.

Sabtu, 21 Januari 2017

KIMIA ORGANIK










Kimia organic adalah percabangan ilmu kimia mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organic. Senyawa organic terutama dibangun oleh karbon dan hydrogen serta unsur-unsur lain seperti : nitrogen, oksigen, fosfor, halogen, dan belerang. Senyawa organik bukan saja berasal dari makhluk hidup, tetapi ada juga yang buka berasal dari makhluk hidup. Bahkan sebenarnya, kehidupan juga bergantung pada senyawa anorganik, contoh :  enzim yang mendasarkan kerjanya pada logam transisi seperti besi dan tembaga, juga gigi dan tulangyang komposisinya merupakan campuran dari senyama organik maupun anorganik. Contoh lainnya adalah larutan HCl, larutan ini berperan besar dalam proses pencernaan makanan yang hampir seluruh organisme (terutama organisme tingkat tinggi) memakai larutan HCl untuk mencerna makanannya, yang juga digolongkan dalam senyawa anorganik. Mengenai unsur karbon, kimia anorganik biasanya berkaitan dengan senyawa karbon yang sederhana yang tidak mengandung ikatan antar karbonmisalnya oksida, garam, asam, karbid, dan mineral. Namun hal ini tidak berarti bahwa tidak ada senyawa karbon tunggal dalam senyawa organik misalnya metan dan turunannya.

Keluarga asam  karboksilat mengandung gugus fungsi karboksil (-COOH). Asam asetat

Jenis-jenis senyawa organic :
·         Alkana 
·         Alkena 
·         Alkil Halida (Halogenalkana) 
·         Alkohol 
·         Aldehid dan Keton 
·         Asam Karbosilat 
·         Asil Klorida 
·         Anhidrida Asam 
·         Amida 
·         Amin 
·         Asam Amino dan Protein 
·         Arena (Benzena dan Metil Benzena) 
·         Aril Halida 
·         Ester 
·         Fenol 
·         Fenilamin (Anilin) 
·         Nitril 
·         Senyawa Diazonium 

Rumus Empiris
Ruus empiris suatu senyawa kimia adalah rasio jumlah sederhana seluruh atom dari setiap unsur yang ada dalam senyawa. Rumus empiris yang digunakan sebagai standar untuk senyawa yang paling ionik, seperti CaCl2, dan untuk macromolekul seperti SiO2
Rumus Molekul
Rumus molekul mengidentifikasikan jumlah setiap jenis atom dalam molekul, da rumus struktur juga menunjukan struktur CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH3, yang mmenunjukan bahwa heksana memiliki 6 karbon atom dan 14 hidrogen atom dalam rantai  lurus.
Rumus Molekul
Mengidentifikasi setiap konstituen unsur oleh symbol kimia dan menunjukan jumlah atom dari setiap diskrit molekul senyawa tersebut. Jka molekulmengandung lebih dari 1 atom dari unsur tertentun kuantitas ini diindikasikan menggunakan subscript setelah symbol kimiadan juga dapat di kombinasikan dengan unsur kimia lainnya.
Kimia Organik vs Anorganik
1.      Kimia organik berkaitan dengan karbon dan turunannya sementara transaksi kimia anorganik dengan seluruh elemen kecuali karbon.
2.      Kimia organik menangani Fotokimia, stereokimia, hidrogenasi, dll sambil kimia anorganik menangani elektrokimia, kristalografi, struktur atom, dan banyak lagi.
3.      Kedua subdisiplin sering tumpang tindih.
4.      Keduanya membutuhkan gelar sarjana dalam kimia jurusan baik dalam kimia organik atau anorganik.

Referensi :
http://Id.m.wikipedia.org/wiki/Kimia_organik
Hallowwin.wordpress.com
Kamuslife.com

http://www.ilmukimia.org/2012/12/rumus-empiris-molekul-dan-struktur-senyawa-organik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.