.

Sabtu, 27 Januari 2018

Polimer

Oleh Sony Ariyanto (@G10-Sony)

Abstrak
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemui banyak produk komersil industri polimer seperti plastik,serat, dan karet. Untuk mempertajam dan mengkritisi tentang produk polimer yang kita temui maka artikel ini ditunjukan untuk mengenali polimer lebih dalam dengan mudah.










Kata Kunci Pengenalan Polimer

Perkembangan Polimer.




Polimer adalah molekul besar yang tersusun secara berulang dari molekul molekul kecil yang berikatan kovalen. Dan momomer adalah molekul molekul kecil. Pada tahun 1839 Charles Goodyear menjadi saangat terkenal setelah dapat mengubah getah karet menjadi karet yang sangat kuat caranya dengan memanaskan getah karet dengan sulvur dan hasilnya dinamakan karet vulkasi yang kemudian menjadi sangat populer pada zamanya dan kemudian orang orang mulai membuat ban , perahu karet ,dan jas hujan akan ikatan silang antara karet alam dan sulvur. Kurang lebih 150 tahun mendatang setelah zaman itu, polimer sintetik sudah memenuhi dan menjadi pelengkap dalam kehidupan sehari-hari seperti pakaian yang terbuat dari nilon dan poliester, orang orang yang berjalan diatas karpet polipropieda, pada alat transportasi kendaraan mobil di spatbor terbuat dari karet sintetik agar ringan dan kuat, dalam bidang kedokteran orang memakai alat pacu jantung dan membuat organ tubuh dari polimer silikon. komputer, alat elektronik,pulpen dan mainan anak semuanya terbuat dari polimer.Setiap tahun polimer yang diproduksi 5tidak kurang dari 125 juta kilogram sintetik yang diproduksi seluruh negara.Dan tentunya para ahli kimia juga melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan polimer.

 Ikatan pada molekul polimer

Ikatan polimer umumnya dibagi menjadi empat jenis, seperti berikut ini.
1) Ikatan ionik. Ikatan yang kuat dan terjadi di antara unsur-unsur yang mempunyai keelektronegatifitan. Pada polimer, ikatan jenis ini tidak begitu penting.
2 Ikatan kovalen. ikatan ini juga cukup kuat, mempunyai energi kira-kira 50 sampai 100kkal/bilangan avogrado ikatan. Ikatan dapat terjadi jika kedua unsur mempunyai keelektronegatifan yang relatif sama. Energi ikatan beberapa ikatan kovalen dapat dilihat pada Tabel 16.1 di bawah ini.
3) Ikatan hidrogen. Ikatan ini lemah, mempunyai energi berkisar 2-5 kkal.
4) Ikatan hasil interaksi dipol-dipol. Ikatan ini mempunyai energi kurang dari satu kkal (ikatan ini terjadi antarmolekul)

Bahan bahan Polimer
Polimer dibentuk dari bahan bahan organik dan anorganik. Berikut penjelasan bahan organik

Organik terdiri dari alamiah dan sintetik, alamiah polisakarida( adhesif dan fiber )protein polisopera.Organik sintetik terdiri dari adhesif plastik fiber cat karet.

Anorganik alamiah terdiri dari tanah liat(bata semen tenbikar) pasir, Anorganik sintetik (fiber).

Daftar pustaka
Hidayat Atep Afia, Kholil Muhammad Tahun 2018 kimia industri dan teknologi hijau.Pantona Media
Riswiyanto 2009 Kimia Organik Erlangga.

 
                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.