.

Senin, 11 September 2023

Sejarah Kimia dan Perkembangannya

 


Rafli Imam Madluthfi

(@Z12-RAFLI)


Ilmu Kimia adalah ilmu yang hakikatnya mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan pada materi. Kemajuan teknologi adalah bukti nyata akan perkembangan ilmu kimia yang begitu pesat pada abad ke-18. Kimia pada dasarnya berasal dari Bahasa arab yakni al-kimia dan al-Chemy dalam Bahasa inggris kuno. Sebelum ilmu kimia ada, peradaban Mesir kuno sudah mempraktikan reaksi kimia yang dikenal dengan al-kimia.





Penemu bidang kimia pertama kali berasal dari bangsa muslim yakni Jabir bin Hayyan (Geber) sebagaimana dikenal di Dunia Barat. Ia merupakan anak dari seorang apoteker, Ia lahir pada 722 Sm sampai 815 Sm. Ia menjalani sebagian masa hidupnya di Kufa, Irak dan membuat kimia menjadi sistematis secara saintifik. Ia mengembangkan dan menyempurnakan banyak proses kimiawi seperti distilasi, likuefaksi, kristalisasi, sublimasi, amalgamasi, dan filtrasi. Sebagian besar proses tersebut masih digunakan saat ini. Yang paling terkenal adalah proses distilasi.




 

Sekitar tahun 3500 SM, peradaban Mesir kuno mempraktikan reaksi kimia. Pada masa itu telah diketahui cara membuat anggur, pengawetan mayat, dan pengolahan beberapa logam seperti tembaga dan timah. Sekitar abad ke-4 SM, para filsuf Yunani, termasuk Democritus dan Aristoteles, mencoba memahami hakikat materi. Menurut Democritrus, setiap materi terdiri dari partikel kecil yang disebutnya ATOM. Akan tetapi, Aristoteles menolak pendapat Democritus dengan mengatakan bahwa materi terbentuk dari 4 jenis unsur, yaitu tanah, air, udara. dan api.

 

Kimia modern dapat dikatakan lahir pada abad 18, ketika ahli kimia dari Perancis, Antoine Laurent Lavoisier (1743-1794), melakukan serangkaian percobaan yang akhimya menemukan hukum kekekalan massa. Pada tahun 1803, John Dalton (1766-1844), seorang guru sekolah dari Inggris, mengajukan teori atom yang pertama. Sejak Dalton, ilmu kimia berkembang dengan sangat pesat. Pada tahun 1800 baru sekitar 30 unsur yang sudah dikenal. Jumlah ini menirigkat menjadi lebih dari 80 pada tahun 1900, dan kini sudah mencapai 114 unsur. Sebanyak 90 dari unsur tersebut terdapat di alam, selebihnya merupakan unsur buatan.

 

Mengetahui beberapa istilah kimia

 

·       Atom merupakan satuan terkecil yang dapat diuraikan dari suatu unsur yang masih yang mempertahankan sifatnya, terbentuk dari inti yang bermuatan positif (Proton dan neutron), dan yang bermuatan negative ( Elektron).

·       Unsur Sekelompok atom yang memiliki jumlah proton yang sama pada intinya, disebut sebagai nomor atom unsur.

·       Senyawa Suatu zat yang dibentuk oleh dua atau lebih dengan perbandingan tetap yang menentukan susunannya. Contoh air, merupakan senyawa gabungan antara hydrogen dan oksigen ( O)

·       Ion Atom molekul yang kehilangan atom mendapatkan satu atau lebih electron. Kation bermuatan positif (kation natrium) dan anion bermuatan negative (anion klorida) membentuk garam netral : natrium klorida (NaCl).

 

 

Ilmu Kimia memiliki beberapa cabang yakni :

·      Ilmu Kimia Fisika

Cabang ilmu Kimia Fisika menjadi bagian dari ilmu kimia yang mempelajari tentang sebuah zat dalam skala mikroskopik, atomik, dan sub atomik pada sistem kimia dengan memakai hukum dan konsep fisika. Biasanya, hal-hal yang dipelajari di dalamnya mengenai prinsip dan konsep fisika seperti pergerakan, gaya, energi, waktu, statistika dan lainnya.

Kimia Analitik

Sebagian besar perkembangan dalam bidang kimia analitik terjadi pasca 1900. Selama periode ini, analisis instrumental menjadi semakin dominan. Khususnya, semakin banyaknya teknik-teknik dasar spektroskopi dan spektrometri yang ditemukan di awal abad 20 dan disempurnakan di akhir abad ke-20. Pengertian Kimia Bidang Analitik adalah cabang dari ilmu kimia yang mempelajari tentang cara memisahkan dan mengindentifikasi suatu zat penyusun dalam suatu bahan tertentu serta menentukan kadarnya secara spesifik. Oleh karena itu, kimia analitik dibedakan menjadi dua bagian pokok analisis, yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Secara umum, Kimia Analitik meliputi proses dalam identifikasi zat tertentu, melakukan pengelompokan zat, dan pembentukan zat baru. Setelahnya akan dilakukan analisis agar jelas dan terang mengenai zat yang sedang diteliti.

  Kimia Organik

Kimia organik di dalam cabang ilmu kimia adalah ilmu kimia yang mempelajari mengenai struktur, sifat, reaksi, komposisi, dan persiapan senyawa organik di dalamnya. Kimia organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari senyawa organik berbasis karbon yang dikombinasikan dengan hidrogen dan elemen lainnya. Awalnya, kimia organik hanya sekadar merupakan studi yang bertujuan mengeksplorasi dan membuat senyawa dari organisme hidup saja. Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kimia organis merambah pembahasan mengenai zat sintetis atau buatan manusia, salah satunya seperti plastik.

 

·       Kimia Nuklir

Meskipun persepsi umum bahwa kimia nuklir hanya mempelajari inti radioaktif, bidang ini jauh lebih menarik dari itu. Kimia nuklir mempelajari sifat kimiawi dan fisik dari elemen yang dipengaruhi oleh perubahan pada struktur inti atom. Kimia nuklir modern, atau radiokimia, saat ini sangat bersifat interdisipliner dalam penerapannya, mulai dari mempelajari pembentukan elemen di alam semesta hingga desain obat radioaktif untuk pengobatan diagnostik.

 

       Pertanyaan:

       1.Apa itu Proses Destilasi?

2.                 2. Apa yang dihasilkan dalam proses destilasi pada era modern sekarang?

 

Jawaban:


1.Destilasi adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan.

2.                2. Bahan bakar fosil seperti bensin,minyak tanah, solar, dll.

 

 

 

Daftar Pustaka

 

https://www.viva.co.id/vstory/sejarah-vstory/1186524-sejarah-kronologis-perkembangan-ilmu-kimia

 https://www.pelajaran.co.id/hubungan-ilmu-kimia-dengan-ilmu-pengetahuan-lainnya/

 https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_kimia

 https://youtu.be/nXKrmOHU68k

 https://deepublishstore.com/blog/materi/peranan-cabang-ilmu-kimia/#:~:text=Ilmu%20kimia%20merupakan%20salah%20satu,dan%20sifat%20dari%20sebuah%20benda

 https://youtu.be/GtY1ZI2bGzQ       

https://www.ruangguru.com/blog/antoine-lavoisier

 

5 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.