.

Senin, 09 Oktober 2023

 

IKATAN KOVALEN





ABSTRAK

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk dari pemakaian bersama pasangan elektron antara dua atom. Pada ikatan kovalen, atom-atom yang terlibat adalah atom-atom non logam. ikatan kovalen terbentuk antara dua atom yang mempunyai elektronegativitas sama atau dua atom yang memiliki selisih elektronegativitas kecil. Terjadinya ikatan kovalen adalah karena penggunaan bersama pasangan elektron oleh dua atom yang berikatan untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil.Ikatan kovalen terjadi antara atom nonlogam atau atom semi logam dan nonlogam.

PENDAHULUAN

Ikatan kovalen termasuk di dalamnya berbagai jenis ikatan, yaitu ikatan sigma, ikatan pi, ikatan logam-logam, interaksi agostik, dan ikatan tiga pusat dua elektron. Istilah bahasa Inggris untuk ikatan kovalen, covalent bond, pertama kali muncul pada tahun 1939. Awalan co- berarti bersama-sama, berasosiasi dalam sebuah aksi, berkolega, dll. sehingga "co-valent bond" artinya adalah atom-atom yang saling berbagi "valensi", seperti yang dibahas oleh teori ikatan valensi. Pada molekul H2, atom hidrogen berbagi dua elektron via ikatan kovalen. Kovalensi yang sangat kuat terjadi di antara atom-atom yang memiliki elektronegativitas yang mirip. Oleh karena itu, ikatan kovalen tidak seperlunya adalah ikatan antara dua atom yang berunsur sama, melainkan hanya pada elektronegativitas mereka. Oleh karena ikatan kovalen adalah saling berbagi elektron, maka elektron-elektron tersebut perlu ter-delokalisasi. Lebih jauh lagi, berbeda dengan interaksi elektrostatik ("ikatan ion"), kekuatan ikatan kovalen bergantung pada relasi sudut antara atom-atom pada molekul poliatomik.Ikatan kovalen dibagi menjadi dua, yaitu ikatan kovalen polar dan ikatan kovalen nonpolar. Ikatan kovalen polar terjadi jika salah satu atom yang berikatan mempunyai elektronegativitas yang jauh lebih besar daripada yang lain. Ikatan kovalen nonpolar terjadi jika kedua atom berikatan mempunyai afinitas elektron yang sama.

RUMUSAN MASALAH

1. Apa yang terjadi ketika dua atom nonlogam berikatan secara kovalen?

2. Berapa jumlah elektron yang dibagikan dalam ikatan kovalen tunggal?

3. Apa yang terjadi ketika dua atom nonlogam dengan elektronegativitas yang berbeda membentuk ikatan kovalen?

TUJUAN

1.berbagi elektron

2.elektron

3.Elektron akan di tarik lebih kuat oleh atom yang lebih elektronegatif

PEMBAHASAN

A.BERBAGI ELEKTRON

Ikatan kovalen dengan berbagi satu pasangan elektron disebut sebagai ikatan kovalen tunggal (ikatan tunggal). Ikatan kovalen dengan berbagi dua pasangan elektron disebut ikatan rangkap dua, contohnya CO2. Ikatan kovalen dengan berbagi tiga pasangan elektron disebut ikatan rangkap tiga, contohnya N2.

Kepolaran Ikatan, Elektronegativitas, dan Momen Dipol

Ikatan kimia di mana elektron-elektron digunakan bersama secara setara dan merata, seperti pada Cl2 dan N2, disebut sebagai ikatan kovalen nonpolar. Ikatan di mana salah satu atom memiliki daya tarik elektron (elektronegativitas) yang lebih tinggi terhadap elektron-elektron ikatan dibanding atom lainnya, sehingga terjadi pembentukan dipol (pemisahan muatan negatif dan muatan positif), seperti pada HF, disebut sebagai ikatan kovalen polar.

B.ELEKTRON

Elektron adalah partikel subatom bermuatan negatif dan sering ditulis sebagai e-. Elektron tidak memiliki komponen atau sub struktur dasar yang diketahui, sehingga dikatakan sebagai partikel elementer. Sebuah elektron memiliki massa 1/1836 proton. Momentum sudut intrinsik (spin) elektron adalah setengah dari nilai bilangan bulat dalam satuan, yang berarti itu adalah fermion.

SIFAT-SIFAT ELEKTRON

Atom terdiri dari tiga partikel penyusun dengan muatan listrik yang sangat berbeda. Partikel bermuatan negatif yang membentuk atom adalah elektron. Berikut ini adalah sifat-sifat elektron, yaitu: Sebagai partikel elementer Menurut Encyclopedia Britannica, elektron tidak memiliki struktur yang terlihat dan tidak dapat direduksi atau dipecah menjadi komponen yang lebih kecil. Dengan demikian, elektron adalah partikel elementer, juga dikenal sebagai partikel dasar.

C.KEELEKTRON NEGATIFAN

Keelektronegatifan adalah ukuran kemampuan atom untuk menarik elektron bersama dari ikatan kovalen ke dirinya sendiri. Jika atom-atom yang terikat mempunyai keelektronegatifan yang sama, elektron-elektron yang dipakai bersama akan terbagi rata. Jika elektron suatu ikatan lebih tertarik ke salah satu atom (karena lebih elektronegatif), elektron-elektron tersebut akan terbagi secara tidak merata. Jika perbedaan keelektronegatifan cukup besar, elektron tidak akan terbagi sama sekali; atom yang lebih elektronegatif akan "mengambil" mereka sehingga menghasilkan dua ion dan ikatan ionik.

KESIMPULAN

kesimpulan yang bisa saya ambil tentang pembahasan IKATAN KOVALEN,luasnya pengertian tentang ikatan kovalen dari adanya pertikel-partikel atom sampe dengan ke elektron negatifan.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://kumparan.com/ragam-info/5-contoh-soal-ikatan-kovalen-pilihan-ganda-dan-jawaban-untuk-sma-21KvoOCZ32Ihttps://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6438526/ikatan-kovalen-pengertian-jenis-jenis--sifat-dan-contohnyahttps://www.zenius.net/blog/mengenal-jenis-ikatan-kovalenhttps://www.kompas.com/skola/read/2023/05/12/190000269/jenis-jenis-ikatan-kovalen?page=allhttps://id.wikipedia.org/wiki/Ikatan_kovalen

 

 

 

 

1 komentar:

  1. Zahra Nabila (@Z04)
    Materi yang diberikan cukup jelas dan mudah dipahami.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.