.

Jumat, 28 Februari 2020

Konsep dasar Teknologi Hijau

Konsep dasar Teknologi Hijau



Disusun Oleh : Andyka F

Abstrak
Teknologi hijau atau yang sering disebut sebagai teknologi ramah lingkungan in merupakan sebuah bentuk usaha pemeliharaan lingkungan terhadap akibat pencemaran lingkungan. Teknologi hijau ini dapat diterapkan melalui prinsip-prinsip yang berlaku, karena dengan begitu jika teknologi hijau berjalan dengan lancer dan sesuai tujuan akan memberikan banyak manfaat terhadap banyak makhluk hidup sehingga akan terhindar dari berbagai penyakit.
Kata Kunci : Teknologi Hijau, Prinsip-Prinsip, Manfaat Teknologi Hijau
Pendahuluan
Perkembangan teknologi semakin hari semakin meningkat dan membuat kehidupan jauh lebih mudah dalam melakukan apapun, tetapi dengan begitu perkembangan teknologi dapat memberikan dampak negative. Maka dari itu agar dampak negative ini harus sesegera mungkin dicegah dengan menciptakan teknologi yang ramah lingkungan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan, meminimalisir dari segala permasalah dalam pencemaran lingkungan, agar dapat terciptanya lingkungan yang baik dan bersih dari hal itu untuk masa yang akan datang dan masa kini.
Pembahasan
I.                    Pengertian Teknologi Hijau
Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energy atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup. Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Teknologi hijau juga sering dikenal sebagai Teknologi yang ramah lingkungan.

II.                  Prinsip dalam Teknologi Hijau
a.       Refine
Penggunaan bahan atau proses yang lebih ramah lingkungan
b.      Reduce
Pengurangan jumlah limbah atau mengatasi kehilangan bahan yang menyebabkan pemborosan dengan optimalisasi proses
c.       Reuse
Pemakaian kembali bahan-bahan atau limbah pada proses yang berbeda
d.      Recycle
Penggunaan bahan-bahan atau sumber daya untuk proses yang sama
e.      Recovery
Pengamblan sebagian material penting dari aliran limbah untuk pemanfaatan ulang atau pemanfaatan lain
f.        Retrieve Energi
Pemanfaatan limbah sebagai bahan bakar
III.                Manfaat Teknologi Hijau
Teknologi hijau memiliki manfaat tentunya dalam kehidupan sehari – hari:
a.       Teknologi hijau sangat efektif dan efisien dalam hal pemanfaatn sumber daya alam, sehingga lingkungannya dapat terjaga baik
b.      Teknologi hijau dapat mengurangi jumlah limbah agar tidak berlebihan
c.       Teknologi hijau dapat menghemaat biaya produksi
IV.                Macam – Macam Teknologi Hijau
a.       Biogas
Biogas merupakan gas yang mudah terbakar atau bersifat FLAMMABLE yang diperoleh berdasarkan proses fermentasi dari bahan-bahan yang organic yang dilakukan oleh bakteri yang sifatnya anaerob. Anaerob disini maksudnya adalah bakteri yang dapat hidup pada konidisi yang kedap udara.
b.      Biofuel
Biofuel merupakan bahan baikar baik itu berupa gas, cairan atau padatan yang diperoleh dari zat-zat organic. Biofuel ini bisa dihasilkan baik secara tak langsung melalui limbah industry, pertanian atau domestic dan komersial dan secara langsung melalui tanaman.
c.       Biopori
Biopori atau teknologi lubang resapan biopori adalah teknologi alternative peresapan air hujan pada tanah, disamping menggunakan sumur resapan. Adapun pemanfaatn teknologi biopori ini membuat keseimbangan lingkungan lebih terjaga, bisa menangani sampah organic dengan menimbulkan keseimbangan lingkungan lebih terjaga, bisa menangani sampah organic dengan menimbulkan aroma yang tak sedap.

Daftar Pustaka
D3IPII. “Teknologi Hijau (Green Technology) : Kecenderungan Teknologi di masa Datang”. http://d3ipii-d3ipii.blogspot.com/2011/01/teknologi-hijau-green-technology.html (Diakses Tanggal 20-02-2020).
Unknown (2013). “ Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan” http://inspirednature-tech.blogspot.com/2013/07/prinsip-teknologi-ramah-lingkungan.html (Diakses Tanggal 20-02-2020).
2015. “Konsep Teknologi Ramah Lingkungan”. https://environment-indonesia.com/training/konsep-teknologi-ramah-lingkungan/ (Diakses Tanggal 28-02-2020).
Dwizz (2015). “ Manfaat dan Penggunaan Teknologi Ramah Lingkungan”. https://ronif.com/manfaat-dan-penggunaan-teknologi-ramah-lingkungan/ (Diakses Tanggal 28-02-2020).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.