.

Sabtu, 10 Februari 2018

Jenis dan Penyebab Pencemaran Lingkungan Akibat Manusia Dan Bagi kesehatan Manusia



Oleh : Gilang Pratama (f-14 gilang)







Abstrak : Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan keseimbangan pada daur materi dalam lingkungan(keseimbangan lingkungan) baik keadaan struktur maupun fungsinya sehingga dapat menggangu kesejahteraan/kelangsungan hidup manusia (Ramdhoni, 2015)


Kata kunci : Dampak dari pencemaraan lingkungan
Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidupzatenergi dan/ atau komponen lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air/ udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Jenis dan Penyebab Pencemaran Lingkungan :
Berikut uraian singakat beberapa jenis pencemaran menurut (CEF,2015), (Hathaway, dan 2015), dan (Hill, 2004)

Pencemaran Udara

    Pencemaraan udara merupakan yang palng berbahaya jika dibandingkan dengan yang lainnya. Penggunaan bahan bakar minyak, kayu dan batu bara menimbulkan efek samping dihasilkan polutan udara. Polutan didiudara berkaitan dengan peningkatan jumlahpenderita penyakit asma dan kanker paru-paru pada manusia.

Pencemaran Air
     Pencemaraan air menyebabkan terganggunya semua spesies mahluk hidup yang ada  dilanet bumi. sekitar 60% spesies hewan dan tumbuhan terdapat dipermukaan atau didalam air.
Penyebab terjadi pencemaran air karena limbh industri yang dibuang kesungai atau perairan lainnnya, yang menyebabkan ketidakseimbangan dan menimbulkan kontaminai bagi organisme didalam atau disekitarnya.
     Pencemaran air bukan hanya merugikan biota perairan, namun mencemari seluruh rantai pangan untuk manuisa, dan juga dapat menimbulkan wabah penyakit kolera dan diare.
   
Pencemaran Tanah

     Pencemaraan tanah terjadi karena penambahan dab akumulasi berbagai bahan kimia ke permukaan atau dalam tanah sebagai akibat dari berbagai aktivitas manusia. Begitu pula pembuangan limbah industri, limbah pertambangan dapat mengganggu ekosistem tanah. Berbagai macam bencana seperti erosi, longsor dan sebagainya juga turut dipengaruhi oleh pencemaran tanah.


Daftar Pustaka :


  1. Hidayat atep afia dan M.kholil, 2017, buku Kimia industri dan teknologi hijau, pantona media, Jakarta
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran lingkungan ( Diakses tanggal 10 februari 2018)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.