.

Sabtu, 10 Februari 2018

PERKEMBANGAN KIMIA INDUSTRI ATAU INDUSTRI KIMIA

                                 PERKBANGAN KIMIA INDUSTRI ATAU INDUSTRI KIMIA

                                                                oleh: Kevin Reinier


Abstrak

Kimia Industri Merupakan bidang yang memiliki prospek yang luas, dan diharapkan terdapat lulusan lulusan yang memiliki kompetensi yang diperlukan untuk seseorang bisa handal bekerja pada bidang kimia industri.

Kata kunci: KIMIA, INDUSTRI, KIMIA INDUSTRI

Pendahuluan:

Dilihat dari asal katanya “Kimia Industri” dapat dijelaskan bahwa kata “Industri” adalah upaya untuk merubah bahan mentah menjadi sebuah produk yang bermanfaat dan mempunyai nilai tambah tersendiri sehingga dapat digunakan untuk masyarakat yang memerlukan. Produk yang sudah dimanfaatkan ini disebut “Produk –Akhir”.
Tidak sampai disitu saja, bahwa “Produk Akhir” itu bisa manfaatkan dan dpakai juga sebagai bahan dasar sebuah industri lainnya, hal ini disebut sebagai “Produk Antara”
Produk dalam Kimia Industri sudah pasti berhubungan dengan industri yang menghasilkan zat kimia. Dalam memperoleh bahan baku untuk diproses dalam suatu industri itu bisa didapatkan melalui proses petrokimia, pertanian, penambangan dan sumber sumber lainnya.
Guna memperjelas hubungan antara bahan baku dengan produk-akhir serta produk-antara bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Terlihat bahwa produk yang di hasilkan oleh industri adalah produk bermanfaat untuk manusia yang mempunyai nilai tambah tinggi.



Selanjutnya pengertian “Kimia” adalah suatu proses perubahan identias kimia melalui perubahan unsur-unsur penyusunnya maupun massa molekulnya serta struktur molekulnya. Secara umum prosesnya disebut “Reaksi Kimia. Nah sebelum terjadi proses kimia bahannya disebut “Reaktan” dan hasilnya merupakan sebuah”Produk. Sedangkan Simbol Panah menandakan proses reaksi-kimia pemisahan sebelum dan sesudah proses.

Dari gambar diatas terlihat perubahan “identitas-Kimia” oleh reaktan cumene jadi produk benzene dan propylene dengan ditandai berubahnya rumus molekul dan diikuti dengan perubahan Berat Molekulnya. Proses ini disebut dengan Dekomposisi dimana perubahan reaktan menjadi produk dengan rumus molekul yang lebih sederhana

selain itu kimia dapat diartikan sebagai suatu proses dimana sebelum dan sesudah proses terjadi perubahan identitas kimia yang di tandai dengan perubahaan unsur unsur penyusun nya dan atau perubahaan massa molelul nya. 

DAFTAR PUSTAKA
  • Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Pantona Media. Jakarta
  • http://www.putraindonesiamalang.or.id/kimia-industri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.