.

Senin, 16 Desember 2019

TEKNOLOGI HIJAU

TEKNOLOGI HIJAU

Disusun oleh : Widy Hartono

Abstrak
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. 
Kata kunci : Teknologi dan lingkungan

I. Pendahuluan
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus bahkan berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Pengaruhnya meluas keberbagai bidang kehidupan, pengaruh ini sangat cepat memberikan dampak positif dan dampak negative. 

II. Permasalahan
Apa yang dimaksud dengan teknologi hijau?
Kriteria apa saja yang dapat digunakan teknologi hijau?
Sebutkan contoh manfaat yang sudah teraplikasi dengan menggunakan teknologi hijau?

III. Pembahasan
Pengertian
Teknologi hijau adalah aplikasi sains alam sekitar untuk memelihara sumberdaya alam serta mengelola dampak negatif akibat akitivitas manusia. Teknologi hijau adalah teknologi rendah karbon dan lebih ramah lingkungan.

            Kriteria teknologi hijau yaitu :
1. Meminimumkan degrasi kualitas lingkungan
2. Mempunyai pembebasan gas rumah kaca yang rendah
3. Aman untuk digunakan dan menyediakan lingkungan hidup sehat dan lebih baik untuk    
    semua kehidupan
4. Menghemat energy dan sumberdaya alam
5. Menggalakkan sumber-sumber yang dapat diperbaharui (renewable).

Teknologi yang ramah lingkungan sekaligus memiliki manfat yang sangat besar dan bisa mencegah kerusakan alam yakni:

1. Lampu Seumur Hidup
Seiring dengan pertumbuhan penduduk, maka kebutuhan energi pun semakin bertambah sedangkan pasokan energi berbasis energi fosil kian menipis. Dilansir dari Tempo.co, sekelompok mahasiswa tersebut memanfaatkan bakteri bioluminescence, bakteri unik dalam tubuh cumi-cumi yang mampu mengeluarkan cahaya berwarna biru. Lampu semakin terang jika jumlah kandungan bakteri ditambah. Lampu ini memiliki keuntungan, yaitu ramah lingkungan dan ekonomis. Bahkan lampu ini dapat dipakai seumur hidup karena bakteri yang mati akan menghasilkan indukan baru.

2. EcoATM
EcoATM merupakan sebuah kios yang berfungsi secara otomatis untuk membeli kembali ponsel bekas dan MP3 player dari pengguna. Jika kita kehabisan uang di tengah bulan, ATM ini bisa menjadi penyelamat. Mesin akan menganalisis kondisi barang dan mencari harga tertinggi di pasaran. Jika setuju, kita bisa mengambil uangnya. Kemudian, ecoATM menjualnya kembali ke pemakai lainnya atau didaur ulang. Sayangnya teknologi ini belum diterapkan di Indonesia.

3. Kulkas Tanpa Listrik
Kulkas tanpa listrik ini dibuat oleh Arya Nardhana dan Sanika Putra dari SD Al Azhar 14 Semarang. Bahan yang mereka pakai sederhana yaitu styrofoam, pasir, dan air dingin. Lemari kotak dari styrofoam itu diutak atik sehingga bisa menjadi lemari es dan bisa membuat sayuran bertahan hingga 7 hari.

4. Mobil Listrik
Inovasi lainnya yang ramah lingkungan yaitu mobil listrik, karena tidak menggunakan bahan bakar fosil dan tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor. Perawatan mobil listrik pun juga lebih mudah dan murah dibandingkan mobil lain pada umumnya.


5. Peti Mati yang Mudah Terurai
Peti mati ini dinamakan Ecoffin yang diciptakan oleh perusahaan dari Colorado, Amerika Serikat, dengan menggunakan pelepah pisang, bambu, pandan, kayu pinus, dan bahan lainnya. Inovasi ini ramah lingkungan dibandingkan kremasi dengan kayu bakar biasa karena proses kremasi membutuhkan energi dengan intensitas tinggi dan bisa menghasilkan emisi ke atmosfer.

6. Taman di Atap Rumah
Jika Anda pernah ke Selandia Baru atau ke Islandia pasti Anda akan menemukan rumah dengan atap berupa tanaman. Taman di atap ini tidak hanya cantik tapi juga bisa menyerap panas dan mengurangi CO2.

7. Lantai Penghasil Listrik
Jepang menjadi salah satu negara dengan inovasi temaju yang sejak tahun 2008 telah mengembangkan stasiun ramah lingkungan. Area stasiun ini menggunakan lempengan keramik yang memiliki fungsi untuk mengubah tekanan menjadi tegangan listrik. Jadi, semakin banyak orang berlalu lalang, semakin banyak energi yang dihasilkan.

8. Panel Surya
Panel yang terdiri dari sel surya ini telah lama dikenal akan kemampuannya mengubah cahaya menjadi listrik karena sumber terkuatnya berasal dari cahaya matahari. Panel surya juga sering disebut dengan sel photovoltaicyang memiliki arti ‘cahaya listrik.’ Sel ini bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari sehingga membuat arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan.

9. Kincir Angin
Angin bisa menjadi sumber energi alternatif yang baik untuk menggantikan bahan bakar fosil. Baling-baling dari kincir akan berputar dan bergerak ketika ada energi angin yang mendorongnya. Selain untuk pengganti bahan bakar fosil, kincir angin juga berfungsi sebagai pembangkit listrik dan membantu penyaluran air dalam imigrasi. Dalam hal pemanfaatan energi yang ramah lingkungan, kincir angin mampu menjaga kebersihan lingkungan, karena tidak menimbulkan polusi udara sama sekali, berbeda dengan bahan bakar lainnya yang dapat menyebabkan munculnya polusi udara yang berbahaya bagi lapisan atmosfer bumi.

10. Biogas
Kotoran hewan dikenal bisa menghasilkan energi biogas yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Biogas ini merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas fermentasi dari bahan-bahan organik yang tidak hanya berupa kotoran hewan, tetapi juga kotoran manusia dan limbah domestik. Karbon dioksida dan metana merupakan kandungan utama biogas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik. Biogas ini mampu menghasilkan bahan bakar sekaligus bisa mengurangi limbah buangan.

IV. Kesimpulan

            Dengan memanfaatkan teknologi hijau, kita dapat menjadikan sumber energy alternative. Sehingga tidak sampai kehilangan bahkan kehabisan. Oleh sebab itu dengan adanya teknologi hijau dapat bermanfaat oleh masyarakat.

Daftar pustaka

Ajim, Nana. 2016. Teknologi hijau di era globalisasi. https://www.mikirbae.com/2016/06/teknologi-hijau-di-era-globalisasi.html.  Dikutip pada tanggal (16 Desember 2019)
Hidayat, A A; Kholil, Muhammad. 2018 kimia dan pengetahuan industri – Penerbit Wahana Resolusi. Yogyakarta.
Inovator. 2017. 10 Teknologi ramah lingkungan. http://berinovasi.com/2017/11/15/10-teknologi-ramah-lingkungan/. Dikutip pada tanggal (16 Desember 2019)
Teknologi hijau. Microsoft power poi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.