.

Senin, 23 Oktober 2023

KOMPOSISI ATOM DAN MOLEKUL GAS DALAM KIMIA

KOMPOSISI ATOM DAN MOLEKUL GAS

Oleh : ADHITIYA PUTRA WARDHANA
(@Z01-ADHITIYA)

 Abstrak

   Atom dan molekul merupakan salah satu pokok bahasan dalam pembelajaran kimia yang membahas tentang partikel-partikel terkecil dari suatu benda yang tidak dapat dilihat dengan mata. Konsep tentang atom pertama sekali dicetuskan oleh Demokritus, menurut Demokritus semua dapat dipecahkan menjadi partikel terkecil, dimana partikel-partikel tidak bisa lagi dibagi lebih lanjut disebut atom. Atom berasal dari kata atomos yang berarti tidak dapat dipotong atau tidak dapat dibagi 1. Sedangkan Molekul adalah sekumpulan yang terikat dan merupakan kesatuan serta mempunyai sifat-sifat fisika dan kimia yang khas. Berdasarkan kutipan di atas maka molekul itu ada karena adanya atom-atom, yaitu apabila atom terasosiasi dengan sesama jenisnya atau dengan atom lain (tak sejenis) maka terjadinya molekul. Gabungan atom – atom sejenis dapat membentuk molekul unsur, sedangkan gabungan unsur-unsur yang tidak sejenis dapat membentuk molekul senyawa

Pendahuluan

   Setelah beberapa abad lamanya teori tentang atom mendapat perhatian yang serius, sehingga ditemukan bahwa partikel dasar atom adalah: proton, elektron dan neutrron. Partikel-partikel inilah yang menyebabkan terjadinya atom. Dalam ilmu kimia disebutkan “setiap atom memiliki titik pusat atau inti atau nucleus yang terdiri dari beberapa neutron dan proton”. Partikel-partikel dasar itu ada yang bermuatan positif dan ada yang bermuatan negatif dan ada pula yang tidak bermuatan, sedangkan massanya berbeda. Proton bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif, sedangkan neutron tidak bermuatan atau netral. gas adalah suatu bentuk serta wujud dari zat benda yang memiliki volume dan bentuk dengan kondisi berubah-ubah sesuai dengan ruang yang ditempatinya. Meski begitu keberadaan dari benda gas sangat sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Selain tak bisa dilihat oleh sepasang mata manusia, keberadaan dari benda gas juga tak bisa dipegang seperti benda padat. Zat benda gas bisa kalian temukan di mana saja karena benda gas merupakan udara dengan bentuk oksigen yang bisa berada di segala penjuru bumi

Rumusan Masalah

 1. Jelaskan Kompisisi yang terdapat dalam atom?

2. Jelaskan mengenai molekul gas?

3. Jelaskan sifat - sifat gas!


Tujuan

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami mengenai komposisi atom dan molekul gas.

 

Pembahasan

1, Komposisi Atom

   Menurut Galib (2009: 62) stuktur atom terdiri dari  ruang kosong atom, proton dan neutron, quark, dan elektron.

1.      Ruang kosong atom

Bagian terbesar dari atom adalah ruang. Atom terdiri dari inti yang dikelilingi elektron-elektron. Tak ada apa-apa lagi antara inti dan elektron. Jarak mikroskopis dimana tidak terddapat apapun sebenarnya sangat besar dalam skala atom.

2.      Proton dan neutron

Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Ukuran proton yang dapat masuk ke dalam inti adalah 10-15 m. jumlah proton di dalam inti atom yang pada prinsipnya membedakan unsur satu dengan unsur lainnya.

3.      Quark

Sampai dengan 20 tahun yang lalu dipercaya bahwa partikel terkecil yang membentuk atom adalah proton dan neutron, namun baru- baru ini, di temukan bahwa ada partikel yang jauh lebih kecil di dalam atom yang membentuk partikel-parikel yang di sebut quark. Berdasarkan penelitian fisika partakel mengungkapkan bahwa proton dan neutron yang membentuk atom sebenarnya terbentuk oleh sub partikel yang disebut quark. Dimensi quark yang membentuk proton adalah 10-18 m. quark di dalam proton tidak dapat di pisahkan satu sama lain, karena adanya gaya nuklir yang kuat yang menjaga partikel-partikel tetap berada di dalam inti.

4.      Elektron

Partikel yang berotasi dan berputar mengelilingi inti atom adalah elektron. Elektron-elektron yang mengelilingi innti memiliki kecepatan sebesar 1000km/detik dan tidak pernah bertubrukan satu sama lain. Elektron-elektron ini berputar pada orbitnya masing-masing.


2. Molekul Gas  

   Molekul gas terdiri dari sejumlah atom yang terikat satu sama lain. Ikatan antar atom ini mirip dengan pegas yang menghubungkan atom-atom dengan massa berbeda-beda. Ikatan ini bergetar dengan frekuensi tetap yang disebut frekuensi natural. Ketika radiasi infra merah (IR) berinteraksi dengan molekul gas, sebagian energi diserap sementara sisa radiasi ditransmisikan. Saat molekul gas menyerap radiasi ini, molekul tersebut memperoleh energi dan bergetar lebih kuat Getaran ini mengakibatkan kenaikan suhu molekul gas. Suhu meningkat sebanding dengan konsentrasi gas dan peningkatan suhu ini ditunjukkan oleh detektor dalam bentuk konsentrasi gas. Sebaliknya, radiasi yang diserap oleh molekul gas pada panjang gelombang tertentu menyebabkan penurunan panjang gelombang aslinya. Penurunan energi radiasi ini juga dapat dideteksi sebagai sinyal.

 


3.     Sifat – sifat gas

 

-        Selalu Mengisi Seluruh Ruangan yang Ditempatinya

   Udara merupakan campuran dari berbagai zat yang tak terlihat oleh mata. Selain itu udara juga tak memiliki warna dan tak berbau atau beraroma. Akan tetapi udara tetap bisa menempati suatu ruang yang kemudian akan mengikuti bentuk ruang atau wadah tersebut.


   -        Berada di Setiap Tempat

   Benda gas juga mampu berada di setiap tempat, sehingga akan lebih mudah kita temukan dimanapun tempatnya. Naik itu di dalam rumah, jalan ataupun lingkungan manapun selalu ada benda gas. Bahkan dalam ruangan atau tempat kosong sekalipun pasti memiliki benga gas seperti udara atau oksigen

-        Mampu Menekan Ke Segala Arah

Selain bisa mengisi setiap ruang yang ditempatinya, benda gas juga memiliki sifat yang bisa menekan ke segala arah pada suatu ruang yang ia tempati. Hal ini dapat menjadikan benda gas tak hanya mengisi maupun menekan pada satu arah saja namun justru ke segala arah.

Kesimpulan

   Berdasarkan uraian artikel diatas dapat disimpulkan bahwa komposisi atom terdiri dari ruang kosong atom,proton,neutron,quark dan elektron. Serta molekul gas merupakan sejumlah atom yang terikat satu sama lain. Ikatan antar atom ini mirip dengan pegas yang menghubungkan atom-atom dengan massa berbeda-beda.

Daftar Pustaka

N, K. 2022. Contoh Benda Gas: Pengertian, Sifat, dan Proses Perubahannya. Retrieved from https://www.gramedia.com/literasi/contoh-benda-gas/(Diakses pada 23 oktober 2023)

Prasad, S. C. 2016. Sensor Gas untuk Tambang Bawah Tanah dan Area Berbahaya. https://www-sciencedirect-com.translate.goog/science/article/abs/pii/B9780128031940000039?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc (Diakses pada 23 oktober 2023)

Sabarni. 2014. ATOM dan MOLEKUL BERDASARKAN ILMU KIMIA DAN PERSPEKTIF . Lantanida Journalhttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1375/pdf (Diakses pada 21 oktober 2023)

Yanti, R. N. 2017. STRUKTUR ATOMIK: KOMPOSISI ATOM, PENEMUAN ELEKTRON OLEH J.J THOMSON DAN PENGUKURAN MUATAN ELEKTRON OLEH MILIKAN. https://yantineunzehn.blogspot.com/2017/05/struktur-atomik-komposisi-atom-penemuan.html (Diakses pada 22 oktober 2023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.