.

Selasa, 19 September 2017

Energi Fosil Batubara

ENERGI FOSIL

@D22-Maytasya
Disusun oleh Maytasya Fadhila


      
 Energi fosil merupakan energi yang berasal dari alam seperti fosil-fosil yang menghasilkan gas, batu bara dan minyak bumi, matahari, air, dan angin merupakan sumber energi yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia karena sifatnya yang dapat menggerakkan berbagai hal di dunia. Saat ini, hampir semua kebutuhan energi yang manusia gunakan diperoleh dari konversi sumber energi fosil, misalnya energi untuk pembangkit listrik, industri dan berbagai macam alat-alat transportasi. Pembentukan energi fosil ini mengalami proses yang sangat lama dengan mendapatkan pengaruh dari gesekan panas bumi dan tekanan udara lainnya. Bahan bakar fosil itu sendiri adalah bahan bakar yang terbentuk dari proses alam seperti dekomposisi anaerobik dari sisa-sisa organisme termasuk fitoplankton dan zooplankton yang mengendap ke bagian bawah laut (atau danau) dalam jumlah besar, selama jutaan tahun.


            Batu Bara
Batu bara telah dibentuk oleh pengendapan vegetatif tetap selama ribuan tahun. Bentuk fosil tanaman membusuk dan vegetasi lainnya telah membentuk batubara. Batubara adalah hard rock hitam substansi seperti padat yang perlu digali dibandingkan dengan minyak dan gas alam yang perlu dipompa keluar. Ada berbagai metode untuk menggali batubara dari bawah tanah. Salah satu metode yang paling populer adalah untuk membangun sebuah poros horisontal seperti sistem dan batubara penambang perjalanan melalui lift atau kereta untuk menggali di bawah tanah batubara. Di Amerika Serikat, batubara masih menghasilkan lebih dari 50% dari listrik. Setelah digali, batu bara kemudian dikirim ke pembangkit listrik tenaga oleh truk atau kereta. Pembangkit listrik batubara membutuhkan cadangan besar batu bara untuk menghasilkan listrik secara konstan. Batu bara juga merupakan bahan bakar yang bisa juga digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik tenaga uap yang juga bisa digunakan dalam teknik peleburan logam dan industri.
Komposisi bahan bakar fosil:
Bahan Bakar Fosil
Komposisi
Batu bara
·        -  Hidrokarbon suku tinggi
·        -  Sedikit Sulfur

Keunggulan Bahan Bakar Fosil 

-          dapat membuahkan listrik dalam jumlah besar di satu tempat 
-          relatif lebih mudah untuk diketemukan 
-          relatif irit biaya 
-          bahan bakar ini sangat stabil apabila dibanding dengan zat lain 

Kerugian bahan bakar tersebut kelemahan primer ialah polusi. Pembakaran bahan bakar fosil menghasilkan karbondioksida nan berkontribusi pada "efek rumah kaca" hingga terjadi pemanasan bumi ( global warming ).
Pembakaran batu bara menghasilkan lebih banyak karbondioksida dari pada pembakaran minyak atau gas. Hal ini juga menghasilkan sulfur dioksida, yaitu gas nan bisa menimbulkan hujan asam. Kejadian itu dapat dikurangi sebelum limbah gas dilepaskan ke atmosfer.
Pertambangan batu bara juga berisiko dan berbahaya. Pembangkit listrik tenaga batu bara membutuhkan sejumlah besar bahan bakar. Berarti kereta hampir monoton menggunakan banyak batu bara.
      Pembakaran batubara yang berlebihan dapat memberikan dampak polusi udara, salah satu jenis polusi udara yang berasal dari pembakaran batu bara adalah  Senyawa belerang.

Daftar Pustaka:
-          Muhammad, Said.2016.Energi Fosil. Dalam http://muhammadsaid28.blogspot.co.id/2016/08/energi-fosil.html
-          Hikmat.2014.Pengertian dan contoh bahan bakar fosil. Dalam http://kliksma.com/2014/10/pengertian-dan-contoh-bahan-bakar-fosil-batubara.html
-          Putri, Tania.2016.Kekurangan dan Kelebihan bahan bakar fosil. Dalam https://putritania.jimdo.com/2016/11/21/kekurangan-dan-kelebihan-bahan-bakar-fosil/
-          Marlon.2013.Penggunaan Bahan Bakar Fosil yang Menyebabkan Pencemaran Udara. Dalam http://marlonrc92.blogspot.co.id/2013/10/penggunaan-bahan-bakar-fosil-yang.html
-          Novela, Ayu.2014.Energi Fosil. Dalam https://novelaayu.wordpress.com/2014/04/19/energi-fosil/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.