.

Sabtu, 21 Januari 2017

Kimia Kekinian

Pengertian Energi dan Minyak Bumi
Minyak bumi adalah bahan bakar fosil yang berbentuk cairan kental, berwarna coklat, atau kehijauan yang mudah terbakar. Minyak bumi merupakan sumber energi utama dalam kehidupan manusia. Sebagian besar penyusun minyak bumi adalah senyawa alkana. Minyak bumi terbentuk dan bahan renik yang tertimbun jutaan tahun yang lalu dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Sisa-sisa tumbuhan dan hewan tertimbun dalam kerak bumi, tekanan yang hebat dari timbunan itu dan suhu yang sangat ekstrem selama jutaan tahun membuat semuanya mencair dan terbentuklah minyak bumi.  Lamanya pembentukan minyak bumi inilah yang menjadikan minyak bumi dikatakan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
Minyak bumi merupakan campuran berbagai senyawa hidrokarbon. Penyusun utama minyak bumi adalah alkana dan sikloalkana,da mengandung senyawa aromatik, lalu sedikit senyawa nitrogen dan belerang.

Manfaat minyak bumi Berikut ini beberapa diantaranya :
1. Sebagai Bahan Bakar
Minyak bumi yang masih mentah memang tidak dapat digunakan secara langsung dan sangat berbahaya. Proses pengolahan minyak bumi melalui beberapa macam tingkatan, seperti proses penyulingan hingga didapatkan beberapa komponen minyak bumi yang lebih ringan. Hasil dari penyulingan ini adalah minyak bumi yang telah menjadi bahan bakar residu seperti bensin, solar, bensol, dan minyak tanah.
2. Sumber Gas Cair
Produk yang sering kita gunakan untuk kebutuhan dapur adalah seperti gas. Gas cair atau yang lebih sering kita kenal dengan nama LPG juga didapatkan dari hasil pengolahan minyak bumi, selain dari manfaat gas alam. Gas cair merupakan produk dengan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar untuk kendaraan. Gas cair didapatkan dari sumber minyak bumi yang telah diolah dengan proses penyulingan dan pemurnian khusus.
3. Industri Kimia
Senyawa yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi ternyata juga sangat berperan untuk memproduksi beberapa produk kimia. Beberapa produk dihasilkan dari hasil olahan minyak bumi adalah seperti cat minyak, cat dinding, cat mobil, cat kayu dan beberapa produk plastik. Hasil sisa dari pengolahan minyak bumi ini, ternyata tidak dibuang ke alam namun memiliki manfaat yang sangat besar untuk kehidupan manusia.
4. Sumber Produksi Polimer
Minyak mentah juga bisa menghasilkan polimer khusus yang sangat penting untuk membuat beberapa komponen industri. Salah satu industri yang memakai polimer dari minyak mentah adalah industri plastik. Sementara manusia membutuhkan plastik sebagai tempat untuk meletakkan berbagai benda, menjadi benda rumah tangga, mainan dan berbagai macam kebutuhan sehari-hari.
5. Pembangkit Listrik
Pengolahan atau pembangkit listrik juga membutuhkan minyak bumi sebagai sumber panas. Manfaat minyak bumi yang diolah secara khusus dan pembangkit listrik akan menghasilkan tenaga dari uap. Uap panas akan menggerakkan bagian turbin pada pembangkit dan akan diterima oleh penggerak kumparan magnet untuk menghasilkan listrik

Produk hasil pengolahan minyak mentah yang dihasilkan dari kilang minyak :
1. LPG ( Liquefied Petroleum Gas)
Secara umum, LPG merupakan salah satu produk hasil penyulingan minyak mentah berupa gas cair. Unsur utamanya berupa hidrokarbon ringan, seperti propana (C3H8), butana (C4H10), serta terdapat juga sejumlah kecil etana (C2H6) dan pentana (C5H12). Dari segi penggunaannya, LPG umumnya dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri dan rumah tangga. Bahkan, saat ini sudah ada kendaraan bermotor yang telah menggunakan gas terutama LPG sebagai bahan bakarnya.
2. Avtur (Aviation Turbine)
Bahan bakar Avtur atau disebut juga dengan Jet-A1 merupakan bahan bakar untuk pesawat terbang yang menggunakan mesin turbin. Bahan bakar ini dibuat dari kerosene (minyak tanah). Karena terbuat dari kerosene, makas sifat avtur dan minyak tanah sangat mirip, seperti memiliki rentang rantai karbon serta senyawa hidrokarbon yang sama (parafinik dan naftenik).
3. Avgas
Avgas adalah bahan bakar minyak yang dibuat khusus untuk pesawat terbang dengan mesin yang memiliki ruang pembakaran internal dan bermesin piston (piston engine). Selain digunakan sebagai bahan bakar pesawat, avgas juga digunakan sebagai bahan bakar untuk mobil balap dan pesawat tempur. Avgas diperoleh dari hasil pengembangan gasoline (bensin), pengembangannya meliputi titik nyala, titik beku dan volality.
4. Bensin
Produk hasil olahan minyak bumi yang sangat familiar di telinga masyarakat. Komponen utama yang terdapat pada bensin ialah oktana dan n-heptana. Bensin digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.
5. Solar (Diesel)
Solar atau diesel umumnya digunakan sebagai bahan bakar untuk pembakaran pada mesin-mesin diesel, entah itu mesin kendaraan maupun mesin-mesin industri. Solar diperoleh dari proses distilasi minyak mentah pada suhu 200-300°C. Sifat umum pada solar yaitu tidak berwarna atau sedikit kekuning-kuningan, tidak mudah menguap pada temperatur normal, memiliki kandungan sulfur yang lebih tinggi bila dibanding dengan bensin dan kerosin. Selain itu, solar juga memiliki titik nyala yang jauh lebih tingg, yakni antara antara 40-100°C.
6. Aspal
Aspal adalah hidrokarbon yang bersifat kental dan melekat berwarna cokelat hitam, tahan terhadap air serta mengandung sulfur, oksigen dan klor yang sangat tinggi.
Energi fosil minyak bumi yang ketersediaannya terus berkurang karena tingkat konsumsi masyarakat dunia yang tinggi membuat banyak negara mencari solusi melalui pemberdayaan energi alternatif. Energi alternatif diyakini dapat menggantikan peran dan ketergantungan masyarakat terhadap minyak bumi.  Beberapa alternatif pengganti Minyak bumi :
1. Ethanol
Etanol adalah salah satu bahan yang dapat berguna sebagai sumber energi alternatif minyak bumi yang ketersediaannya dapat terus diperbaharui. Bahan bakar etanol merupakan produk yang dihasilkan dari fermentasi karbohidrat secara anaerob. Padi, jagung, tebu, dan beberapa komoditas yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi adalah bahan baku produksi etanol sehingga ketersediaan bahan bakar satu ini pasti dapat terus diperbaharui. Namun, terlepas dari hal tersebut, penggunaan ethanol diyakini akan berpengaruh terhadap peningkatan harga dan ketersediaan pangan dunia.
2.Gas Alam
Ketersediaan gas alam yang jauh lebih tinggi dibandingkan cadangan minyak bumi dunia menyebabkan energi fosil ini menjadi salah satu alternatif utama pengganti minyak bumi dalam waktu dekat. Emisi yang dikeluarkan dalam pembakaran gas alam juga relatif lebih ramah lingkungan.
3. Listrik
Energi alternatif pengganti minyak bumi selanjutnya adalah listrik. Meski listrik masih umum diproduksi melalui pembangkit tenaga uap dan batu bara, namun penggunaannya secara luas diyakini dapat menekan kerusakan lingkungan. Penggunaan listrik yang relatif mudah, dapat disimpan, dan dapat diisi ulang juga menjadi kelebihan tersendiri.
4. Biodiesel
Biodiesel adalah energi alternatif pengganti minyak bumi yang berasal dari minyak tumbuhan atau lemak binatang. Beberapa tanaman yang memiliki kandungan minyak tinggi seperti kelapa sawit, jarak pagar, dan kelapa merupakan harapan terakhir di saat minyak bumi kelak sudah tak ada lagi. Mesin-mesin kendaraan diesel yang menggunakan bahan bakar solar dapat menggunakan bahan bakar ini. Selain ramah lingkungan karena jumlah karbon yang terlepas dari pembakarannya, penggunaan biodiesel juga tak mengenal kata habis.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.