.

Sabtu, 03 Februari 2018

Sumber Pencemaran Air


Oleh : Ardian Sarwo (G03-Ardian)

Abstrak
Perkembangan teknologi memiliki dampak buruk terhadap lingkungan salah satunya yaitu pencemaran air. Pencemaran air merupakan menurunkan kualitas air yang disebabkan oleh beberapa sumber yaitu limbah industri biasanya dari pabrik, limbah pertanian dan limbah rumah tangga atau perkotaan.

Kata Kunci : Pencemaran Air, Limbah


Dewasa ini seiring dengan kemajuan zaman memunculkan banyak teknologi dan permesinan yang mampu menhasilkan produk dengan efektif dan efisien. Namun perkembangan teknologi tersebut juga memiliki dampak buruk bagi lingkungan salah satunya yaitu pencemaran air.
Menurut PP No. 20/1990  dalam Warlina (20014) tentang Pengendalian Pencemaran Air, pencemaran air didefinisikan sebagai : “pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiaan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya” (Pasal 1, angka 2)

Pencemaran air tentunya sangat merugikan bagi suatu kehidupan. Seperti contohnya, pencemaran air disungai sangat merugikan bagi ikan dan tumbuhan yang tinggal di sungai tersebut. Pencemaran yang terjadi di sungai tersebut dapat disebabkan oleh bebeapa hal seperti berbagai kegiatan manusia yang menghasilkan  limbah dari kegiatan rumah tangga, kegiatan industry dan kegiatan pertanian. Semua limbah-limbah tersebut jika dibuang ke sungai akan menurunkan kualitas air sungai sehingga terjadi pencemaran air di sungai. Seperti menurut Wiwoho (2005) dalam Agustiningsih, Sansongko dan, Sudarno (2012) menyatakan bahwa Kualitas air sungai dipengaruhi oleh kualitas pasokan air yang berasal dari daerah tangkapan sedangkan kualitas pasokan air dari daerah tangkapan berkaitan dengan aktivitas manusia yang ada di dalamnya

Dikutip dari buku yang berjudul Kimia Industri dan Teknologi Hijau menyatakan bahwa Pencemaran air antara lain terjadi karena : Limbah industry yang dibuang ke sungai atau perairan lainnya, yang menyebabkan ketidaksinambungan dan menimbulkan kontaminasi bagi organisme didalam atau  disekitarnya; Pengunaan bahan kimia pertanian seperti insektisida, hirbisida, dan fungisida di sekitar tanaman, juga menimbulakan pencemaran pada air tanah; Selain itu tumpahan minyak di lepas pantai atau lautan berpotensi menimbulkan kerusakan secara permanen pada badan air; Sumber pencemaran air lainnya ialah kegiatan sehari-hari seperti mencuci pakaian dan peralatan sekitar kolam, sungai atau danau (Hidayat dan Kholil, 2017)

Dari beberapa keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa sumber pencemaran air dapat terjadi karena:   
1.    Limbah industri biasanya dari pabrik
2.       Limbah pertanian
3.       Limbah rumah tangga atau perkotaan

Limbah - limbah tersebut dapat menyebabkan pencemaran air karena ketika ada berbagai polutan atau limbah yang masuk ke dalam air maka bakteri pembusuk harus bekerja lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih banyak sehingga kandungan oksigen di dalam air dapat berkurang drastis dan membuat makhluk hidup di sekitarnya menjadi kekurangan oksigen dan bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit serta berujung pada kematian.

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil.2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Pantona Media.
Agustiningsih1, Dyah, Setia Budi Sasongko, dan Sudarno. 2012. Analisis Kualitas Air dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Bukar Kabupaten Kendal. Jurnal Universirtas Dipenegoro. Diunduh tanggal 3 Februari 2017. file:///C:/Users/user/Downloads/4928-10757-1-SM.pdf
Warlina, Lina. 2004. Pencemaran Air: Sumber, Dampak dan Penanggulangannya. Makalah Intitut Pertanian Bogor. Diunduh tanggal 3 Februari 2017. http://www.rudyct.com/PPS702-ipb/08234/lina_warlina.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.