.

Sabtu, 15 Februari 2020

Pengenalan industri kimia



Oleh : FAHTU ROKHMAN SIDIK

ABSTRAK
Kimia industri atau industri kimia sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari atau bisnis bahkan menjadi sumber kehidupan masyrakat di era sekarang .
Kimia dalam industri seperti menjadi kebutuhan yang wajib dalam pembuatan produk baik itu bahan campuran maupun dalam proses pembuatan   produk tersebut maka mempelajari tentang kimia mulai bahan – bahan ki serta cara mengolah memperleh hasil yang diingnkan dan cara mngolah limbahnya  pula perlu dilakukan agar bisa maksimal dalam penggunaan  kimai dalam industri.
PENDAHULUAN
            A.      Latar Belakang
Kimia industri adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan. Meskipun proses kimia laboratorium disesuaikan secara tradisional dengan skala industri, proses tersebut dimodelkan dengan cermat sesuai dengan skala mereka. Dengan demikian, fenomena seperti perpindahan massa atau panas, model arus atau sistem kontrol dikelompokkan dibawah lingkup teknik kimia.sert bahan atau materia yang digunakan dalam perinduatrian bisa dikontrol dan diaksimalkan ketingkat maksimum untuk mendapat hasil dan keuntungan yang maksimal juag.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan  pembahasan tersebut di atas maka penyusun dapat merumuskan beberapa hal yang menjadi masalah sebagai berikut :
1.    Menjelaskan pemahaman kimia indutri
2.    Menjelaskan pengelompokan industri kimia
3.    Penjelasan mengenai dampak postif dan negatif
C.       Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah :
1.     Untuk memahami kimia dalam industri
2.     Agar mampu menjelaskan dan memahami dampak kimia
3.     Agar mengetahui pengolahan kiam yang baik dan benar

PEMBAHASAN

1. Industri Kimia
Industri merupakan suatu proses yang mengubah  bahan-baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai-tambah, serta produk tersebut dapat digunakan secara langsung oleh konsumen sebagai pengguna akhir dan produk tersebut disebut dengan “produk-akhir”, selain itu produk dari industri tersebut dapat juga digunakan sebagai bahan baku oleh industri lain, yang disebut juga sebagai “produk-antara”.
“kimia” dapat diartikan sebagai suatu proses dimana sebelum dan sesudah proses terjadi perubahan “identitas kimia” yang ditandai dengan perubahan unsur-unsur penyusunnya dan atau perubahan massa molekulnya ataupun struktur  molekulnya,  dimana proses tersebut pada umumnya disebut dengan “reaksi-kimia”.
Oleh sebab itu “Kimia-Industri” merupakan  suatu  proses yang merubah bahan baku menjadi suatu produk (kimia) yang mempunyai nilai tambah dimana dalam proses tersebut selain terjadi  proses  perubahan yang bersifat fisis (Satuan-Operasi) juga terjadi perubahan yang bersifat kimiawi (Satuan-Proses).




2. Pengelompokan Industri  
Pengeolmpokan  industri berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian No. 19 / M / I / 1986 dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. Klasifikasi ini adalah sebagai berikut:
  • Industri Kimia Dasar (IKD), adalah industri yang membutuhkan: modal, keahlian, dan penerapan teknologi canggih. Industri-industri berikut milik Grup IKD:
    • Industri kimia organik, contohnya : industri bahan peledak dan kimia tekstil.
    • Industri kimia anorganik, contohnya seperti: industri semen, industri asam sulfat dan industri kaca.
    • Industri agrokimia, contohnya seperti : industri pestisida, dan industri pupuk kimia.
    • Industri selulosa & karet, contohnya: industri pulpen, industri kertas, dan industri ban.

3. Dampak positif dan negatif industri kimia
Ø  dampak positif dari industri adalah :

a.       Terbukanya lapangan kerja
b.      Mengurangi pengangguran
c.       Terpenuhinya berbagai kebutuhan masyarakat
d.      Pendapatan/kesejahteraan masyarakat meningkat
e.       Meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar industri
f.        Mendorong untuk berfikir maju bagi masyarakat
g.      Terbukanya usaha-usaha lain di luar bidang industri

Ø  dampak negatif dari industri :

a.       Terjadi pencemaran lingkungan
b.      Adanya polusi udara dari asap industri
c.       Adanya pencemaran air dari limbah pabrik
d.      Banyaknya sumber daya alam yang rusak karena industri
e.       Banyaknya lahan pertanian yang hilang karena digunakan untuk industri
f.        Terjadinya urbanisasi di kota-kota
g.      Terjadinya permukiman kumuh di kota-kota

KESIMPULAN
Secara tidak sadar kita sangant bergantung akan bahan kimia atau hasil produk industri kima karena kebiasaan dan kurang pengetahuan apalagi dengan poal berfikir manusia sekarang yang ahanya mecari mudah atau menjadi konsumen saja karean hal  itu mebuat inovasi produk kimia berkembang .akan tetapi pengolahan Bahan kimia yang tidak baik bahkan hasil aatau  limbah yang sembarang akan membuat pencemaran lingkungan baik itu tanah,air mauoun udara karena berakibat sangat fatal.

SARAN
Pengolahan bahan kimia yang baik dan tepat perlu dilakukan apalagi limbahnya agar terciptanya keseimbnagan antara majunya .

DAFTAR PUSTAKA
1.   Afia Hidayat, Atep dan Muhammad Kholil .2018. Kimia dan Pengatahuan Lingkungan Industri, Yogyakarta:Wahana Resolusi
2.   di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/6923744#readmore


1 komentar:

  1. Q15-Bowo
    Terima kasih artikelnya.
    Bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi dampak yang sudah dijelaskan dalam artikel?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.