarum 70%nya adalah sampah plastik yang sangat sulit untuk ditangain dan juga sangat berbahaya bagi lingkungan karena tidak dapat didegradasi. Selain sampah plastik limbah Industri yang asal dan membuang limbahnya juga sanat pengaruh terhadap kotornya sunga citarum. pencemaran sungai oleh limbah industri sangat berbahaya karena bisa mengandung racun racun yang berbahaya untu manusia.

Upaya Penangan Pencemaran
Kotornya sungai citarum adalah sebuah momok bagi masyarakat terutama yang tinggal dekan dengan sungai tersebut. Perlu ada penangan yang serius untuk membersihkan sungai tersebut. pembersihan sampah plastik merupakan jalan yang harus dilakukan pemerintah untuk membersihkan sungai citarum. Pemerintah juga harus menindak tegas industri industri yang nakal membuang limbahnya ke sungai citarum. dengan memberi sangsi tegas kepada industri nakal akan sangan mengurangi pencemaran limbah di sungai citarum. Tapi yang terpenting adalah kita sebagai masyarakat punya kesadaran sendiri untuk menjaga lingkungan kita sendiri. tidak membuang sampah ke sungai merupakan tindakan yang paling tepat dilaukan untuk mencegah menambahnya sampah di sungai citarum.

Daftar Pustaka
-Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta: Pantona Media
-https://en.m.wikipedia.org/wiki/pencemaran-sungai
Kompas, Laporan Jurnalistik. 2011. Ekspedisi Citarum.Jakarta : Penerbit Buku Kompas
https://regional.kompas.com/read/2017/11/22/20092611/sungai-terkotor-di-dunia-pasok-80-persen-air-untuk-jakarta
http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/tekno/article/view/26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.