.

Senin, 16 Desember 2019

TEKNOLOGI HIJAU.

TEKNOLOGI HUJAU.

teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda, untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dan pekerjaan manusia sehari-hari.
Ada juga yang menyebutkan bahwa arti teknologi adalah semua sarana dan prasarana yang diciptakan oleh manusia untuk menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia itu sendiri. Secara etimologis, kata “teknologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “technologia” dimana kata tech berarti keahlian dan logia berarti pengetahuan.
KATA KUNCI : PENGERTIAN TEKNOLOGI HIJAU.

I. PENDAHULUAN

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus bahkan dewasa ini berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Pengaruhnya meluas keberbagai bidang kehidupan, pengaruh ini sangat cepat memberikan dampak positif dan dampak negative. Perkembangan ilmu dan teknologi berdampak positif dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan keseluruh dunia menembus batas ruang dan waktu. Dapak negatifnya yaitu terjadinya berubahan nilai, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bertentangan dengan nilai, norma, aturan, dan moral kehidupan yang dianut masyarakat.

II. PERMASALAHAN

    1.  Apa Pengertian teknologi Hijau?
    2.  Apa Manfaat Teknologi Hijau ?
   

III. PEMBAHASAN

Pengertian Teknologi Hijau
Istilah TEKNOLOGI HIJAU sendiri merupakan terjemahan langsung, kata perkata dari istilah dalam bahasa Inggris, yaitu GREEN TECHNOLOGY (Green = Hijau, Technology=Teknologi).
Definisinya sendiri memang agak sulit dirumuskan karena mencakup hal yang sangat luas. 

Hal ini berkembang seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan dunia lain, terhadap lingkungan yang meninggi. Memang, gaungnya di Indonesia tidak sekeras di berbagai negara maju karena tingkat kesadaran terhadap lingkungan masih bisa dibilang tertinggal, tetapi tetap saja banyak orang mulai melibatkan diri, baik untuk sekedar berpidato atau bahkan sudah secara praktek berusaha menemukan dan mengembangkan teknologi hijau ini.
Contoh Teknologi Hijau
Teknologi ini telah banyak diusung atau telah diciptakan untuk dapat membuat alam menjadi lestari, tetap terjaga keasriannya, dan tidak merusak keseimbangan ekosistem alam. Yang mana pada saat ini kita sama-sama mengetahui bahwa banyak teknologi terbaru yang sudah dikembangkan sebagian ada yang menyebabkan keseimbangan alam menjadi tidak stabil dan tidak terjaga, justru membuat alam menjadi rusak, dan mencemari lingkungan sekitar. Dan tentunya dalam proses pembuatan teknologi ramah lingkungan ini pun juga harus memperhatikan standarisasi atau prosedur-prosedur yang telah tercantum dalam peraturan-peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah.
Berikut adalah beberapa contoh hasil diterapkannya teknologi ramah lingkungan diantaranya yaitu:
1.      Mobil dengan tenaga matahari
2.     Pembangkit tenaga surya
3.     Mobil dengan tenaga listrik
4.     PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)
5.     Briket, bahan untuk membantu proses memasak
6.     Bahan memasak dari kotoran hewan yang di proses.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.