.

Senin, 25 September 2023

KONFIGURASI ELEKTRON UNSUR, PRINSIP HUND

 

Disusun Oleh :

Zahra Nabila R (@Z04-ZAHRA)

 

ABSTRAK

Konfigurasi Elektron merupakan materi yang pasti ditemui pada mata pelajaran kimia. Jadi materi ini harus dipelajari dengan baik agar bisa paham dan juga mengerti, karena materi tersebut merupakan salah satu materi dasar dalam kimia. 

Jadi apabila materi dasar sudah dikuasai, maka untuk lanjut ke materi selanjutnya bisa lebih mudah. Terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui untuk bisa memahami materi ini, yaitu langkah pertama harus tahu dan paham mengenai pengertiannya. Setelah itu, baru bisa lanjut ke materi selanjutnya yang lebih dalam seperti jenis-jenisnya dan lain sebagainya.

Kata Kunci : konfigurasi electron, aturan Hund


PENDAHULUAN

Konfigurasi elektron merupakan susunan elektron-elektron pada sebuah atom, ion, atau molekul yang berdasarkan hukum mekanika kuantum. Berdasarkan teori atom Bohr, gerakan elektron mengelilingi inti mengikuti lintasan-lintasan tertentu. Lintasan-lintasan elektron itu dapat dipandang sebagai kulit-kulit atom. Jumlah kulit-kulit atom menentukan konfigurasi elektron.

Harus diingat bahwa masing-masing orbital memiliki batas elektron yang dapat mengisinya. Berikut penjelasannya.

  • Orbital s mampu diisi 2 elektron
  • Orbital p mampu diisi 6 elektron
  • Orbital d mampu diisi 10 elektron
  • Orbital f mampu diisi 14 elektron

 

Sumber gambar :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgOykMaY2kc8OdlhB_oaz2fex6k6F9MezWqKUjG4DWRqitjzRn52eEOCs9MAThE2j6YsyTkL28-6S-QWBp29N4OW6JwpHPjodFu0ljm3BEECyvdPQGq4oiZkleYvN2Bg2nUIWJtwnrtmUK_/s1600/aturan-hund.jpg



RUMUSAN MASALAH

Bagaimana Konfigurasi Elektron dengan Prinsip/Aturan Hund ?

 

PEMBAHASAN


Sumber gambar :

https://en.wikipedia.org/wiki/Friedrich_Hund

 

Aturan hund ini dikemukakan oleh seorang ilmuwan asal jerman, yaitu Friedrich Hermann Hund , (lahir 4 Februari 1896, Karlsruhe , Jerman—meninggal 31 Maret 1997, Karlsruhe), fisikawan Jerman yang terkenal karena karyanya tentang struktur elektronik atom dan molekul. Dia membantu memperkenalkan metode penggunaan orbital molekul untuk menentukan struktur elektronik molekul dan pembentukan ikatan kimia.

Aturan Hund

Aturan Hund adalah metode empiris yang digunakan untuk mengisi orbital yang memiliki energi yang sama. Aturan ini diciptakan oleh fisikawan Jerman Friedrich Hund, dan juga dikenal dengan nama aturan multiplisitas maksimum Hund .

Aturan ini didasarkan pada pengisian orbital atom yang memiliki energi yang sama, sehingga kita dapat mengatakan bahwa ada tiga orbital tipe-p, lima orbital atom tipe-d, dan tujuh orbital tipe-f. Elektron ditempatkan di dalamnya dengan putaran paralel sejauh mungkin. Partikel yang dianalisis akan lebih stabil (yaitu memiliki energi yang lebih rendah), ketika elektron berada dalam cara unparalleled, dengan spin yang ditempatkan secara paralel, sebaliknya akan memiliki energi yang lebih tinggi ketika elektron dipasangkan, yaitu, elektron yang ditempatkan pada antiparalel atau dengan jenis spin yang berlawanan.

Untuk memahami aturan Hund dengan baik, perlu diketahui bahwa semua orbital pada kulit harus ditempati oleh setidaknya satu elektron, sebelum elektron kedua ditambahkan. Artinya, orbital harus lengkap dan semua elektron harus sejajar sebelum orbital terisi penuh. Ketika orbital memperoleh elektron kedua, itu harus dipasangkan dengan yang sebelumnya.

Dengan cara ini, elektron suatu atom ditambahkan secara bertahap, menggunakan konfigurasi yang teratur, agar memiliki kondisi energi stabil yang baik. Dengan demikian, prinsip Aufbau menjelaskan dengan baik aturan yang harus diikuti untuk pengisian orbital agar tidak menyalahgunakan aturan Hund. Singkatnya, karena ada orbital yang setara, pertama elektron diisi semaksimal mungkin dan kemudian berpasangan.

Adapun prinsip Aufbau yang kita ikuti agar tidak salah dalam aturan Hund, didasarkan pada diagram orbital, di mana jika kita mengikuti urutan pengisian yang ditunjukkan oleh panah yang muncul di dalamnya, kita akan mengisi orbital dengan benar. Jadi, diagram ini dimulai dengan 1s, diikuti oleh 2s, dan kemudian naik ke nilai 2p dan turun lagi ke 3s, 3p dan berlanjut selama 4s, seterusnya, mengikuti urutan panah. Ini juga dikenal sebagai aturan diagonal, atau gergaji. Jadi urutannya adalah: 1s, 2s, 2p, 3p, 4s, 3d, 4p, 5s, 4d, 5p, 6s, 4f, 5d, 6p, dst.

 

Prinsip Hund

Prinsip Aufbau

Aturan Hund menjelaskan cara pengisian subkulit atom.

Prinsip Aufbau menjelaskan cara pengisian orbital atom.

 

Orbital dengan energi yang sama harus ditempati oleh satu elektron terlebih dahulu, baru kemudian diikuti oleh elektron kedua.

 

Ini mengisi elektron dari energi terendah hingga tertinggi.

 

Ini menggambarkan cara elektron mengisi subkulit.

Ini menggambarkan cara elektron mengisi orbital atom.


Untuk menyatakan distribusi elektron-elektron pada orbital-orbital dalam suatu subkulit, konfigurasi elektron dapat dituliskan dalam bentuk diagram orbital. Dua elektron yang menghuni satu orbital dilambangkan dengan dua anak panah yang berlawanan arah. Jika orbital hanya mengandung satu elektron, anak panah dituliskan mengarah ke atas.

Orbital di gambarkan dalam bentuk kotak, sedangkan elektron yg menghuni orbital di gambarkan dengan bentuk dua anak panah yang berlawanan arah. Jika orbital hanya mengandung satu elektron, maka anak panah yang ditulis mengarah ke atas. Dalam menerapkan aturan hund, maka kita harus menuliskan arah panah ke atas terlebih dahulu pada semua kotak, baru kemudian diikuti dengan arah panah ke bawah jika masih terdapat elektron sisanya.

Contoh penulisan Aturan Hund

Atom Nitrogen

Konfigurasi elektron atom nitrogen (Z=7) adalah 1s 2  2s 2  2p 3 . Dengan menggunakan aturan Hund, tunjukkan bagaimana elektron mengisi subkulit.

Di sini, subkulit 1s dan 2s terisi. Subkulit 2p hanya terisi setengah. Jadi elektron pada subkulit 1s dan 2s berpasangan dan antiparalel, sedangkan 3 elektron pada subkulit 2p terpisah satu sama lain dan mempunyai spin yang sama:


Sumber Gambar :

https://sciencenotes-org.translate.goog/wp-content/uploads/2023/03/Hunds-Rule-for-Nitrogen.png?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

 

Atom Oksigen

Oksigen mengikuti nitrogen pada tabel periodik (Z=8). Konfigurasi elektronnya adalah 1s 2  2s 2  2p 4 . Pengisian subkulit 1s dan 2s sama dengan nitrogen, namun terdapat tambahan elektron pada subkulit 2p. Pertama, isi setiap subkulit dengan satu elektron. Tambahkan elektron tambahan untuk membuat pasangan dan menjadikannya antiparalel dengan elektron pertama:

 

Sumber Gambar :

https://sciencenotes-org.translate.goog/wp-content/uploads/2023/03/Hunds-Rule-for-Oxygen.png?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

 


PENUTUP

Setelah kita mempelajari Konfigurasi Elektron dengan Prinsip Hund, dapat kita simpulkan bahwa ketika atom-atom bersentuhan satu sama lain, elektron terluar dari atom-atom tersebut, atau kulit valensi,lah yang akan berinteraksi terlebih dahulu. Sebuah atom menjadi paling tidak stabil (dan karena itu paling reaktif) ketika kulit valensinya tidak penuh. Elektron valensi sebagian besar bertanggung jawab atas perilaku kimia suatu unsur. Unsur-unsur yang memiliki jumlah elektron valensi yang sama seringkali memiliki sifat kimia yang serupa.

Konfigurasi elektron juga dapat memprediksi stabilitas. Sebuah atom paling stabil (dan karena itu tidak reaktif) ketika semua orbitalnya penuh. Konfigurasi paling stabil adalah konfigurasi yang mempunyai tingkat energi penuh. Konfigurasi ini terjadi pada gas mulia. Gas mulia merupakan unsur yang sangat stabil sehingga tidak mudah bereaksi dengan unsur lainnya. Konfigurasi elektron dapat membantu dalam membuat prediksi tentang cara unsur-unsur tertentu bereaksi, dan senyawa kimia atau molekul yang akan dibentuk oleh unsur-unsur berbeda.

 

CONTOH SOAL & PEMBAHASAN


1.  Apa yang diketahui oleh aturan Hund tentang konfigurasi elektron?

Aturan Hund menyatakan bahwa pasangan elektron dengan spin terbesar akan memiliki energi terendah. Selain itu, elektron yang tidak berpasangan pada orbital yang terisi tunggal akan selalu mempunyai spin yang sama.

 

2. Apa kegunaan aturan Hund?

Umumnya digunakan dalam spektroskopi, untuk menentukan konfigurasi elektronik atom yang akurat, reaktivitas dan stabilitasnya.



DAFTAR PUSTAKA

2023CatatanDanProyekSains.com. (2023, 16 Maret). Pengertian Dan Contoh Aturan Hund. Diakses pada 24 September 2023 dari, https://sciencenotes-org.translate.goog/hunds-rule-definition-and-examples/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

DKataData.co.id. (2023, 22 Februari). Mengenal Aturan Hund dan 3 Aturan Konfigurasi Elektron Lainnya. Diakses pada 24 September 2023 dari, https://katadata.co.id/agung/lifestyle/63f5b4ea99f59/mengenal-aturan-hund-dan-3-aturan-konfigurasi-elektron-lainnya

Rumuspintar.com. (2023, 29 Juli). Konfigurasi Elektron: Pengertian & Aturan. Diakses pada 24 September 2023 dari, https://rumuspintar.com/konfigurasi-elektron/

8 komentar:

  1. keren artikelnya, bagus dan mudah dipahami

    BalasHapus
  2. penjelasan dan mind mappingnya bagus

    BalasHapus
  3. Bagus artikelnya penjelasannya mudah dipahami

    BalasHapus
  4. Presentasi dan penjelasannya mudah dipahami

    BalasHapus
  5. Presentasi dari artikel bagus, penjelasan mudah dipahami.

    BalasHapus
  6. @Z07-GHEFIRA materinya dan persentasinya bagus dengan penjelasan yang mudah dipahami

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.