.

Senin, 16 September 2019

Polimer


ABSTAK:
Pengetahuanyang dimiliki manusia terus-menerus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Pada zaman purbakala material yang pertama kali adalah batu, pada abad pertengahan manusia mulai mengenal besi dan perunggu,Pada perkembangan manusia modern mulai beralih dari logam dan mulai mengembangkan material baru yaitu plastik penggunaan plastik,dan polimer pada umumnya,di berbagai kehidupan manusia modern telah begitu luas dan aplikasi terus meningkat secara eksponensial.tidak terlalu berlebihan apabila kita katakan masa sekarang sebagai abad polimer

Kata kunci: polimer

I PENDAHULUAN:
Polimer adalah makromolekul yang terdiri dari susunan berulang ratusan bahkan ribuan monomer. Oleh karena itu polimer mempunyai massa molekul relatif sangat besar. Tanpa disadari polimer sangat akrab dalam kehidupan kita sehari, karena bahan bahan dan perlengkapan yang kita gunakan seperti plastik, botol, pakaian, peralatan rumah tangga dan lain-lain ternyata terbuat dari polimer.
II PEMBAHASAN:

Jenis -jenis
 Polimer dapat dibagi menjadi dua macam ialah jenis plimer yang berasal dari alam dan polimer buatan (sintetik). Polimer yang berasal dari alam yang telah dikenal dan dimanfaatkan antara lain sutra, kapas,kayu, wol, getah dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan polimer sintetik antara lain nilon, tekstil poliester,styrofoam, botol susu bayi dari plastik polietilena, ban mobil dari karet dan lain-lain.

MANFAAT
POLIMER PLASTIK
·         Polipropilena
Merupakan gabungan molekul-molekul propena. Mirip sifatnya dengan  polietena namun lebih kuat. Polipropilena banyak digunakan untuk membuat tali, botol, karung, dan sebagainya.
·         Polivinilklorida(PVC)
Sobat hitung pernah dengan pipa PVC yang biasanya untuk membuat saluran air? Pipa itu terbuat dari Polivinilklorida. Manfaat polimer untuk membuat pipa, pelapis lantai, dan tongkat.
·         Teflon(PTFE)
Politetrafluoroetena (PTFE) atau teflon terutama digunakan untuk pelapis alat-alat memasak. Teflon bersifat ulet, kenyal, tahan zat kimia, tak mudah terbakar, isolator listrik dan panas yang baik, tak mudah lengket dan menempel. Dengan ada teflon di alat/panci masak untuk menggoreng sangat memudahkan kita memasak dan mencucinya. Banyak ibu-ibu pasti merasakan manfaat polimer satu ini.
·         Polivinil Asetat (PVC)
sebagai bahan pengemulsi cat.
·         Polistirena
Polistirena merupakan gabungan dari stirena. Manfaat polimer ini sebagai pembungkus makanan dan minuman (gelas plastik)
·         PolimetilMetakrilat(PMMA)
bentuknya plastik bening. Strukturnya keras namun ringan sehingga banyak dimanfaatkan sebagai pengganti gelas dan kaca pesawat terbang.

Polimer Karet
a. Karet Alam
Karet alam terdiri dari rangkaian isoprena yang berasal dari alam. Sobat tahu ban mobil? Manfaat polimer ini terbesar adalah sebagai ban kendaraan. Karet yang awalnya lunak akan menjadi keras setelah di vulkanisir dengan menambahkan sedikit belerang.
b. Karet Sintesis
·         sebagainya
·         Karet Nitril : manfaat polimer ini mirip seperti Neoprena
·         Styrena Butadiena Rubber (SBR) : kalau yang alami kita punya karet alam kalau yang sintesis kita punya SBR. Manfaat polimer ini sebagai bahan ban motor.

3  Serat Sintesis

a. Nilon 66
Merupakan polimer dari heksa metilen diamina dan asam adipat. Disebut nilon 66 karena baik heksa metilen diamina dan asam adipat masing-masing mempunyai 6 atom karbon. Karena sifatnya ulet, melar, dan kuat maka banyak digunakan untuk bahan membuat tali, jala, parasit, tenda, dan sebagainya.
b. Orlon (Poliakrilonitril)
manfaat plomer  sebagai bahan karpet dan pakaian.
c. Dacron (Ploetilentreftalat)
Dacron banyak digunakan sebagai kemasan minuman dengan kualitas yang baik.
Aplikasi
1. Dalam bidang kedokteran: banyak diciptakan alat-alat kesehatan seperti:
termometer, botol infus, selang infus, jantung buatan dan alat transfusi darah.
2. dalam bidang pertanian: dengan adanya mekanisme pertanian
3. dalam bidang teknik : diciptakan alat-alat ringan seperti peralatan pesawat
4. dalam bidang otomotif : dibuat alat-alat perlengkapan mobil
DAFTAR PUSTAKA
Ipul, Guru. 2019, Pengertian dan jenis polimer, sumber : https://rumus.co.id/polimer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.