.

Senin, 18 November 2019

Definisi Pencemaran Air

Disusun Oleh : @N10-Fathan


Abstrak

Permukaan Planet Bumi meliputi dua pertiga bagian ditutupi oleh perairan dan sepertiga oleh daratan. Jumlah penduduk Planet Bumi terus meningkat, saat ini sudah melampaui tujuh miliyar jiwa, hal itu membuat kebutuhan terhadap sumberdaya air. Kualitas dan kuantitas sumberdaya perairan terus mengalami degradasi, makin banyak penduduk yang tidak memiliki akses terhadap air yang sehat. Pencemaran air terjadi di mana-mana, baik di lautan, sungai, danau, bahkan air tanah.

Pendahuluan

Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi,sehingga tidak ada kehidupan seandainya tidak ada air di bumi. Dalam jaringan hidup, air merupakan medium untuk berbagai reaksi dan prosesekskresi. Air merupakan komponen utama baik dalam tanaman maupunhewan termasuk manusia. Tubuh manusia terdiri dari 60-70% air,transportasi zat-zat makanan dalam tubuh semuanya dalam bentuk larutandengan pelarut air. Juga hara-hara dalam tanah hanya dapat diserap olehakar dalam bentuk larutannya. Oleh karena itu kehidupan ini tidakmungkin dapat dipertahankan tanpa air. Namun, air dapat menjadimalapetaka jika tersedia dalam kondisi yang tidak benar, baik kualitasmaupun kuantitas airnya. Air yang bersih sangat dibutuhkan manusia, baikuntuk keperluan sehari-hari, untuk keperluan industri, untuk kebersihansanitasi kota, dan sebagainya.

Pembahasan

Pengertian

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautandan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia danmerupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selainmengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagaimacam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia.Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalahuntuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.
Air dikatakan tercemar jika terdapat benda-benda asing yang mengakibatkan air tersebut tidak dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya secara normal. Pencemaran air pada umumnya diakibatkan kegiatan manusia. Besar kecilnya pencemaran akan tergantung dari kualitas dan kuantitas limbah yang dibuang ke sungai, baik limbah padat maupun limbah cair.

Beragam Pencemaran Air
Sumbedaya perairan di Planet Bumi meliputi air permukaan yang meliputi lautan, danau, sungai dan sebagainya. Volume air secara keseluruhan di permukaan Planet Bumi diperkirakan mencapai 1,4 triliun kilometer kubik. Sebagian besar mengisi lautan, selain itu ada juga yang menjadi awan dan hujan, mengisi badan sungai, danau, waduk, dan kolam.
Komponen Pencemaran Air
komponen pencemaran air yang berasal dari industri, rumah tangga (pemukiman) dan pertanian dapat dikelompokkan sebagai bahan buangan:
1.      Bahan Buangan Padat
Yang dimaksud bahan buangan padat adalah adalah bahan buangan yang berbentuk padat, baik yang kasar atau yang halus, misalnya sampah. Buangan tersebut bila dibuang ke air menjadi pencemaran dan akan menimbulkan pelarutan, pengendapan ataupun pembentukan koloidal. Terjadinya endapan di dasar perairan akan sangat mengganggu kehidupan organisme dalam air, karena endapan akan menutup permukaan dasar air yang mungkin mengandung telur ikan sehingga tidak dapat menetas.
2.      Bahan Buangan Organik dan Olahan Bahan Makanan
Bahan buangan organic umumnya berupa limbah yang dapat membusuk atau terdegradasi oleh mikroorganisme, sehingga bila dibuang ke perairan akan menaikkan populasi mikroorganisme. Kadar BOD dalam hal ini akan naik. Tidak tertutup kemungkinan dengan berambahnya mikroorganisme dapat berkembang pula bakteri pathogen yang berbahaya bagi manusia.
3.      Bahan Buangan Anorganik
Bahan buangan anorganik sukar didegradasi oleh mikroorganisme, umumnya adalah logam. Apabila masuk ke perairan, maka akan terjadi peningkatan jumlah ion logam dalam air.
4.      Bahan Buangan Cairan Berminyak
Bahan buangan berminyak yang dibuang ke air lingkungan akan mengapung menutupi permukaan air. Jika bahan buangan minyak mengandung senyawa yang volatile, maka akan terjadi penguapan dan luas permukaan minyak yang menutupi permukaan air akan menyusut.
5.      Bahan Buangan Berupa Panas
Perubahan kecil pada temperatur air lingkungan bukan saja dapat menghalau ikan atau spesies lainnya, namun juga akan mempercepat proses biologis pada tumbuhan dan hewan bahkan akan menurunkan tingkat oksigen dalam air.
6.      Bahan buangan zat kimia
Bahan buangan zat kimia banyak ragamnya, tetapi dalam bahan pencemar air ini akan dikelompokkan menjadi :
a.      Sabun (deterjen, sampo dan bahan pembersih lainnya).
b.      Bahan pemberantas hama (insektisida).
c.      Zat warna kimia.
d.      Zat radioaktif.
Identifikasi Pencemaran Air
Pencemaran air terjadi setiap saat, ada yang kasat mata karena perubahan warna air sesuai dengan polutan dominan yang masuk, ada yang teridentifikasi oleh indra penciuman karena bau yang menyengat, namun ada pula yang tidak tampak dan tidak berbau.

Kesimpulan

Pada dasarnya pencemaran air memang sangat merugikan bagi semua makhluk maupun kalangan. Pencemaran berarti masuknya makhluk hidup dan zat-zat atau komponen tertentu ke dalam suatu lingkungan hidup. Akibatnya tatanan lingkungan hidup pun berubah. Pencemaran bisa menurunkan kwalitas lingkungan hidup setempat.

Daftar Pustaka :
·       Hidayat, A A., Kholil Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi
·        Lundu Ferdy. 2018. Makalah Pencemaran Air
·        Anonim. 2012. Makalah Tentang Pencemaran Air
·        Lina Warlina. 2004. PENCEMARAN AIR:SUMBER, DAMPAK DAN PENANGGULANGANNYA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.