.

Sabtu, 10 Februari 2018

Air Yang Begitu Berarti Bagi Manusia



Oleh : Andreas Yoga Pratama (@F32-Andreas, @ProyekD06)












Abstrak
Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup, termasuk manusia. Semua manusia di Planet Bumi ini sangat membutuhkan air untuk kehidupan sehari-hari seperti minum, mencuci, mandi dan lain sebagainya. Air yang ada di Bumi ini bersumber dari air tanah, sungai, pegunungan, danau bahkan dari laut.  

Kata kunci : Air, Pencemaran Air, Lingkungan, Kesehatan Manusia

Pembahasan
Air sangat penting bagi kehidupan manusia di Bumi ini. mempunyai lingkungan hidup yang sehat akan membuat hidup kita menjadi nyaman dan membuat pikiran menjadi tentram. Pastinya mempunyai lingkuangan hidup yang sehat adalah impian setiap orang meskipun pada kenyataan belum semua orang dapat mewujudkan mimpi tersebut. Menurut Jaya Kurnia (2015), bahwa jika ingin mempunyai lingkungan hidup yang sehat harus dimulai dari diri sendiri dahulu, ketika diri sendiri sudah menerapkan lingkungan hidup sehat harapannya orang disekitar jugaa mengikuti. Meskipun pada kenyataannya sulit dan orang lain disekitar yang kurang mendukung tapi usahakan kita jangan ikut-ikut untuk mengkotorinya tetap pada prinsip ingin menciptakan lingkungaan hidup yang sehat. Menciptakan lingkungan hidup yang sehat contohnya buang sampah pada tempatnya tidak dijalan maupun disungai yang menyebabkan air sungai menjadi tercemar. Ketika air sudah tercemar maka akan menjadi sumber penyakit. Air yaang sudah tercemar, menyebabkan air tidak bersih, tidak jernih dan kotor sehingga tidak bisa untuk dikonsumsi. Berkut ini ada beberapa faktor penyebab pencemaran air yang berdampak pada kesehatan manusia diantaranya:
1. Sampah yang dibuang sembarangan ke sungai, got, maupun selokan
     Sampah-sampah yang dibuang ke saluran air seperti sungai, got, selokan akan menyebabkan air menjadi keruh dan kotor sehingga tidak sehat untuk digunakan.
2. Limbah industri
     Pembunagan limbah industri yang tidak secara matang oleh perusahaan maupun pabrik akan membuat lingkungan sekitar menjadi tidak sehat terlebih limbah tersebut sering dibuang ke sungai-sungai sekitar sehinggaa menyebabkan air sungai bercampur dengan zat-zat kimia berbahaya. Dan warga sekitar pun tidak dapat memanfaatkan sungai karena airya sudah tercemar.
3. Batubara
     Pertambangan batubara, dalam pengolahannya batubara dibakar terlebih dahulu hingga akhirnya siap untuk di distribusikan. Ketika batubara dibakar, maka merkuri yang dalam batubara terlepas ke atmosfer. Dan merkuri beralih kembali ke permukaan bumi merasuk ke air dalam tanah, sungai maupun danau. Sehingga menyebabkan air yang sudah tercampur merkuri menjadi tercemar dan bahaya untuk dikonsumsi.
4. Penggunaaan racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan
     Selain ikan banyak yang mati dan merusak kehidupan disekitarnya, penggunaan racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan juga membuat air tersebut terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia yang ada pada bahan peledak dan racun. Ekosistemnya menjadi rusak dan airnya pun juga tidak sehat lagi.
5. Limbah nuklir
     Zat radioaktif pembangkit listrik tenaga nuklir dan saat ini dunia sangat bergabtung pada energi nuklir maka terjadi peningkatan yang luar biasa terhadao limbah radioaktif yang dibuang ke daerah perairan. Tentunya limbah nuklir sangat berbahaya bagimanusia dan lingkungan sekitar perairan.
6. Tumpahan minyak
     Kebutuhan minyak bumi yang terus meningkat menyebabkan lalu lintas lautan menjadi semakin ramai daan minyak tumpah pun menjadi hal yang sering terjadi. Seperti yang kita tahu bahwa minyak dan air tidak bisa bersatu, minyak yang sering tumpah ke lautan akan menyebabkan air tercemar dan rusaknya ekosistem laut, ikan-ikan dan tumbuhan karaang kesulitan mendapat sinar matahari.
7. Pencemaran dari peternakan dan perikanan
     Air yang tercemar dari pernakan dan perikinan disebabakan karena tidak matangnya pemikiran pembuangan kotoraan hewan yang menyebabkan air terkontaminasi dengan kotaran dan bakteri-bakteri lainnya.
8. Penggunaan pestisida berlebih
     Limbah pertanian yang masuk ke dalam air tiak terlalu berbahaya namun saat ini banyak petani yang menggunakan petisida dan pupuk kimia berlebih sehingga menyebabkan air menjadi tercemar.
9. Limbah rumah tangga
     Terus berambahnya penduduk menyebabkan pengolaan limbah rumah tangga yang tidak terlalu diperhatikan oleh setiap penduduk dan asal-asalan dalam membuang, dan ini menyebabkan lingkungan tercemar dan air pun juga tercemar.
10. Erosi tanah
     Hutan yang gundul akibat penebangan yang ilegaal menyebabkan permukaan tanah menjadi semakin sedikit karena ketika hujan banyak tanah yang terbawa arus air mengalir ke sungai maupun danau. Dan menyebabkan air danau dan sungai menjadi keruh.
Demikian beberapa faktor-faktor penyebab pencemaran air yang perlu kita ketahui bersama sehingga kita bisa menjaga lingkungan dan mencegahnya hal-hal yang berdampak buruk pada lingkungan dan khususnya pada kesehatan manusia itu sendiri.

Daftar Pustaka
-       Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Patona Media : Jakarta
-       Kurnia, Jaya. 2015. 10 Faktor Penyebab Pencemaran Air. http://pengayaan.com/10-faktor-penyebab-pencemaran-air/ (diunduh pada tanggal 7 Februari 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.