.

Jumat, 28 Februari 2020

TEKNOLOGI HIJAU

Oleh : Ika Setyaningsih (@Q03-Ika)

ABSTRAK 


Teknologi hijau merupakan salah satu upaya yang perlu di kembangkan sebagai upaya adaptasi dan mitigasi pemanasan global. Berbagai teknologi hijau telah tersedia dan telah diterapkan oleh beberapa negara maju dan negara berkembang.  Khusus pada bidang pelestarian sumber air dan pengolahan air limbah tersedia beberapa teknologi hijau antara lain teknologi taman biologi, taman buangan air limbah dan sanitasi ekologi. (Nana, T.G. 2008). Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di bumi ini. 


PENDAHULUAN 

Sebagaimana yang kita tahu, teknologi hijau adalah aplikasi sains alam sekitar untuk memelihara sumber dan alam semula jadi bagi menangani impak negatif aktiviti manusia seperti pengeluaran asap hitam yang membahayakan oleh kilang, penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor, pemusnahan alam semulakjadi, pencemaran sungai, pelepasan karbon ke udara dan sebagainya. Teknologi hijau adalah teknologi rendah karbon dan lebih merasa alam berbanding teknologi sedia ada. ( Syed Mahadzir. 2011)

Teknologi hijau merujuk kepada produk, peralatan, atau sistem yang mampu meminimumkan degerasi kualiti persekitaran, ia mempunyai pembebasan Gas Rumah Hijau ( GHG) untuk rendah atau sifat, selamat untuk digunakan dan menyediakan persekitaran sihat (lebih baik untuk semua hidupan), Menjimatkan tenaga dan sumber asli,Menggalahkan sumber – sumber yang boleh diperbaharui. Terdapat empat tonggak Dasar Teknologi Hijau Negara antara lain :

  •         Tenaga – mencari ketidak bergantungan tenaga dan mempromosikan kecakapan tenaga
  •         Alam sekitar – memulihkan dan meminimumkan kesan kepada alam sekitar
  •         Ekonomi – meningkatkan pembangunan ekonomi negara melalui penggunaan teknologi
  •         Sosial – meningkatkan kualiti hidup untuk semua
(Tarkih.2011) mengatakam, Teknologi  Hijau merujuk produk, peralatan, atau sistem yang memenuhi kriteria-kriteria berikut:
  •          Ia meminimumkan degrasi kualiti persekitaran; ia mempunyai pembebasan Gas
  •          Rumah Hijau (GHG) yang rendah atau sifar; ia selamat untuk digunakan dan menyediakan persekitaran sihat dan lebih baik untuk semua hidupan;
  •          Menjimatkan tenaga dan sumber asli; dan
  •          Menggalakkan sumber-sumber yang boleh diperbaharui.

Aplikasi Teknologi Hijau adalah selaras dengan konsep pembangunan mapan (sustainable development) dimana pembangunan yang dilaksanakan perlu memneuhi keperluan semasa tanpa menjejaskan keperluan generasi masa depan. Apabila kita menggunakan teknologi hijau, kita menggunakan sumber – sumber seperti tenaga, air, dan sebagainya secara minimum untuk menghasilkan sesuatu produk. Produk itu akan selamat digunakan dan menyediakan persekitaran yang sehat dan lebih baik semua hidup. Ia juga menjimatkan tenaga dan sumber asli serta menggalakkan sumber – sumber yang boleh diperbaruhi. Objektifnya termasuklah mengurangkan kadar penggunaan tenaga dalam masa yang sama meningkatkan pembangunan ekonomi . (Ginting,N.T. 2008)

Konsep Teknologi Hijau ( Green Technology )  G r e e n T e c h n olo g y (Teknologi Hijau), diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan praktis / teknologi  yang dapat digunakan untuk  melaksanakan pembangunan yang dapat mewujudkan tatanan infrastuktur untuk memenuhi kebutuhan manusia secara berkelanjutan ( s u s t ain a ble d e v elo p m e n t ), tanpa merusak atau mengganggu sumber daya alam. Secara singkat, teknologi yang dapat digunakan untuk memenuhi  kebutuhan generasi saat ini dan tidak mengganggu ketersediaan kebutuhan generasi mendatang . (Green Tecnology, 2008) 

Keberadaan  teknologi hijau ini diharapkan dapat menjadi inovasi bagi manusia untuk merobah gaya  hidupnya seperti kegandrungan manusia saat ini akan  information technology (IT). Beberapa ciri Teknologi Hijau antara lain; berkelanjutan ( sustainable) , menggunakan sumber alam yang terbarui (reclaimed) , menghasilkan produk yang bermanfaat kembali ( re - used ), mengurangi produk limbah dan bahan pencemar, menggunakan proses terdaur ulang ( recycle ), inovatif tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, menciptakan kegiatan dan produk yang bermanfaat bagi lingkungan  atau dapat melindungi bumi.

Fungsi Utama Teknologi Hijau ( Ustazkenali. 2013) :
  1.           Mengkaji dan menggubal dasar untuk meningkatkan pembangunan mapan melalui aplikasi teknologi hijau;
  2.           Mempromosikan dasar teknologi hijau untuk menyokong pembangunan inovasi teknologi hijau dan mengawal serta mengurus potensi risiko; dan
  3.           Menyediakan kerangka perundangan untuk menyokong pembangunan teknologi hijau.

Strategi Teknologi Hijau ( Ustazkenali. 2013) :
  1.            Promosi dan pelaksanaan pembangunan tenaga boleh diperbaharu yang efektif dalam sektor  tenaga dan sektor air;
  2.           Promosi dan pelaksanaan program kecekapan tenaga yang efektif dalam sektor tenaga dan sektor air;
  3.           Mewujudkan peluang pekerjaan berkaitan dengan teknologi hijau;
  4.           Mewujudkan peluang aktiviti ekonomi berkaitan teknologi hijau;
  5.           Mengorientasi semula industri-industri sedia ada untuk mempraktikkan amalan teknologi hijau;
  6.           Pembangunan strategi R&D dalam teknologi hijau ke arah pengkomersilan bagi pasaran tempatan ;
  7.           Peningkatan pembangunan modal insan dalam bidang teknologi hijau; dan
  8.           Penubuhan rangkaian strategik dengan stakeholders yang utama dan relevan


Perkembangan teknologi hijau semakin pesat, antara lain dengan mengacu pada beberapa konsep yang menjadi tujuan aplikasinya (Atep, A.H. dkk. 2018)  :

  1. Konsep berkelanjutan, dimana kenutuhan manusia secara terus- menerus dapat dipenuhi tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam. Dengan kata lain, kebutuhan saat ini dapat terpenuhi tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhan sendiri
  2. Konsep daur ulang, dimana dalam proses produksi manufaktur dirancang sedemikian rupa dapat didaur ulang atau digunakan kembali. Kegiatan daur ulang dimaksudkan untuk menghemat sumber daya alam dan energi, salah satu caranya ialah dengan penerapan teknologi hijau.
  3. Konsep pengurangan limbah dan polusi, dimana pola produksi menghasilkan konsumsi seminimal mungkin limbah dan polusi. Limbah padat dan cair serta polutan selalu dilepaskan dari kegiatan industri, transportasi, maupun rumah tangga.
  4. Konsep inovasi, dalam hal selalu berupaya mengembangkan teknologi alternatif. Pengguanan bahan bakar fosil dan bahan kimia pertanian perlu dievaluasi kembali, karena sudah terbukti dapat merusak kesehatan dan lingkungan.
  5. Konsep viabilitas, intinya bagaimana kegiatan produksi dan konsumsi ramah lingkungan senantiasa terpelihara keberadaannya. Selain ada juga hidup dan berkembang, dengan mendapat dukungan berbagai pihak, baik pemerintah, industri, perbankan, profesional, akademisi, penelitian, dan sebagainya.
  6. Konsep edukasi, upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat secara keseluruhan melalui pendidikan dan pelatihan. Konsep teknologi hijau terus mengalami perkembangan melalui inovasi dan temuan – temuan baru.

KESIMPULAN & SARAN 

Teknologi Hijau merupakan salah satu upaya  mengatasi pencemaran lingkungan yang sejalan dengan prinsip pembangunan yang berkelanjutan ( sustainable development ). Berbagai Teknologi Hijau di bidang pelestarian sumber air dan pengolahan air limbah telah tersedia untuk diterapkan dalam pembangunan. Perlu adanya upaya pemerintah dan masyarakat untuk mengkampanyekan penggunaan teknologi hijau secara luas.



DAFTAR PUSTAKA

Tarkih. 2011. Apa itu Teknologi Hijau?. Dalam : https://sites.google.com/site/hariinovasi/berita/apa-itu-teknologi-hijau (Diakses 27 Februari 2020)


Syed Mahadzir. 2011. Teknologi Hijau Merupakan Alternatif Untuk Mengurangi Kesan Rumah Hijau.  Dalam :

Ginting, N. T. (2008). Mitigasi dan Adaptasi Dampak Perubahan Iklim Melalui Penerapan Teknologi Hijau. Jurnal Permukiman. Dalam : https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=MITIGASI+DAN+ADAPTASI+DAMPAK+PERUBAHAN+IKLIM+MELALUI+PENERAPAN+TEKNOLOGI+HIJA&btnG=  ( Diakses 27 Februari 2020)

Ustazkenali. 2012. TEKNOLOGI HIJAU : KONSEP, FUNGSI DAN STRATEGI. Dalam : https://ustazkenali.wordpress.com/2012/03/17/teknologi-hijau-konsep-fungsi-dan-strategi/  (Dalam : 27 Februari 2020 )


Atep, A.H. dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia Dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Yogyakarta. Penerbit Wahana Resolusi.


1 komentar:

  1. Penulisannya rapih ,bahasa penulisan seimbang sesuai dengan materi yang disampaikan.good luck

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.