.

Senin, 07 Oktober 2019

KESETIMBANGAN KIMIA


ABSTRAK
Menurut Purba (2007) Kesetimbangan kimia menjelaskan keadaan di mana laju reaksi maju dan reaksi balik dari suatu zat sama besar dan di mana konsentrasi reaktan (zat yang bereaksi) dan produk (zat dari hasil reaksi) tetap tidak berubah seiring berjalannya waktu. Kesetimbangan kimia juga mencakup penjelasan terjadinya proses perubahan molekul zat yang dipengaruhi oleh perubahan konsentrasi, tekanan atau volume dari molekul tersebut dan perubahan suhu.

KATA KUNCI
Kesetimbangan, suhu, tekanan, reaksi.

I.       PENDAHULUAN
Prinsip kesetibangan kimia pertama kali ditemukan oleh Berthollt sedangakn kajian ditemukan oleh Guldberg dan Waage. Mereka menunjukan bahwa reaksi kesetimbangan dapat di dedikasi dalam dua arah, dan mereka bershasil menunjukkan hubungan matematis antara konsentrasi pereaksi dan produk dalam kesetimbangan. Cepat lambatnya suatu reaksi mencapai kesetimbangan bergantung pada laju reaksi, semakin besar laju reaksi maka semakin cepat. Kesetimbangan kimia hanya dapat berlangsung dalam sistem tertutup.

II.    PEMBAHASAN
Hukum kesetimbangan reaksi kimia yaitu, ketika suatu rekasi berlangsung secara spontan, konsentrasi preaksi dan produk berubah dan energi bebas menurun secara teratur. Ketika energi bebas mencapai minimum maka sistem akan menjadi kesetimbangan.
Kesetimbangan Dinamis
Reaksi yang menuju produk dan reaski yang menuju pereaksi berlangsung secara bersamaan dengan kecepatan yang sama sehingga konsentrasi masing-masing zat tidak berubah terhadap waktu. Keadaan kesetimbangan merupakan proses revesible, sehingga sistem dapat didekati dari arah pereaksi maupun dari arah produk.
Tetapan Kesetimbangan Kimia
aA + bB cC + dD
Dengan A, B, C, D adalah pereaksi dan produk sedangkan  a, b, c, d adalah koefisien pereaksi. Quotien untuk reaksi tersebut dapat ditulis sebagai berikut. Dengan tanda kurung menyatakan konsentrasi zat yang ada dalam sistem reaksi. 


 Faktor Kesetimbangan Kimia
1.      Pengaruh Suhu
Jika suhu atau temperature suatu sistem kesetimbangan dinaikkan, maka reaksi sistem menurunkan temperatur, kesetimbangan akan bergeser ke pihak reaksi yang menyerap kalor (ke pihak reaksi endoterm). Sebaliknya jika suhu diturunkan, maka kesetimbangan akan bergeser ke pihak reaksi eksoterm.
Rumus : 


Dengan Kc dinamakan tetapan kesetimbangan. Harga Kc tetap selama suhu sistem reaksi tetap dan tidak bergantung pada konsentrasi awal pereaksi.
2.      Pengaruh Tekanan
Penambahan tekanan dengan cara memperkecil volume akan memperbesar konsentrasi semua komponen. Sesuai dengan azas Le Chatelier, maka sistem akan bereaksi dengan mengurangi tekanan. Oleh karena itu, untuk mengurangi tekanan maka reaksi kesetimbangan akan bergeser ke arah yang jumlah koefisiennya lebih kecil. 
Rumus : 

3.      Pengaruh Konsentrasi
   Berdasarkan Azas Le Chatelier, apabila konsentrasi pereaksi atau produk reaksi berubah, maka kesetimbangan akan bergeser untuk mengurangi pengaruh perubahan konsentrasi yang terjadi sampai diperoleh kesetimbangan yang baru.
Manipulasi Tetapan Kesetimbangan
1.      Penggabungan Persamaan Kesetimbangan
Jika dua atau lebih persamaan kimia yang mengandung unsur-unsur yang sama, maka tetapan kesetimbangan hasil penggabungan merupakan perkalian dari tetapan kesetimbangan yang digabungkan. Contoh :



Secara umum manipulasi ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

2.      Pembalikan Arah Reaksi Kesetimbangan
Jika penulisan persamaan reaksi dalam kesetimbangan dibalikan, maka harga tetapan kesetimbangan baru merupakan kebalikan dari tetapan semula. Contoh :

III. KESIMPULAN
Kesetimbangan kimia terjadi pada reaksi reversible. Reaksi reversible adalah reaksi yang dimana produk di reaksi dapat bereaksi balik membentuk reaktan. Kesetimbangan kimia tercapai ketika laju reaksi maju sama dengan laju reaksi balik dan konsentrasi dari reaktan-reaktan dan produk-produk tidak berubah lagi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia antara lain yaitu temperatur, tekanan,volum, dan konsentrasi.

DAFTAR PUSTAKA
Sunarya, Yayan. 2010. Kimia Dasar 1
Dewi,  L.J.E. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Reaksi Kesetimbangan Kimia. Dalam file:///C:/Users/us3r/Downloads/170-376-1-SM.pdf
Anonim. 2019. Kesetimbangan Kimia. Dalam https://www.academia.edu/32585061/KESETIMBANGAN_KIMIA
Lukum, Astin., Lukman A.R. Laliyo dan Kostiawan Sukamto. 2015. Metakognisi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Dalam file:///C:/Users/us3r/Downloads/Astin-Lukum-Metakognisi-Mahasiswa-Dalam-Pembelajaran-Kesetimbangan-Kimia.pdf
Hidayati, Nunik. 2012. Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang.Dalam http://eprints.walisongo.ac.id/978/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.