.

Kamis, 07 September 2017

Apakah Kimia Konstekstual itu?



Apakah Kimia Konstekstual itu?
@D25-Bendy
Oleh Bendy Emeraldi Alvaro


Menurut Bendy (2017) , Kimia konstekstual itu adalah suatu proses pembelajaran yang bertujuan membantu siswa dalam melihat makna dalam bahan pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari.

Untuk mencapai kompetensi standar siswa dapat menggunakan pendekatan konstekstual yaitu konsep belajar yang mambantu guru mangaitkan antara materi yang diajarkannya dan situasi dunia nyata siswa, serta mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Berikut adalah beberapa topik yang dapat dibahas mengenai kimia konstekstual:
-Energi dan minyak bumi
-Polimer dan plastic
-Kimia pangan
-Pencemaran Udara dan Hujan asam

Mari kita bahas beberapa topik mengenai kimia konstekstual diatas.
1)ENERGI DAN MINYAK BUMI
Minyak bumi berarti suatu cairan yang berwarna coklat gelap atau bahkan kehijauan yang berada di daerah kerak bumi. Minyak bumi sangat mudah terbakar.Minyak bumi terbentuk dari bahan hidrokarbon jenuh atau sering dikenal dengan alkane atau parafin.
MInyak bumi sangat berguna dalam pembentukan bahan bahan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti: Bensin, Solar, Lilin, Tar, Minyak tanah dan lain-lain.
Tetapi minyak bumi juga dapat menyebabkan dampak negative seperti: Pencemaran udara, Kebisingan, Hujan asam, Pencemaran air, Perubahan iklam dan masih banyak lagi.

2) HUJAN ASAM
Hujan asam adalah salah satu fenomena yang terjadi akibat gas-gas yang dikeluarkan manusia dengan menggunakan kendaraan yang menghasilkan gas, dan bangunan pabrik yang mengeluarkan gas yang dapat memicu terjadinya hujan asam. Tetapi hujan asam juga dapat terjadi karna bencana alam seperti gunung meletus. 
Beberapa dampak yang di timbulkan dari hujan asam : mempengaruhi kesehatan manusia, merusak atau mengganggu pertumbuhan tanaman, merusak bangunan-bangunan (karatan), dapat membunuh berbagai macam organisme air.
 
3) KIMIA PANGAN
Kimia pangan berarti ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi yang lain dan energi yang menyertai perubahan materi dalam bahan makanan.
Setiap bahan makanan mempunyai susunan kimia yang berbeda-beda. Komponen bahan pangan, senyawa kimia yang memiliki karakteristik tertentu. Komponen utama bahan pangan terdiri dari air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan beberapa zat lainnya.

Daftar Pustaka:
-Rizki, Novia Sestika.2011.Pembelajaran konstektual.Riau.Dalam https://noviakimiapasca.wordpress.com/about/
-Sukarta I Nyoman dan Sastrawidana ketut.2012.Penerapan pendekatan konstekstual menggunakan model kooperatif pada pembelajaran kimia dan pencemaran lingkungan. Vol 43 No.3 (2010)
-Ramadhan, Irsyad Shidiq.2014.Pengertian minyak bumi.Dalam https://prezi.com/cht7_vbcvdap/pengertian-minyak-bumi/
-Hidayat Atep Afia dan Kholil Muhammad.2017.Kimia, Industri dan teknologi hijau.Jakarta.
-Rahardjo Bambang.2014.Mengenal pengertian, penyebab, dan dampak hujan.Bandung.Dalam https://berkelakar.wordpress.com/2014/12/17/mengenal-pengertian-penyebab-dan-dampak-hujan-asam/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.