.

Senin, 18 November 2019

Ikatan Kimia


Disusun oleh : Adrian Rahadi (N16-ADRIAN) & Satria Hotma (N19-SATRIA)

Abstrak
Dalam ilmu kimia membahas tentang ikatan kimia. Ikatan kimia merupakan ikatan yang terjadi karena adanya gaya tarik antara partikel-artikel yang berikatan. Dengan adanya ikatan kimia ini maka ada sifat-sifat kimia atau sifat dari senyawa, seperti dapat menghantarkan listrik, kepolaran, kereaktifan, bentuk molekul, warna, sifat magnet titik didih yang dapat diperbesar melalui penelitian ikatan kimia tersebut. (Syarifuddin, Nuraini.1994).
Salah satu teori ikatan kimia adalah "Ikatan Molekul". Dengan keberadaan ikatan molekul
Jadi, itu bisa menjelaskan sifat fisika atau kimia dari suatu senyawa atau ion yang terbentuk dari iakatan kimia, seperti perbedaan titik didih pada suatu komposisi dan kelarutan.
Kata kunci : ikatan kimia, ikatan ion, ikatan polar
Pendahuluan
Sistem periodik kimia adalah tampilan kimia yang tertera dalam tabel. Jumlah yang diperkirakan pada tabel sistem periodik adalah sebesar 118 belum . Jumlah yang ada di alam lebih dari 118 belum. Hal ini menyebabkan karena atom-atom dapat memilih antara satu atom dengan atom yang membentuk substansi baru yang disebut dengan senyawa. Bila doa atau lebih atom-atom berikatan dan membentuk Ikatan kimia menghasilkan senyawa yang unik yaitu memiliki sifat kimia dan sifat fisika yang berbeda dari sifat asalnya (Sifat dari unsur-unsur sebelum  bereaksi). Ada beberapa hal yang kita dapat perhatikan, yaitu terdapat banyak contoh  penerapan tidak-tidak-tidak kimia dalam seumur hidup sehari-hari. Salah satu contohnya adalah udara. Air merupakan bahan yang penting bagi kehidupan. Sebagian besar kebutuhan pokok kita menggunakan udara. Bahkan dalam tubuh, penting untuk melindungi DNA dari kerusakan, mengantarkan nutrisi ke seluruh bagian tunuh, dan menjaga keseimbangan suhu tubuh. Kita tahu air memiliki rumus gabungan H2O. Udara tersusun dari hidrogen hidrogen dan oksigen. Tanpa kita sadari bahwa kita sedang berhadapan dengan contoh aplikasi dari tidak-tidak yang berikatan, yang kemudian membuat komposisi.
Permasalahan
1. Apa yang dimaksud dengan ikatan kimia?
2. Apa sajakah jenis-jenis ikatan kimia?
3. Bagaimanaakah proses terbentuknya ikatan kimia?
Pembahasan
A.              Pengertian Ikatan Kimia
Ikatan kimia menarik gaya yang menarik antara atom-atom tertentu  bergabung membentukmolekul atau gabungan ion-ion ​​jadi keadaannya menjadsaya lebih stabil. Dua atom atau lebih dapat membentuk molekul melalui ikatan kimia. Ikatan kimia terjadi karena penggabungan atom-atom, yang menyusun molekul yang sesuai dengan aturan oktet.
B.               Jenis-Jenis Ikatan Kimia
Ikatan kimia merupakan suatu proses fisika yang bertanggung jawab dalam gaya interaksi menarik yang menarik antara atom atau molekul yang menyebabkan suatu senyawa diatomik atau poliatomik menjadi stabil. Secara umum, ikatan kimia dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu ikatan primer dan ikatan sekunder.
C.               Primer Ikatan
Ikatan primer adalah ikatan kimia dimana ikatan gata antar atomnya relatif besar. Ikatan primer ini terdiri atas ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam.
1.                Ikatan ion Ada beberapa resolusi tentang ikatan ion, yaitu:
·                  Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi karena gaya tarik-tarik ion  positif dan ion negatif.
·                  Ikatan ion terjadi antara nonlogam dengan nonlogam.
·                  Ikatan ion terjadi karena keberadaan serah terima elektron dari satu atom ke atom yang lain.
·                  Ikatan ion ini sangat stabil, khususnya bila diberikan ion bervalensi ganda.
Ciri-ciri komposisi ionik:
·                  Mempunyai titik didih dan titik leleh tinggi.
·                  Gaya tarik menarik antarpartikel sangat kuat.
·                  Tidak dapat menghantarkan listrik karena ion-ion yang berada dalam kristal sulit bergerak
Contoh Pembentukan Ikatan Ion 
Natrium tergolong tidak logam dengan energi ionisasi yang relatif rendah. Kemungkinan mudah melepaskan elektron. Di pihak lain, klorin adalah nonlogam dengan daya tarik elektron yang relatif besar. Pentingnya klorin memiliki potensi besar untuk menarik elektron. Ketika natrium direaksikan dengan klorin, klorin akan menarik elektron dan natrium. Natrium  berubah menjadi ion positif (Na+), sedangkan klorin berubah menjadi ion negatif (Cl-). Ion ion tersebut kemudian menarik-menarik karena gaya Coulomb sehingga membuat NaCl.
Rumus Kimia Senyawa Ion
Sesuai dengan aturan oktet, atom natrium akan melepaskan 1 elektron, sedangkan atom klorin akan menyerap 1 elektron. Jadi, setiap 1 atom klorin membutuhkan 1 atom natrium. Akan tetapi, tidak bisa diartikan bahwa satu ion Na+ hanya tinggal pada satu ion Cl-. Dalam kristal NaCl, setiap atom Na+ menantang oleh 6 ion Cl- dan setiap ion Cl- ditangani oleh 6 ion Na+ dalam struktur tiga dimensi kubus. Rumus kimia NaCl adalah rumus empiris, menyatakan bahwa ganti ion Na+ dan Cl- adalah 1: 1.
2.                Ikatan kovalen = homopolar
 Ikatan kovalen merupakan ikatan kimia yang terbentuk dari ikatan elektron bersama oleh atom-atom pembentuk ikatan. Ikatan kovalen biasanya dibuat dari non-non logam. Dalam ikatan kovalen, setiap elektron dalam pasangan tertarik pada atom nukleus kedua. Tarik menarik elektron inilah yang menyebabkan atom digunakan bersama. Ikatan kovalen terjadi kompilasi masing-masing atom dalam ikatan tidak dapat memenuhi persyaratan oktet, dengan penggunaan elektron bersama dalam ikatan kovalen, masing-masing atom memenuhi jumlah oktetnya. Hal ini mendapat pengecualian untuk atom H yang mengatur diri sendiri dengan mengatur atom dari yang tidak terlibat dalam ikatan kovalen disebut elektronbebas. Elektron bebas ini menentukan bentuk dan geometri molekul. Ada beberapa jenis ikatan kovalen yang semuanya tergantung pada jumlah pasangan elektron yang terlibat dalam ikatan kovalen. Ikatan tunggal merupakan ikatan kovalen yang terbentuk 1 pasangan elektron. Ikatan rangkap 2 merupakan ikatan kovalen yang terbentuk dari pasangan elektron, juga ikatan rangkap 3 yang terdiri dari 3 pasangan elektron. Ikatan rangkap memiliki ikatan panjang yang lebih pendek dari ikatan tunggal. Selain ITU Terdapat  also berm ACAM-mac am Beroperasi ik atan Koval en Lain sepe RTI Ikatan sigma, pi , delta, Dan L ain-lain.Senyawa kovalen dapat dibagi mejadi gabungan kovalen polar dan non polar.
3.                Ikatan kovalen koordinasi = semipolar
 Ikatan kovalen koordinat merupakan ikatan kimia yang diperlukan pasangan elektron bersama yang digunakan oleh atom disumbangkan oleh sala satu atom saja. Sementara itu atom yang tersisa hanya berfungsi sebagai penerima elektron berpasangan saja.
Syarat-syarat terbentuknya ikatan kovalen koordinat:
·                Salah satu atom memiliki pasangan elektron bebas
·                Atom yang lainnya memiliki orbital kosong
Susunan ikatan kovalen koordinat sepintas mirip dengan ikatan ion, namun ikatan kedua ini berbeda oleh karena berbeda keelektronegatifan yang kecil pada ikatan kovalen, koordinasi yang dihasilkan ikatan yang mirip dengan kovalen.
4.                Ikatan Logam
 Ikatan logam merupakan salah satu ciri khusus dari logam, pada ikatan logam ini, tidak hanya menjadi milik satu atau dua atom saja, ditambahkan ke milik semua atom yang ada dalam ikatan logam tersebut. Elektron-elektron dapat terdelokalisasi sehingga dapat bergerak bebas dalam awan elektron yang mengubah atom-atom logam. Akibat dari elektron yang dapat bergerak bebas ini adalah sifat logam yang dapat menghantarkan listrik dengan mudah. Ikatan logam ini hanya ditemui pada ikatan yang seluruhnya terdiri dari atom, bukan-logam saja.
Kesimpulan
Mengenai kembali dari latar belakang penulisan sampai pada pembahasan mengenai Ikatan Kimia Dan Senyawa Organik dalam kehidupan sehari–hari telah ditunjukkan penulis tentang berbagai kimia organik yang berasal dari senyawa–senyawa yang terdapat di dalam dan juga sintesi dari penelitian laboratorium. Berasal dari sekian banyak senyawa dan gugus–gugus karbon  yang ada memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari–hari tertutama dalam bidang trasportasi, kesehatan juga dalam bidang–bidang lain  yang bersangkutan dengan kebutuhan  hidup manusia.
Daftar Pustaka
Aditya, Joshua, 2012. Ikatan Kimia
Umam, Nasrul, 2011. Ilmu Kimia
Susiloatmadja, Romdhoni, 2005. Ikatan Kimia
Indriawan, 2012. Ikatan Kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.