.

Selasa, 19 September 2017

Energi Baru Terbarukan, Pengganti BBM

  
@D16-Fauzi, @ProyekB03
Dibuat Oleh: FAUZI FATHIYAKAN


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), energi berarti kemampuan untuk melakukan kerja atau daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Energi Terbarukan adalah energi yang pada umumnya merupakan sumber daya non fosil yang dapat diperbaharui dan apabila dikelola dengan baik maka sumber dayanya tidak akan habis. Energi baru terbarukan perlu dikembangkan demi ketahanan energi nasional. Saat ini jumlah konsumsi BBM mencapai 1,4 juta barrel padahal produksi minyak nasional mencapai 840 ribu barrel. Untuk mencukupi kebutuhan ini, pemerintah harus mengimpor minyak dari luar. Oleh karena itu alternative-alternatif lain perlu dikembangkan. Peningkatan produksi minyak dalam negeri memang sudah digenjot dengan menggunakan Teknik-teknik peningkatan produksi seperti enhanced oil recovey namun nilai konsumsi minyak juga terus meningkat apalagi sumur-sumur minyak juga mengalami decline/penurunan.

Bahan bakar minyak sejak lama telah menjadi pembahasan serius. selain mempunyai keterbatasan sumber daya, harga yang semakin melangit, besaran subsidi BBM yang bombastis, dan isu kerusakan lingkungan akibat gas buang yang dihasilkan membuat permasalahan BBM harus segera diselesaikan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti BBM dengan bahan bakar alternatif yang dapat mengganti bahan bakar yang berasal dari fosil.


1. Listrik

Saat ini pengembangan mobil listrik cukup gencar. Di Indonesia pun pengembangan mobil listrik beberapa waktu yang lalu sempat menjadi perbincangan hangat. Listrik dapat menjadi sumber energi alternatif untuk menggantikan BBM. Hanya saja, sebagian besar pembangkit listrik di Indonesia masih menggunakan BBM untuk menghasilkan listrik.
Pembangkit-pembangkit listrik harus segera dibenahi jika menginginkan listrik dapat menjadi sumber energi alternatif pengganti BBM. Listrik dapat dihasilkan menggunakan energi-energi berkelanjutan seperti cahaya matahari, gaya potensial air, nuklir, dan lain-lain.
Permasalahan lain yang harus dihadapi jika ingin mengganti BBM dengan listrik adalah persebaran listrik yang belum merata di Indonesia. Sebelum berpindah ke energi listrik, sebaiknya pemerataan listrik ke daerah-daerah terpencil harus sudah dilakukan.

2. Hidrogen

Sumber terbesar senyawa hidrogen di bumi ini adalah air. Sahabat Beranda tentu telah mengetahui jika sumber daya air di bumi sangat melimpah. Penelitian yang dilakukan oleh Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) menyatakan bahwa total volume air di bumi sekitar 1.332.000.000 km3.
Terdapat perbedaan dari para ahli tentang keberadaan air di bumi. Ada ahli yang menyatakan bahwa persediaan air tak akan habis (statis), namun ada pula ahli yang berpendapat jika jumlah air di bumi dapat berkurang. Adanya proses hidrolisis yang memecahkan molekul senyawa H2O menjadi unsur H+ dan Omembuat unsur H+ akan meninggalkan bumi dan O tetap berada dalam atmosfer. Namun volume air sebesar ini akan tetap dan tidak habis, setidaknya hingga jutaan tahun ke depan.
Selain berasal dari air, hidrogen dapat diproduksi dengan memecah molekul senyawa gas alam dan sumber daya alam lain. Hidrogen mempunyai potensi besar menjadi bahan bakar utama pengganti minyak bumi. Namun, masih banyak pengembangan yang harus dilakukan, termasuk memastikan apakah air akan benar-benar tidak akan habis sebab pentingnya air bagi kehidupan makhluk di bumi

3. Etanol atau Metanol

Etanol dan Metanol adalah bentuk dari alkohol yang dapat dihasilkan dari sumber daya alam yang mengandung karbon. Selain itu, bahan bakar ini juga dapat dihasilkan dari gas alam, Bahan kar ini relatif mudah didapatkan dan dapat diperbaharui.

4. Biodiesel

Biodiesel adalah sumber energi yang diproduksi dengan mengolah berbagai macam tanaman. Rilis hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Kementerian Ristek dan Dikti RI menyebutkan bahwa terdapat 60 jenis tanaman pangan, perkebunan, dan non-pangan yang berpotensi menjadi biodiesel.

5. Gas Alam

Gas alam pada penjelasan sebelumnya dapat diubah menjadi etanol, metanol, hidrogen, maupun menjadi pembangkit tenaga listrik. Perlu Sahabat Beranda ketahui jika saat ini persediaan gas alam khususnya di Indonesia masih cukup banyak. Data dari Kementerian ESDM RI menyebutkan jika persediaan gas alam Indonesia terbesar ke-14 di dunia mencapai 10 TSCF.
Dengan produksi 2,87 TSCF pertahun, reserve to production (R/P) gas alam di Indonesia mencapai 59 tahun.Gas alam diperoleh dari hasil sampingan pengeboran minyak bumi. Dengan emisi gas buang yang rendah, tentu gas alam lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar minyak.

Daftar Pustaka :

-Sebastiannus Riskadarto (2013), EBT (Energi Baru Terbarukan)
-Hendra Wardhana (2015), Bahan Bakar Nabati Energi untuk Masa Depan Indonesia
-Edwaren Liun (2016), Perbandingan Harga Energi dari Sumber Energi Baru Terbarukan dan Fosil
-Jenry sirait (2015), EnergiTerbarukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.