.

Rabu, 12 September 2018

PERAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA


Oleh: Rofiqoh Awaliyah ( @ProyekK01 / K28-Rofiqoh )



Abstrak Secara umum ilmu kimia adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat dan perubahan dari suatu zat. Kata kimia berasal dari alkimia, sebutan untuk serangkaian praktik pada masa-masa terdahulu yang meliputi unsur-unsur ilmu kimia, metalurgi, filsafat, astrologi, ilmu mistik, dan ilmu pengobatan.



Kata Kunci: Peran Ilmu Kimia

Ilmu kimia adalah ilmu yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Kimia dalam segala bidang yang dibagi beberapa cabang yang lebih khusus seperti kimia fisika, kimia anorganik, kimia organik, biokimia, kimia lingkungan, kimia bahan makanan dan kimia analitik. Saat ini ilmu kimia telah berkembang pesat dan berpengaruh besar dalam kehidupan manusia. Meskipun tidak setua fisika dan matematika namun pencapaian ilmu kimia sudah sedemikian rupa, sehingga turut memperbaiki peradaban dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Bagaimanakah ilmu kimia bisa mempengaruhi kehidupan manusia? Ilmu kimia mempengaruhi kehidupan manusia karena berperan dalam peradaban manusia diberbagai bidang. Diantaranya bidang pertanian, bidang kesehatan, bidang hukum, bidang biologi, bidang arkeologi, bidang geologi dan bidang industri.

Bidang Pertanian
Peranan ilmu kimia terhadap bidang pertanian sangat banyak seperti halnya dalam unsur hara, pembuatan pupuk buatan tunggal, pembuatan pupuk majemuk dan pembuatan pestisida. Pengaruh kimia terhadap pertanian membawa dampak positif sebagai contoh bahan-bahan kimia pertanian dalam pestisida, meningkatkan produksi pertanian dan membuat pertanian lebih efisien dan ekonomi.

Bidang Kesehatan
Kimia berperan dalam bidang kesehatan memudahkan para dokter untuk mendiagnosa beberapa penyakit interaksi kimia dalam tubuh manusia, seperti pada sistem pencernaan, pernafasan, ekskresi dan lainya. Tak hanya itu ilmu kimia juga berperan pada pembuatan obat-obatan, karena obat dibuat berdasarkan hasil penelitian terhadap proses dan reaksi bahan kimia yang berkhasiat terhadap suatu penyakit. Obat bius merupakan contoh yang biasa digunakan dalam operasi bedah, senyawa organik yang biasa digunakan sebagai obat bius adalah kloroform (CHCl3) dietil eter (CH3CH2OCH2CH3), etilen (C2H4).

Bidang Biologi
Tahukah kalian? Ketika kalian belajar biologi pastinya kalian mempelajari proses pencernaan makanan, metabolisme, fotosintesis dan sebagainya. Ternyata proses-proses itu merupakan bagian dari proses kimia. Artinya ilmu kimia juga berperan dalam Ilmu Biologi.

Bidang Geologi
Seperti yang kita ketahui manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan alam, seperti mineral, minyak bumi, gas, dan lainnya. Untuk menemukannya para ahli geologi harus mempelajari dasar-dasar ilmu kimia yang digunakan untuk memahami tentang benda-benda alam. Begitulah peran ilmu kimia dalam bidang geologi.



Bidang Arkeologi

Tahukah kalian bagaimana cara para arkeolog menentukan usia suatu fosil atau objek yang mereka temukan? Ya, mereka menggunakan suatu alat yang disebut radioisotop. Radioisotop adalah salah satu penerapan ilmu kimia. Radioisotop ini sangat penting karena penerapannya akan digunakan untuk menentukan usia suatu fosil.

Bidang Hukum
Peran ilmu kimia juga tidak lepas dari bidang hukum, pemeriksaan alat kriminalitas oleh tim forensik menggunakan pernerapan ilmu kimia di dalamnya, yaitu pemeriksaan DNA.



Bidang Industri

Tidak hanya itu manfaat ilmu kimia tak lepas dari kebutuhan rumah tangga, seperti perabotan rumah tangga yang terbuat dari bahan sintetis seperti wadah plastik. Atau sabun, pasta gigi dan detergen sebagai pembersih juga pakaian dan kosmetik bahkan jenis olahan makanan merupakan hasil penerapan ilmu kimia. Maka dari itu ilmu kimia penting dalam bidang industri. Yang dimana mesin dan bahan-bahannya juga dibuat dengan penerapan ilmu kimia.

Begitulah peran kimia terhadap kehidupan manusia, dapat disimpulkan bahwa peran ilmu kimia terhadap kehidupan manusia sangat penting dengan ilmu kimia manusia dapat memperbaiki peradaban dan meningkatkan kualitas hidup akan tetapi disamping itu jika disalah gunakan akan menimbulkan dampak negatif, seperti pencemaran lingkungan. Maka dari itu, jika ingin menerapkan ilmu kimia kita perlu pengetahuan yang luas dan mampu untuk me-manage penggunaan bahan kimia dengan baik dan benar juga menjaga keseimbangan lingkungan agar tidak terjadi pencemaran.

Daftar pusaka
Hidayat, Atep Afia., Muhammad Kholil. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta. Pantona Media.
Anonim. 2003. Kimia. Wikipedia https://id.m.wikipedia.org/wiki/kimia
Harmoko, Jati. 2016. Peran Kimia dalam Kehidupan dan Perkembangan IPTEK. https://materikimia.com/peran-kimia-dalam-kehidupan/
Sofia, Diana. 2001. Pengaruh Pestisida Dalam Lingkungan Pertanian. Peranan Pestisida Dalam Pertanian. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Pestisida+Dalam+Lingkungan+Pertanian&btnG
Pangestu, Dimas. 2017. Peran Kimia Organik Dibidang Kesehatan https://www.kompasiana.com/dimaspangestu/58edb794f37e614838a403cc/peran-kimia-organik-di-bidang-kesehatan

10 komentar:

  1. @K16-Syaiful

    Artikel sudah bagus daftar pustaka kurang benar

    78

    BalasHapus
  2. @K09-Nia

    Artikelnya sangat bermanfaat, bahkan juga sudah dilengkapi dengan mind mapping yg menarik. Nilai 78

    BalasHapus
  3. (@K29-Aprilia)
    Judulnya sudah cukup menarik untuk sebuah artikel. Tata tulis sudah tertata rapih.
    Namun Konten nya kurang kutipan di setiap tulisannya.Mind map nya sudah bagus dan kreatif. Nilai 75

    BalasHapus
  4. @K17-Natalia
    Artikelnya bagus dan menarik, tetapi masih ada kesalahan penulisan daftar pustaka.

    Nilai : 78

    BalasHapus
  5. @K17-Natalia
    Artikelnya bagus dan menarik, tetapi masih ada kesalahan penulisan daftar pustaka.

    Nilai : 78

    BalasHapus
  6. @K10-Dwi

    Judul:kurang menarik dan terlalu panjang

    Tata tulis:sudah lengkap dan daftar pustaka sudah lumayan

    Konten: belum memakai kutipan

    Mindmap: bagus, menarik, lambang mercu buana terlalu besar

    Nilai: 80

    BalasHapus
  7. @K03-Syaiful
    Judulnya mudah dimengerti, tata cara penulisannya baik, daftar pustakanya bagus dan sesuai,belum menggunakan kutip. Mind mapnya menarik dan mudah dimengerti
    Nilai: 76

    BalasHapus
  8. @K13-Eggy
    Judulnya baik dan menarik pembacanya, tata penulisannya juga rapi mindmapnya pun sudah baik daftar pustaka sudah cukup
    Nilai: 79

    BalasHapus
  9. @K18-Fierdian
    Menurut saya judul yg digunakan sdh spesifik terhadap suatu masalah. Terdapat kekurangan dalam Daftar Pustakanya karena tdk terdapat penulis, tdk ada kutipan penulis. Mind Mapnya sudah baik.
    Nilai : 78

    BalasHapus
  10. @k11-musela
    Judul sudah bagus,tulisan kurang rapi,konten kurang,mind map lumayan
    Nilai : 75

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.