.

Senin, 18 November 2019

Penyebab, Akibat, dan Cara Menanggulangi Pencemaran Air

Disusun Oleh : @N10-Fathan



Abstrak
Permukaan Planet Bumi meliputi dua pertiga bagian ditutupi oleh perairan dan sepertiga oleh daratan. Jumlah penduduk Planet Bumi terus meningkat, saat ini sudah melampaui tujuh miliyar jiwa, hal itu membuat kebutuhan terhadap sumberdaya air. Kualitas dan kuantitas sumberdaya perairan terus mengalami degradasi, makin banyak penduduk yang tidak memiliki akses terhadap air yang sehat. Pencemaran air terjadi di mana-mana, baik di lautan, sungai, danau, bahkan air tanah.
Pendahuluan
Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi,sehingga tidak ada kehidupan seandainya tidak ada air di bumi. Dalam jaringan hidup, air merupakan medium untuk berbagai reaksi dan prosesekskresi. Air merupakan komponen utama baik dalam tanaman maupunhewan termasuk manusia. Tubuh manusia terdiri dari 60-70% air,transportasi zat-zat makanan dalam tubuh semuanya dalam bentuk larutandengan pelarut air. Juga hara-hara dalam tanah hanya dapat diserap olehakar dalam bentuk larutannya. Oleh karena itu kehidupan ini tidakmungkin dapat dipertahankan tanpa air. Namun, air dapat menjadimalapetaka jika tersedia dalam kondisi yang tidak benar, baik kualitasmaupun kuantitas airnya. Air yang bersih sangat dibutuhkan manusia, baikuntuk keperluan 
sehari-hari, untuk keperluan industri, untuk kebersihansanitasi kota, dan sebagainya.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dalam makalah ini akan dibahas beberapa masalah sebagai berikut.
1.     Apa saja penyebab dan akibat pencemaran air?
2.     Apa saja usaha mengatasi pencemaran air bagi kehidupan manusia?

Pembahasan

Penyebab Pencemaran Air
Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya penyebab pencemaran air adalah aktivitas manusia yang menciptakan limbah (sampah) pemukiman atau limbah rumah tangga.Limbah pemukiman mengandung limbah domestik yang berupa sampah organik dan sampah anorganik serta deterjen. Sampah organik yaitu sampah yang dapat diuraikan atau dibusukkan oleh bakteri contoh: sisa sayuran, buah-buahan, dan daun-daunan.  Sampah anorganik ini tidak dapat diuraikan oleh bakteri (non biodegrable) contoh:  kertas, plastik, gelas atau kaca, kain, kayu-kayuan, logam, karet, dan kulit.Selain sampah organik dan anorganik, deterjen merupakan limbah pemukiman yang paling potensial mencemari air. Kenyatannya pada saat ini hampir semua rumah tangga menggunakan deterjen.
Penyebab lainnya juga berasal dari limbah industri. Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air antara lain: logam berat, toksin,minyak, nutrien, dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.

Akibat dari pencemaran air.
Jika air disekitar lingkungan masyarakat tercemar, dapat mengakibatka
1.      kekurangan sumberdaya air
2.      menjadi sumber penyakit
3.      terganggunya lingkungan hidup, ekosistem, dan keanekaragaman hayati

Cara Mengatasi Pencemaran Air
Usaha Mengatasi Pencemaran Air bagi Kehidupan Manusia
Banyak tindakan yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebagai cara penanggulangan pencemaran air.
1.      tidak membuang sampah atau limbah cair ke sungai, danau, laut dan lain sebagainya.
2.      tidak menggunakan sungai atau danau untuk tempat mencuci truk, mobil, dan sepeda  motor.
3.      tidak menggunakan sungai atau danau untuk wahana memandikan ternak dan sebagai tempat kakus.
4.      tidak minum air dari sungai, danau, atau sumur, tanpa dimasak dahulu.
5.      sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar.
6.      mengurangi intensitas limbah rumah tangga.
Cara penanggulangan pencemaran air lainnya adalah melakukan penanaman pohon. Pohon selain bisa mencegah longsor, diakui mampu menyerap air dalam jumlah banyak. Itu sebabnya banyak bencana banjir akibat penebangan pohon secara massal. Padahal, pohon merupakan penyerap air paling efektif dan handal.

Kesimpulan
1.      Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya penyebab pencemaran air adalah aktivitas manusia yang menciptakan limbah (sampah) pemukiman atau limbah rumah tangga. Selain itu pencemaran air juga disebabkan dari limbah industri yang dibuang sembarangan di sungai, selokan, laut, dan lain-lain. Hal itu mengakibatkan terjadinya bencana banjir, erosi, tanah longsor, dan lain-lain.
2.      Upaya penanggulangan pencemaran air dimulai dari pengertian yang baik dan perubahan dari masyarakat. Dimulai dengan tidak membuang sampah rumah tangga sembarangan di sungai sampai pada pengertian untuk mengolah sampah agar tidak mencemari air. Selain hal itu, pennggulangan pencemaran air dengan cara penanaman pohon dapat mencegah longsor dan dapat menyerap banyak air bersih.
3.      Proses pengolahan air buangan dapat mengurangi pencemaran air dari limbah rumah tangga atau limbah industri. Proses pengolahan air buangan dimulai dari penanganan primer, sekunder, tersier, dan pengolahan lumpur.

Daftar Pustaka
·        Hidayat, A A., Kholil Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi
·        Lundu Ferdy. 2018. Makalah Pencemaran Air
·        Lina Warlina. 2004. PENCEMARAN AIR:SUMBER, DAMPAK DAN PENANGGULANGANNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.