.

Senin, 07 Oktober 2019

BIOTEKNOLOGI

Nama:DICKY ABDILLAH MAULANA
Kode Peserta: @P03-DICKY






Pengertian:
Bioteknologi, mempelajari pemanfaat mahluk hidup seperti bakteri, fungi virus dan sebagainya maupun produk dari mahluk hidup tersebut (enzim dan sebagainya) dalam proses produksi untuk menghasilkan produk tertentu. Bioteknologi merupakan terapan dari biologi dan biokimia yang melibatkan pembuatan dan modifikasi bahan genetika atau organisme untuk kepentingan tertentu. Selain didasari biologi dan biokimia yang melibatkan pembuatan dan modifikasi bahan genetika atau organisme untuk kepentingan tertentu. Selain di dasari biologi dan kimia saat ini bioteknologi sudah menerapkan berbagai ilmu seperti komputer, matematika, genetika, mikrobilogi, biologi molekuler dan biokimia.


Jenis Jenis Bioteknologi:
Jenis jenis bioteknologi sendiri bermula dari bidang ilmu biologi. dalam kehidupan sehari hari kita mungkin sudah tak asing lagi jika mendengar sebuah kata bioteknologi. Namun, tidak banyak yang tau tentang bioteknologi itu, apakah yang dimaksud bioteknologi itu? Bioteknologi sendiri mempunyai pengertian yakni penerapan pada prinsip prinsip di bidang ilmu seperti biologi, biokimia, dan juga rekayasa dalam proses melakukan suatu pengolahan bahan bahan dengan cara memanfaatkan berbagai jasad hidup maupun komponen komponennya dalam rangka untuk menciptakan antara lain barang dan juga jasa.
Pada umumnya, bioteknologi terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Bioteknologi Konvensional
Dalam bioteknologi konvensional memakai beberapa bidang dalam ilmu dari penerapan-penerapan ilmu biologi, biokimia, dan suatu rekayasa yang masih terbatas. Pada bioteknologi jenis konvensional prosesnya belum memakai suatu teknik rekayasa molekul yang mempunyai tingkatan rumit, terstruktur dan terarah. meskipun memakai sesuatu teknik rekayasa molekul, masa rekayasa yang terpakai tersebut pasti belum semuanya dapat dikendalikan dengan baik. Bioteknologi konvensional juga memakai jasad hidup yang ada di sekita.

2. Bioteknologi Modern
jika pada bioteknologi modern sudah memakai suatu teknik rekayasa dengan tingkatan rumit, terstruktur dan terarah sehingga hasil akhirnya bisa dilakukan pengandalian dengan baik. Teknik yang saat ini digunakan ialah melakukan suatu proses manipulasi genetik dengan menggunakan jasad hidup yang terstruktur dan terarah dan hasilnya akan sesuai dengan keinginan. Dalam proses perkembangan bioteknologi modern selalu menggunakan struktur dari DNA.

Manfaat Bioteknologi:
Bioteknologi mempunyai banyak manfaat untuk kehidupnan manusia, apa lagi sekarang bioteknologi semakin berkembang, alat alat untuk membantu perkembangan bioteknologi juga semakin banyak salah satu contohnya adalah mikroskop yang dipakai untuk melihat organisme-organisme kecil yang tidak bisa dilihat kasat mata. Manfaat Dari Bioteknologi adalah:
1. Menghasilkan Obat
Bioteknologi bisa menghasilkan obat yang lebih murah serta efektif misalnya seperti pembuatan hormon insulin yang berasal dari gen bakteri E.
2. Menghasilkan Antibiotik
Bisa menghasilkan antibiotik untuk mambunuh beragam banyak penyakit yang berbahaya. Ketika ini sudah banyak sekali anti biotik yang ada di apotik-apotik yang hargnya murah serta efektif untuk pengobatan.
3. Mengurangi Pencemaran Lingkungan
Bioteknologi juga bisa membantu mengurangi pencemaran, misalnya : ada beberapa bakeri yang bisa mambantu daur ulang untuk manghancurkan sampah sampah organik dan juga mengurangi dampak tumpahan minyak yang tercecer di laut.
4. Meningkatkan Hasil produksi Pertanian Dari Tanaman Transgenic
Tanaman transgenic mempunyai daya tahan yang cukup baik terhadap berbagai kondisi lingkungan ekstrim dan tak mudah terserang hama.
 
Daftar Pustaka:
lingkungan ekstrim dan tak mudah terserang hama.

Hidayat.A.A, KholilMuhamad (Kimia dan pengatahuan lingkungan industri).
https://id.wikipedia.org/wiki/Bioteknologi 
https://www.quipper.com/id/blog/mapel/biologi /pengertian-bioteknologi/ 
https://dosenbiologi.com/bioteknologi/jenis-jenis-bioteknologi 
http://edukasi.handy.co.id/pengertian/pengertian-bioteknologi/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.