.

Senin, 16 Desember 2019

Teknologi Hijau









Oleh: MAY ROSE INDAH PRATIWI TEDJO
@N21-MAY




ABSTRAK
Hampir seluruh produk untuk keperluan sehari-hari adalah produk kimiawi. Kimia hijau (green chemistry) mulai mendapat perhatian berbagai negara maju dalam hal penemuan, rancangan dan aplikasi produknya termasuk proses yang dijaga dari penggunaan bahan beracun atau zat yang berbahaya bagi kehidupan. Teknologi” lebih bermakna sebagai penerapan pengetahuan untuk tujuan praktis. Sedangkan “teknologi hijau” adalah teknik untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup. Teknologi hijau masih terus dikembangkan hingga saat ini. Untuk masa datang, “teknologi hijau” merupakan suatu bidang yang akan melahirkan banyak inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Boleh dikatakan perkembangan teknologi hijau ini dapat disejajarkan dengan ledakan “teknologi informasi” selama dua dekade terakhir ini.

KATA KUNCI: TEKNOLOGI HIJAU

I. PENDAHULUAN
Teknologi untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup. Untuk masa datang, “teknologi hijau” merupakan suatu bidang yang akan melahirkan banyak inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan. Teknologi hijau adalah aplikasi sains alam sekitar untuk memelihara sumberdaya alam serta mengelola dampak negatif akibat akitivitas manusia. Teknologi hijau adalah teknologi rendah karbon dan lebih ramah lingkungan. Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

II. PERMASALAHAN
1. Apa itu Teknologi Hijau?
2. Apa contoh dari Teknologi Hijau?
3. Apa Manfaat dari Teknologi Hijau?
4. Apa Manfaat dari Teknologi Hijau?

III.PEMBAHASAN 

PENGERTIAN KIMIA HIJAU
Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Contoh hasil diterapkannya teknologi ramah lingkungan diantaranya, yaitu:
·         Mobil dengan tenaga matahari
·         Pembangkit tenaga surya
·         Mobil dengan tenaga listrik
·         PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)
·         Briket, bahan untuk membantu proses memasak
·         Bahan memasak dari kotoran hewan yang di proses

Manfaat Teknologi Hijau
1. Mengatasi jumlah atau hasil dari limbah
2. Teknologi ramah lingkungan tergolong efektif dan efisien
3. Hemat dalam pengeluaran
4. Mengurangi resiko kerusakan yang akan timbul pada alam
5. Memperkecil kondisi yang memungkinkan menurunkan kondisi kesehatan SDM

Macam-Macam Teknologi Ramah Lingkungan
1. Biofuel
Biofuel merupakan suatu bahan bakar yang berbentuk padatan, cair, maupun gas. Bahan baku dari pembuatan bahan bakar biofuel ini berasal dari tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang berasal dari limbah pertanian, limbah industri, limbah pabrik, limbah komersial, dan limbah domestik.
2. Biogas
Biogas adalah hasil dari produksi teknologi ramah lingkungan. Bentuk atau wujud dari biogas ini adalah dalam wujud gas. Dan sifat yang dimiliki oleh biogas ini yaitu mudah sekali terbakar. Jadi, ketika Anda menggunakan biogas, jauhkan jangkauan sumber api dari biogas tersebut. Karena apabila Anda lalai dalam menjauhkan benda-benda yang menjadi sumber api, dikhawatirkan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan akibat dari sahutan biogas pada sumber api.
3. Biopori
Biopori merupakan teknologi ramah lingkungan yang mana dibuat resapan air di dalam tanah yang berbentuk lubang-lubang. Dimana lubang-lubang tersebut merupakan daerah yang dijadikan tempat masuknya air agar meresap ke dalam tanah.

IV. KESIMPULAN
Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

V. DAFTAR PUSTAKA
Markey. 2019. Manfaat Teknologi Ramah Lingkungan dan Contohnya
Anggita. 2017. Teknologi Hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.