.

Kamis, 08 Februari 2018

POLUSI PEMBUNUH YANG TIDAK TAMPAK ATAU DIAM

Oleh : Rio Affan Bimantara @27-Rio @Proyek D06

Abstrak
Air merupakan sumber kehidupan, tidak hanya bagi manusia, makhluk hidup yang lain juga sangat membutuhkan air. kekurangan air pada tubuh manusi bisa mneyebabkan dehidrasi karena ketahanan tubuh manusia sangat bergantung pada berbagai fungsi air sedangkan tubuh manusia belum mengembangkan suatu sistem penyimpanan air sebagai sistem penyimpanan lemak. Air merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan kehidupan manusia. Menurut Kodoatie (2008) “air merupakan sumber kehidupan Semua makhluk membutuhkan air, untuk kepentingannya.

Kata Kunci : Pencemaran air

Isi
Menurut USGS (2015) dalam Hidayat dan Kholil (2017) bahwa Sumberdaya perairan di Planet Bumi meliputi air permukaan yang meliputi lautan, danau, sungai dan sebagainya. Selain itu masih ada air tanah (akuifer) yang tersimpan dibawah lapisan tanah atau batu-batuan dibawah permukaan tanah. Volume air secara keseluruhan dipermukaan Planet bumi diperkirakan mencapai 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³). Sebagian besar mengisi lautan (air asin) berbentuk lapisan es (dikutup dan puncak gunung), selain itu ada juga yang menjadi awan dan hujan, mengisi badan sungai, danau, waduk dan kolam, dan terperangkap diantara pori-pori tanah.
Sedangkan menurut hakim (2013) bahwa Pencemaran air juga berdampak luas, misalnya dapat meracuni sumber air minum, meracuni makanan hewan, ketidakseimbangan ekosistem sungai dan danau, pengrusakan hutan akibat hujan asam, dan sebagainya. Di badan air, sungai dan danau, nitrogen dan fosfat (dari kegiatan pertanian) telah menyebabkan pertumbuhan tanaman air yang di luar kendali (eutrofikasi berlebihan). Ledakan pertumbuhan ini menyebabkan oksigen, yang seharusnya digunakan bersama oleh seluruh hewan/tumbuhan air, menjadi berkurang. Ketika tanaman air tersebut mati, dekomposisi mereka menyedot lebih banyak oksigen. Sebagai akibatnya, ikan akan mati, dan aktivitas bakteri menurun.

Kesimpulan
Pencemaran adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Bahan atau logam berbahaya seperti arsenat, benzon, timah, dan lain – lain dapat merusak organ tubuh manusia dan menyebabkan kanker. Akibat yang ditimbulkan polusi air dalam zangua pasang adalah kanker dan kelahiran bayi cacat.

Daftar Pustaka
Hidayat, A.A. 2013. Pencemaran Kawasan Perairan. http://www.kangatepa-fia.com/2013/10/pencemaran-kawasan-perairan.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.