.

Minggu, 08 November 2020

Udara Kotor karena Polusi

Udara Kotor Karena Polusi

@R-22 (kamaludin)


 

 

Abstrak

Di kehidupan sehari-hari ada kalanya udara yang bersih dapat di hirup dengan segar, akan tetapi udara menjadi tidak segar dikarenakan adanya pencemaran dari beberapa faktor, seperti faktor alam yang terjadi pada gunung meletus, kebakaran hutan, namun di sekeliling kita terdapat banyak polusi yang disebabkan oleh ulah manusia seperti membakar sampah, asap kendaraan serta asap pabrik, hal ini pastinya sangat mengganggu lingkungan sekitar yang dampaknya dapat mengganggu aktivitas-aktivitas manusia,hewan dan tumbuhan.

Pencemaran Udara sering ditemukan disekitar kita udara kotor, asap, polusi udara sering dirasakan banyak orang yang tinggal didaerah perkotaan. Berdirinya pabrik-pabrik besar, banyaknya kendaraan bermotor, asap rokok yang membuat udara dikota-kota semakin tercemar. Apalagi jika terjadi pada gunung meletus dan kebakaran hutan, asap nya menutupi udara segar di langit dan bukan hanya itu, asapnya pun sampai ke negara tetangga.

 

Kata Kunci :Pencemaran udara, asap, polusi.

 

Pendahuluan

Pencemaran udara dewasa ini semakin menampakkan kondisi yang sangat memprihatinkan. Sumber pencemaran udara dapat berasal dari berbagai kegiatan antara lain industri, transportasi, perkantoran, dan perumahan. Berbagai kegiatan tersebut merupakan kontribusi terbesar dari pencemar udara yang dibuang ke udara bebas. Pencemar udara yang berasal dari kegiatan atau aktivitas manusia tersebut disebut pencemaran udara yang berasal dari sumber antropogenik.

Namun, pencemaran udara juga bisa disebabkan oleh sumber alamiah, seperti berbagai bencana alam yaitu kebakaran hutan, gunung meletus, gas alam beracun, dll. Dampak dari pencemaran udara tersebut adalah menyebabkan penurunan kualitas udara, yang berdampak negatif terhadap kesehatan manusia, lingkungan, hewan, tumbuhan, dan material. Berdasarkan kebijakan Pembangunan Kesehatan Indonesia 2010, udara merupakan media lingkungan yang merupakan kebutuhan dasar manusia sehingga mendapatkan perhatian yang serius sehingga dijadikan salah satu dari sepuluh program unggulan.

 

Permasalahan

1.      Apa yang menyebabkan udara menjadi kotor serta bagaimana menanggulanginya ?

2.      Apa dampak dari polusi udara ?

 

Pembahasan

1. yang paling utama selalu terkait dengan manusia. Manusia menjadi penyebab utama dan terbesar terjadinya pencemaran udara. Pun manusia pula yang merasakan dampak terburuk dari terjadinya pencemaran udara. Pencemaran udara merupakan salah satu kerusakan lingkungan, berupa penurunan kualitas udara karena masuknya unsur-unsur berbahaya ke dalam udara atau atmosfer bumi. Unsur-unsur berbahaya yang masuk ke dalam atmosfer tersebut bisa berupa karbon monoksida (CO), Nitrogen dioksida (No2), chlorofluorocarbon (CFC), sulfur dioksida (So2), Hidrokarbon (HC), Benda Partikulat, Timah (Pb), dan Carbon Diaoksida (CO2). Unsur-unsur tersebut bisa disebut juga sebagai polutan atau jenis-jenis bahan pencemar udara.

Cara menanggulanginya :

·         Gunakan moda angkutan umum. Mendorong diri sendiri dan masyarakat untuk menggunakan moda angkutan umum akan menurunkan tingkat polusi udara.

·         Hemat energi. Matikan kipas angin, lampu, penyejuk udara saat anda bepergian keluar. Sejumlah besar bahan bakar fosil dibakar untuk menghasilkan listrik. Dengan mengurangi pemakaian listrik, berarti kita turut mengurangi penggunaaan bahan bakar fosil dan menyelamatkan udara.

·         Pahami dan praktek konsep Reduce, Reuse dan Recycle. Jangan membuang barang-barang yang tidak berguna bagi anda. Anda mungkin saja dapat menggunakan barang-barang tersebut untuk hal lain, misalnya menghasilkan kerajinan. Bahkan, anda bisa menghasilkan uang dari sampah didaur ulang.

·         Gunakan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan. Teknologi energi terbarukan ramah lingkungan seperti matahari, angin dan panas bumi semakin mutakhir. Pemerintah berbagai negara telah memberikan hibah kepada konsumen yang tertarik untuk memasang panel surya untuk rumah mereka.

·         Gunakan perangkat teknologi atau listrik hemat energi.

2. Dampak Pencemaran

·         Dampak kesehatan

 

Dampak pencemaran debu bisa menyebabkan penyakit paru-paru (bronchitis) serta penyakit saluran pernapasan lainnya. Sedangkan dampak pencemaran oleh zat kimia seperti Karbon Monoksida dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada hemoglobin . Hemoglobin adalah metaloprotein pengangkut oksigen yang mengandung besi dalam sel darah merah.

·         Dampak Ekonomi

Hasil kajian Bank Dunia menemukan bahwa dampak ekonomi akibat pencemaran udara di Indonesia sebesar Rp 1,8 trilyun. Jumlah ini akan meningkat mencapai 4,3 trilyun pada tahun 2015.

·         Dampak Sosial

Akibat pecemaran udara, orang-orang tidak dapat menikmati udara sehat. Setiap hari harus melihat dan menghirup asap. Akibatnya, aktifitas sosial menjadi terhambat.

·         Dampak Pendidikan

Dari segi pendidikan, dampak pencemaran udara dapat mempengaruhi tingkat belajar para siswa. Mereka terhambat dalam hal berfikir. Terhambat pula dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

·         Hujan Asam

Tingkat keasaman (pH) normal air hujan adalah 5,6. Polusi udara akibat SO2 dan NO2 yang bereaksi dengan air hujan akan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. Dampak dari hujan asam ini mempengaruhi kualitas air permukaan. Hujan asam juga melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga mempengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan.

·         Efek rumah kaca

Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2, CFC, metana, ozon, dan N2O di lapisan troposfer. Keseluruhan gas ini menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. Akibatnya, panas terperangkap dalam lapisan troposfer sehingga menimbulkan fenomena pemanasan global. Dampak dari pemanasan global tersebut antara lain pencairan es di kutub, naiknya permukaan air laut, perubahan iklim, perubahan siklus hidup flora fauna.

 

 

Kesimpulan

Udara adalah komponen yang sangat penting bagi kehidupan mahkluk hidup , namun seiring berjalannya waktu globalisasi sulit untuk mendapatkan udara sehat dari alam bebas, terutama kota-kota besar.

Banyak dampak yang disebabkan oleh pencemaran udara salah satunya adalah bagi kesehatan manusia serta berbahaya bagi hewan maupun tumbuhan. Oleh karena itu kita harus mengurangi segala kegiatan yang berkaitan dengan pencemaran udara dengan cara mengurangi berkendara pribadi baik motor maupun mobil lebih baik bersepeda atau naik angkutan umum, menanam pohon untuk reboisasi juga bagus.

 

Daftar Pustaka

Editor, (2017, 29 Agustus). Pencemaran udara pengertian penyebab dampak solusi. 

https://lingkunganhidup.co/pencemaran-udara-pengertian-penyebab-dampak-solusi/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.