.

Sabtu, 07 November 2020

Pencemaran Udara DiIndonesia

 

Pencemaran Udara Di Indonesia


Nama:Yongky Putra Narso

@R04-Yongki

    Pencemaran udara, disebabkan oleh dua faktor. Penyebab atau sumber pencemaran yang pertama adalah faktor alam seperti terjadinya gunung meletus dan kebakaran hutan. Meskipun keduanya tampak menimbulkan dampak yang memiriskan, namun ternyata masih kalah jauh dibanding dengan pencemaran udara yang diakibatkan oleh faktor kedua, yaitu manusia. Manusia dengan berbagai aktifitasnya banyak menghasilkan polutan-polutan di udara. Sebagai contoh, pada tahun 2010, sebanyak 35 miliar ton  karbon dioksida mencemari udara hanya dalam waktu setahun saja. Pabrik dan kendaraan bermotor menjadi penyumbang terbesar aktifitas manusia dalam mencemari udara.Bahkan kebakaran hutan pun lebih sering diakibatkan oleh kesengajaan manusia. Aktifitas pembukaan lahan untuk perkebunan dilakukan dengan membakar hutan. Dan akibatnya, kabut asap menjadi bencana rutin di Indonesia. Bahkan Indonesia sukses menjadi ‘eksportir asap’ bagi negara tetangga semisal Malaysia dan Singapura.

Kata Kunci:Pencemaran Udara,Faktor alam,Faktor manusia

Pendahuluan

     Pencemaran udara adalah pelepasan berbagai gas,benda padat yang terbelah halus atau aerosol cair ke atmosfir yang tersebar dengan laju melebihi kapasitas alami lingkungan untuk membuang,melarutkan.atau menyerapnya. Pencemaran udara dapat terjadi dimana-mana, misalnya di dalam rumah, sekolah, dan kantor. Pencemaran ini sering disebut pencemaran dalam ruangan. Sementara itu pencemaran di luar ruangan berasal dari emisi kendaraan bermotor, industri, perkapalan, dan proses alami oleh makhluk hidup. Sumber pencemar udara dapat diklasifikasikan menjadi sumber diam dan sumber bergerak.

Prinsip dari pencemaran udara adalah bilamana dalam udara terdapat unsur - unsur pencemar (biasa disebut polutan baik primer maupun sekunder yang bersumber dari aktifitas alam dan kebanyakan dari aktifitas manusia) yang dapat mempengaruhi keseimbangan udara normal dan mengakibatkan gangguan terhadap kehidupan manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan dan benda-benda lain.

Permasalahan:

1.Apa  dampak kesehatan dari pencemaran udara?

2.Bagaimana cara menguranginya?

3.Apa saja jenis-jenis pencemaran udara?

Pembahasan:

1.1 Dampak bagi kesehatan

 1. Membuat asma kambuh

Partikel-pertikel polusi udara dan debu bisa membuat tingkat kekambuhan asma meningkat.

 2. Bisa menimbulkan kanker paru-paru

Zat-zat berbahaya yang terdapat di udara kotor, juga disebutkan bisa menimbulkan kanker paru-paru.

 3. Meningkatkan risiko sakit jantung

Zat berbahaya seperti karbon hitam dan nitrogen oksida, yang terdapat pada asap kendaraan, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

 4. Jadi lebih mudah terkena infeksi

Polusi udara bisa meningkatkan kejadian infeksi paru-paru, terutama pada anak-anak.

 5. Bisa menghambat perkembangan anak

Paparan terhadap udara yang berkualitas buruk, bisa menghambat perkembangan paru-paru pada anak. Akibatnya, paru-paru tidak bisa berfungsi dengan optimal saat dewasa.

 6. Membuat jaringan di paru-paru meradang

Dampak pencemaran udara ini bisa menyerang orang yang paru-parunya sehat, maupun individu dengan riwayat asma dan penyakit paru lainnya.

 7. Meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada janin

Paparan polusi udara pada ibu hamil, bisa meningkatkan risiko berat badan lahir rendah, hingga kematian bayi.

 

 

 8. Bisa menimbulkan penyakit paru lainnya

Dampak pencemaran udara yang paling umum, seperti batuk dan sesak napas bisa terjadi. Namun, kondisi lain seperti penyakit paru obstruktif kronis juga bisa bertambah parah, dengan adanya udara yang kotor.

 9. Bisa mempercepat kematian 

Jika tubuh terpapar udara yang kotor secara terus-menerus dalam jangka panjang, maka angka harapan hidup juga akan semakin pendek.

2.1 Cara Menguranginya:

1.Kurangi menggunakan kendaraan pribadi

2.Lakukan gerakan penanaman pohom untuk memperbanyak produksi oksigen

3.Mengolah asap pabrik,seperti yang dilakukan PT.Semen Padang mengubah asap pabrik menjadi listrik yang disebut Pembangkit Listrik Tenaga Asap

4.Gunakan bahan bakar yang ramah lingkungan untuk kendaraan kita.

3.1 Jenis-jenis pencemaran udara :

Polusi udara luar ruangan

Pencemaran udara luar ruangan adalah paparan pencemaran yang terjadi di luar lingkungan buatan,contohnya:

1.Partikel halus yang dihasilkan pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi untuk memproduksi energi.

2.Gas berbahaya seperti sulfur dioksida,nitrogen oksida,karbon monoksida,uap kimia dan lainnya.

3.Ozon dipermukaan tanah,bentuk oksigen reaktif dan komponen utama kabut asap kota.

4.Asap tembakau

Kesimpulan:

Diri kita sendiri harus dimulai untuk mengurangi pencemaran udara ini  atau polusi udara,maka dari itu kita mempunyai banyak cara untuk menguranginnya dengan cara lebih banyak menanam pohon disekitar kita agar terciptanya oksigen,kurangi mnggunakan kendaraan pribadi seperti:Mobil dan motor karena diindonesia warga nya sangat banyak,apalagi belum dirumah nya mempunyai kendaraan satu persatu maka itu akan menambah pencemaran yang ada,lebih baik kita menggunakan sepeda jika perjalanan dekat,dan menggunakan transportasi umum jika perjalanan nya jauh.

Daftar Pustaka

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/17/070000969/pencemaran-udara--pengertian-dan-jenis?page=all

https://www.sehatq.com/artikel/dampak-pencemaran-udara-untuk-kesehatan-perlu-diwaspadai

https://lingkunganhidup.co/pencemaran-udara-pengertian-penyebab-dampak-solusi/

https://badungkab.go.id/instansi/dislhk/baca-artikel/624/Gambar-Pencemaran-Udara-di-Indonesia.html

 

 


 

1 komentar:

  1. Perlu adanya gerakan cintai lingkungan di setiap daerah karena sekarang ini masyarakat sudah banyak yang tidak peduli dengan lingkungan

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.