.

Senin, 11 November 2019

Mempelajari Pencemaran udara


 Oleh : Oky maulana 
(@N07-Oky)

Abstrak
    Udara adalah salah satu elemen yang sangat penting sebagai penunjang semua mahluk. Bisa kalian bayangkan bagaimana jika di dunia ini tidak ada sedikit saja, maka semua akan mati karena tidak bisa bernafas. Bukan hanya itu saja peranan penting dari udara ini bukan hanya digunakan untuk manusia tapi semua mahluk hidup. Maka dari itu manusia selaku salah satu mahluk yang mempunyai akal dan pikiran harus bertanggung jawab atas kondisi kesehatan dan kebersihan udara sendiri.
Pendahuluan
    Tidak dapat di pungkiri bahwasanya udara adalah salah satu komponen penting yang harus di jaga. Hal ini karena semua makhluk hidup membutuhkannya. Namun, semakin kesini, tentu saja udara tidak lagi jernih seperti dulu. Hal ini terjadi karena ada yang di sebut dengan pencemaran udara. Padahal, udara yang tidak sehat atau tidak baik akan berdampak buruk bagi kehidupan.
Pembahasan
Pengertian
Pengertian pencemaran udara adalah suatu kondisi di mana substansi biologi, fisik, dan kimia di lapisan atmosfer bumi yang jumlahnya dapat membahayakan bagi kondisi tubuh makhluk hidup. Adapun pengertian lain yaitu peristiwa masuknya atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam lapisan udara yang dapat mengakibatkan menurunnya kualitas udara di lingkungan. Pengertian pencemaran udara menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1407 tahun 2002 mengenai Pedoman Pengendalian Dampak Pencemaran Udara, Pencemaran udara adalah penurunan mutu udara sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya diakibatkan oleh masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dari komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia.
Sumber pencemaran udara
1. Sumber alamiah
Pencemaran udara secara alamian, tentu saja di atas kewenangan manusia untuk bisa mencegahnya. Dalam hal ini pencemaran terjadi secara alami dan ada banyak faktor yang bisa menyebabkannya. Diantara faktor-faktor tersebut adalah adanya letusan gunung berapi, munculnya gas beracun kepermukaan bumi, di sebabkan oleh tanaman tertentu, dan masih banyak lagi.
2. Sumber buatan manusia
Sumber alamiah tentu saja terjadi secara alami dan tidak bisa di elakkan kedatangannya. Namun, ada juga sumber yang di sebabkan oleh perbuatan manusia sendiri. Dalam hal ini sumber buatan manusia sangatlah banyak dan sudah menjadi kebiasaan yang di anggap biasa. Oleh karena itulah sumber ini juga semakin kesini semakin sulit untuk diatasi.
Berbicara lebih jauh tentang sumber alamian pencemaran udara. Dalam hal ini diantaranya adalah seperti sumber dari aktivitas industri, dari kendaraan bermotor, asap rokok dan masih banyak lagi. Akativitas seperti ini sudah menjadi kebiasaan dan bahkan penunjang hidup untuk manusia. Karena itulah sangat sulit untuk mengatasi atau mencegahnya.
Dampak pencemaran udara
1. Gangguan kesehatan
Sebagaimana di katakan sebelumnya, udara adalah salah satu komponen terpenting dalam kehidupan makhluk hidup. Untuk bisa tetap bertahan hidup semua makhluk akan menghirupnya. Namun, jika udaranya tidak layak, tentu saja ini akan berujung pada berbagai gangguan kesehatan. Banyak orang yang terlalu sering menghirup udara kotor mengalami berbagai penyakit parah.
2. Dampak ekonomi
Mungkin masalah kesehatan menjadi dampak yang sangat mudah untuk di perkirakan. Namun, siapa sangka bahwa pencemaran ini akan berakibat pula pada masalah ekonomi. Hal ini di pengaruhi oleh produktivitas setiap orang sendiri. Ketika mereka merasa tidak nyaman karena kondisi udara dan produktivitas berkurang, maka akan menimbulkan masalah ekonomi baik pribadi maupun negara.
3. Dampak pada aktivitas pertanian
Jika manusia sangat membutuhkan udara, maka begitu juga dengan tumbuhan. Di sini tumbuhan pun memerlukan udara yang sehat untuk bisa tetap tumbuh dan berkembang. Namun, dengan tidak sehatnya kondisi udara akibat pencemaran udara, maka akan mengganggu aktivitas tumbuhan hingga pertanian. Sedangkan salah satu contohnya adalah dalam proses fotosintesis.
4. Hujan asam
Dalam pengertiannya telah di sebutkan bahwasanya pencemaran udara tidak lain adalah bercampurnya berbagai zat dengan udara. Nah, zat yang berterbangan ini nantinya tidak tahu akan di bawa kemana dan menuju awan. Namun beberapa zat yang sensitif ketika bertemu dengan air akan berubah menjadi asam. Pada akhirnya akan timbul yang namanya hujan asam.
5. Kerusakan lapisan ozon
Jika pencemaran udara terjadi terus menerus, maka tidak bisa di pungkiri jika pada akhirnya pun akan sangat berdampak pada yang namanya lapisan ozon. Apalagi mengingat banyak zat kimia berbahaya yang ikut mencemari. Padahal lapisan ozon ini sangat berguna untuk melindungi dari ganasnya sinar matahari sehingga kerusakannya akan sangat di sayangkan.
Penanggulangan pencemaran udara
1. Pendidikan cinta alam dan lingkungan
Agar pencemaran udara bisa di tanggulangi, maka semua komponen masyarakat harus ikut serta dalam prosesnya, Oleh karena itu pendidikan tentang cinta alam dan lingkungan sangat di perlukan, Terutama bagi mereka yang masih dalam proses pendidikan. Hal ini karena beberapa tahun kedepan, merekalah yang akan melindungi dan menjaga permukaan bumi ini.
2. Penguatan hukum dan peraturan
Tidak semua orang bisa tersaradarkan diri hanya lewat pendidikan saja. Kadangkala, bisa jadi takutnya seseorang adalah pada hukum dan peraturan. Oleh karena itu, adakalanya hukum tentang pencemaran udara harus di kuatkan. Hal ini sangat penting demi menjaga kesehatan lingkungan terutama udara yang setiap hari terus di butuhkan.
3. Pengawasan perusahaan industri
Dalam penyebab pencemaran udara, telah di sebutkan bahwasanya aktivitas industri sangat banyak menyebabkan pencemaran. Dalam hal ini, untuk menanggulanginya, maka harus di lakukan pengawasan yang tinggi pada setiap perusahaan industri. Dengan bagitu, plimbah udara berbaha kimia yang terlalu berlebihan bisa di hindarkan dari bumi.
4. Pengurangan bahan penghasil polutan
Ada banyak sekali bahan yang bisa menghasilkan polutan di muka bumi ini. Oleh karena itu, dalam penanggulangan pencemaran udara, bahan-bahan seperti ini harus mulai di hindari. Katakan saja contohnya seperti pembakaran sampah yang bisa menghasilkan pencemaran tinggi. Nah, aktivitas seperti inilah yang perlu di kurangi dan di atur kembali untuk menujang usaha penanggulangan.
5. Penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan
Selain mengurangi polusi, jangan lupa juga untuk memperbaiki sistem kehidupan. Saat ini setiap orang tentu saja sudah sangat akrab dengan bahan-bahan yang tdiam ramah lingkungan. Nah, pola hidup seperti inilah yang harus di perbaiki. Mulai sekarang penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan harus di tekankan karena akan sangat berharga.
Daftar Pustaka
Oktora, Bunga. 2008. FKM UI. Dalam Pencemaran udara. Sumber : http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123416-S-5436-Hubungan%20antara-Literatur.pdf
Amalia. 2019. Dalam pembahsan pencemaran udara. Sumber : http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/PL_08_-_PENCEMARAN_UDARA_2016.pdf
Anonim. 2017. Pengertian pencemaran udara. Sumber : https://lingkunganhidup.co/pencemaran-udara-pengertian-penyebab-dampak-solusi/
Anonim. 2019. Pencemaran udara. Sumber : https://thegorbalsla.com/pencemaran-udara/
Salsabila, Ana. 2019. Pencemaran udara. Sumber : https://foresteract.com/pencemaran-udara/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.