.

Senin, 18 November 2019

PENCEMARAN AIR II



Abstrak

Air merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan kehidupan manusia. Dari segi kuantitas dan kualitas semua makhluk hidup memerlukan air untuk memenuhi kebutuhannya. Air di Indonesia sangat melimpah, hal ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Akan tetapi, hal ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Aktivitas manusia berpotensi untuk menimbulkan pencemaran air, sehingga berdampak terhadap penurunan kualitas air. Bahkan berbagai aktivitas seperti penebangan pohon, pengembangan perumahan di daerah resapan air, pembuangan sampah ke sungai secara langsung akan menurunkan kualitas dan ketersediaan air.

Kata kunci: pencemaran air, penurunan kualitas air.


       I.            PENDAHULUAN

Pencemaran air terjadi setiap saat dikarenakan banyaknya aktivitas manusia dan kurangnya kesadaran manusia untuk lebih memperhatikan lingkungan sekitarnya. Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkatan. Telah dikatakan bahwa polusi air adalah penyebab terkemuka di dunia untuk kematian dan penyakit, dan tercatat atas kematian lebih dari 14.000 orang setiap harinya.

Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan zat kimia atau zat-zat pencemar lain dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum atau mengalami kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan. Fenomena alam seperti gunung berapi dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air.


    II.            PERMASALAHAN

1.      Apakah pengertian air?
2.      Apa sajakah penyebab pencemaran air?
3.      Bagaimana dampak pencemaran air terhadap makhluk hidup dan lingkungan?
4.      Bagaimana cara menanggulangi pencemaran air?


 III.            PEMBAHASAN

Kita tahu bahwa air adalah komponen penting dari kehidupan. Segala macam aktivitas manusia dan organisme hidup tak akan berlangsung tanpa air. Air merupakan suatu senyawa yang tersusun atas molekul hidrogen dan oksigen. Air digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari konsumsi, kebersihan, dan lainnya. Air juga merupakan salah satu bagi banyak habitat yang hidup diperairan. Syarat air dapat dikonsumsi ialah tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna.

            Adapun berbagai zat pencemar air, yaitu senyawa yang mencemari perairan disebabkan oleh aktivitas manusia baik dari buangan rumah tangga maupun industri:
1.      Limbah Manusia
Aktivitas rumah tangga menghasilkan limbah buangan yang masuk ke perairan. Meningkatnya jumlah penduduk membuat limbah yang dihasilkan dari aktivitas manusia ini pun juga meningkat. Dari beberapa data dapat diketahui kotoran sampah merupakan limbah pencemar air dilingkungan sekitar.
2.      Limbah Nutrisi
Pencemaran air oleh limbah nutrisi bersumber dari limbah dan sisa pemupukan yang dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan.
3.      Limbah Kimia
Kebanyakan sisa zat kimia tersebut dibuang ke badan air atau air tanah. Pestisida, deterjen, PCB, dan PCP adalah beberapa contohnya. Pestisida digunakan di pertanian. PCB, digunakan untuk alat-alat elektronik lama sebagai insulator, PCP digunakan sebagai pengawet kayu.
4.      Limbah Radioaktif
Limbah yang mengandung atau terkontaminasi radionuklida pada konsentrasi atau aktivitas yang melebihi batas yang diijinkan sehingga dapat mencemari dan membahayakan biota yang hidup di air.
5.      Limbah Minyak
Limbah minyak adalah buangan yang berasal dari hasil eksplorasi produksi minyak. Minyak yang mencemari laut dapat merusak ekosistem laut dan merugikan banyak makhluk hidup.
6.      Limbah Plastik
Sumber polutan yang paling banyak mencemari lingkungan, dampak dari pemakaiannya ternyata banyak menimbulkan masalah terhadap kehidupan manusia dan kondisi lingkungan.

Dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran air beberapa diantaranya, yaitu:
-          Kesehatan manusia
Pencemaran akibat limbah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit saluran pencernaan. Limbah radioaktif pun dapat menyebabkan penyakit kanker bagi manusia.
-          Kerusakan Ekosistem
Pencemaran air juga dapat merusak ekosistem yang berada diperairan sehingga ekosistem perairan menjadi tidak seimbang dan mengubah rantai makanan yang sudah berjalan.
-          Kematian Hewan
Tingkatan polutan yang mencemari perairan dapat mengakibatkan banyak hewan yang hidup di air maupun yang mengkonsumsinya mati sehingga mengakibatkan kepunahan pada hewan.

Pencegahan dan penanggulangan pencemaran air dapat dilakukan dengan, yaitu:
-          Tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air atau perairan.
-          Tidak menggunakan pestisida berlebihan
-          Mengolah limbah industri air dengan cara yang benar
-          Membuat peraturan tentang pencemaran air dan serta pengontrolan yang ketat
-          Mengetahui tentang dampak dari melakukan pencemaran air terhadap kehidupan


 IV.            KESIMPULAN

Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya penyebab pencemaran airadalah aktivitas manusia yang menciptakan limbah pemukiman atau limbah rumah tangga. Selain itu pencemaran air juga disebabkan dari limbah industri yang dibuang sembarangan di sungai, saluran air, laut, dan lain-lain.

Upaya penanggulangan pencemaran air dimulai dari pengertian yang baik dan perubahan dari masyarakat. Dimulai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan demikian pencemaran air dapat dicegah dan ditanggulangi dengan baik dan benar.


DAFTAR PUSTAKA

Atep Afia Hidayat, Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri
Simanull, Monang. Pencemaran Sungai di https://www.academia.edu
Las, Wolu. Pencemaran Air di https://www.academia.edu
Herlambang, Arie. 2006. Pencemaran Air dan Strategi Penanggulangannya di Peneliti Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT
Damayanti, Nina Afria. Pencemaran Air di https://www.academia.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.