.

Sabtu, 11 Februari 2017

PENCEMARAN AIR


1.     PENCEMARAN AIR

Air merupakan salah satu objek yang menunjang kelangsungan hidup manusia. Manusia setidaknya dalam sehari harus meMinum minimal 2 liter air bersih. Jika air di lingkungan tercemar, sumber air untuk di konsumsi oleh manusia akan menurun, jika tetap di paksakan untuk dikonsumsi maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Kegiatan – kegiatan manusia saat ini banyak yang menimbulkan pencemaran air didunia. Tercatat diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ke toilet dan 1000 anak-anak di India meninggal akibat penyakit diare. Sekitar 90 % kota-kota di China menderita polusi air hingga tingkatan tertentu dan hampir 500 juta orang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman. Air biasanya tercemar akibat terganggu oleh kontaminan antropogenik. Selain kegiatan manusia yang menyebabkan pencemaran air, fenomena alam seperti gunung meletus, ledakan alga, dan gempa bumi bisa menyebabkan pencemaran air.

2.     IDENTIFIKASI PENCEMARAN AIR

Ada dua cara yag bisa dilakukan untuk mengidentifikasi air :
-          Mengambil sample air
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menguji air yang tercemar atau tidak. Tingkat keasaman air, warna/bau/rasa, jasad renik, dan bahan-bahan kimia. Jika air yang diuji tidak sesuai standar dari penyebab pencemaran tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa  air yang berada dilokasi dimana dilakukan pengambilan sampling telah tercemar.
-          Menganalisa kondisi satwa disekitar sungai atau danau
Jika kehidupan satwa di sekitar perairan terlihat baik, berkembangbiak, aktif, dan sebagainya, maka dapat disimpulkan bahwa air tersebut tidak tercemar. Jika tidak ada satwa yang tinggal disekitar perairan, maka dapat diduga bahwa air tersebut tercemar.

3.     PENYEBAB PENCEMARAN AIR

a.       Limbah manusia
Jumlah populasi manusia di dunia saat ini lebih dari 7 miliar dan tentu saja semua manusia pasti membuang limbah dari proses pencernaan makanannya. Berdasarkan organisasi kesehatan dunia (WHO) tahun 2013, 2,5 miliar (sekitar 40 % dari populasi dunia) tidak memiliki fasilitas sanitasi yang layak (toilet yang layak). Dari data tersebut, diduga bahwa limbah manusia sebagian besar langsung masuk ke perairan tanpa mengalami pengolahan terlebih dahulu sehingga bisa menyebabkan pencemaran air permukaan (danau, sungai) dan air tanah. Air yang tercemar oleh limbah manusia ini dapat menimbulkan penyakit seperti diare. Apalagi limbah manusia tersebut berasal dari manusia yang mengidap penyakit hepatitis, dan penyakit lainnyasehingga bisa menyebabkan berbagai macam virus mencemari perairan.
b.      Limbah nutrisi
Beberapa limbah dapat dijadikan sebagai pupuk kompos, dimana nutrisi seperti nitrogen dan fosfor akan dimanfaatkan oleh mikroorganisme dan makroorganisme disekitar perairan. Yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran air disini adalah jumlah limbah yang dijadikan kompos digunakan terlalu banyak. Jadi saat sisa-sisa pemupukan dari limbah ini mengalir kearah perairan dalam jumlah banyak akan menyebabkan perairan tidak bisa merehabilitasi diri  sehingga bisa mencemarkan air. Limbah ini akan menjadi sediaan unsur hara atau nutrisi yang berlebih bagi jenis alga dan plankton sehingga mendominasi permukaan air. Pencemaran air yang ditimbulkan oleh limbah nutrisi ini selain menyebabkan bertambahnya jumlah alga dan plankton dapat juga menurunkan kadar oksigen dalam air secara drastis, keracunan pada hewan, beragai penyakit pada manusia, penurunan ekonomi kawan pesisir dan bisa menyebabkan zona mati.
c.       Limbah kimia
·         Bahan kimia anorganik
Bahan-bahan kimia anorganik seperti asam, garam, timbal, merkuri, dan kadmium dalam kadar yang tinggi dapar menyebabkan air tidak enak untuk diminum. Selain itu air yang tercemar ini dapat menimbulkan berbagai macam satwa air mati dan menurunkan produksi tanaman pangan.
·         Bahan kimia organik
Bahan kimia organik seperti minyak, plastik, pestisida, larutan pembersih, dan lainnya dapat menyebabkan kematian pada satwa air dan manusia juga tidak bisa memanfaatkan fungsi air tersebut dengan maksimal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.