.

Senin, 05 Desember 2016

Mesosfer!!



By : Rona Tasya Oktaviani
        41616010023

Pengertian Mesosfer
Mesosfer terletak di atas stratosfer pada ketinggian 50 – 70 km. Suhu di lapisan ini akan menurun seiring dengan meningkatnya ketinggian. Suhunya mula-mula naik, tetapi kemudian turun dan mencapai -72°C di ketinggian 75 km.
Suhu terendah terukur pada ketinggian antara 80 – 100 km yang merupakan batas dengan lapisan atmosfer berikutnya, yakni lapisan mesosfer.  Daerah transisi antara lapisan mesosfer dan termosfer disebut mesopouse dengan suhu terendah – 110° C.
Mesosfer berasal dari kata Yunani Mesos = tengah dan Sphaira = bola adalah lapisan atmosfer bumi yang langsung di atas stratosfer dan langsung di bawah termosfer. Dalam suhu mesosfer menurun dengan ketinggian meningkat.
Batas atas mesosfer adalah mesopause, yang dapat menjadi tempat alami terdingin di Bumi dengan suhu di bawah 130 K. batas yang tepat atas dan bawah dari mesosfer bervariasi dengan lintang dan dengan musim, tetapi batas bawah dari mesosfer adalah biasanya terletak pada ketinggian sekitar 50 km di atas permukaan bumi dan mesopause biasanya pada ketinggian 100 km dekat, kecuali di lintang menengah dan tinggi di musim panas di mana ia turun ke ketinggian sekitar 85 km.
Bagian stratosfer, mesosfer dan termosfer terendah secara kolektif disebut sebagai “suasana tengah”, yang membentang dari ketinggian sekitar 10 sampai 100 km. Mesopause, di ketinggian 80-90 km (50-56 mil), mesosfer memisahkan dari lapisan termosfer-kedua-terluar atmosfer bumi.
Ini juga sekitar ketinggian yang sama dengan turbopause, yang di bawah spesies kimia yang berbeda baik dicampur karena pusaran turbulen. Di atas tingkat ini suasana menjadi non-seragam; ketinggian skala spesies kimia yang berbeda berbeda dengan massa molekul mereka.

Ciri- ciri Lapisan Mesosfer
Sama halnya dengan lapisan- lapisan atmosfer yang lainnya, lapisan mesosfer mempunyai karakteristik atau ciri- ciri khusus yang membedakannya dengan lapisan- lapisan lainnya. Beberapa ciri atau karakteristik dari mesosfer antara lain adalah:
  1. Berada di ketinggian antara 60 hingga 80 kilometer.
  2. Mempunyai suhu sekitar -50 hingga -70 derajat celcius
  3. Terdapat suatu lapisan yang dinamakan lapisan mesopause yang terletak di antara lapisan mesosfer dan lapisan termosfer
  4. Lapisan ini merupakan lapisan yang berfungsi melindungi Bumi dari jatuhan atau hantaman benda- benda langit lainnya yang jatuh ke Bumi.
  5. Mempunyai ketebalan sekitar 45 hingga 75 kilometer.
  6. Semakin ke atas maka suhu akan semakin rendah.
  7. Merupakan lapisan yang melindungi Bumi dari jatuhnya benda- benda langit. Benda langit yang jatuh akan terbakar di lapisan ini dan akan berubah menjadi meteor. Meteor tersebut akan terbakan dan hancur di lapisan ini dan berubah menjadi kepingan- kepingan yang disebut dengan meteorit. Meteorit tersebut akan habis sebelum mencapai permukaan Bumi.
Itulah ciri- ciri atau karakteristik khusus yang dimiliki oleh lapisan mesosfer. Ciri- ciri lapisan ini menandakan sifat karakteristik yang dimiliki oleh lapisan ini yang berbeda dengan lapisan lainnya.


Suhu di Lapisan Mesosfer

Berbicara mengenai suhu udara, terkadang kita merasakan suhu dipermukaan Bumi yang ada di dataran rendah dan juga suhu di dataran tinggi berbeda- beda. Namun ternyata tidak hanya di permukaan bumi saja namun juga di atas bumi itu sendiri. Di atmosfer bumi yang mengandung banyak lapisan ini kita akan menemukan suhu yang berbeda- beda. Keadaan suhu di lapisan mesosfer dengan lapisan- lapisan lainnya ini berbeda- beda.
Lapisan mesosfer sendiri merupakan lapisan yang mempunyai suhu rata- rata sekitar minus 50 derajat celcius hingga minus 70 derajat celsius. Salah satu penanda dari lapisan mesosfer ini adalah terjadinya penurunan suhu atau temperatur sebesar rata- rata 0.4 derajat celcius tiap kali naik dengan jarak 100 meter. Terjadinya penurunan suhu ini disebabkan karena lapisan mesosfer ini memiliki kesetimbangan radioaktif yang bersifat negatif. Di dalam lapisan mesosfer ini kita dapat menjumpai suhu terendah dari lapisan ini mencapai minus 80 derajat celcius. Sushu terendah itu akan terasa di badan lapisan mesosfer. Kemudian apabila kita mengamati di puncak lapisan mesosfer maka akan kita dapati suhu yang lebih rendah lagi. Puncak lapisan mesosfer ini disebut dengan mesopause. Mesopause ini merupakan lapisan batas antara mesosfer dengan lapisan termosfer (lapisan yang berada di atasnya). Di puncak lapisan mesosfer ini akan bisa kita dapati suhu terendah mencapai minus 100 derajat celcius.
Fungsi Lapisan Mesosfer
Lapisan Mesosfer merupakan lapisan yang ada di tengah- tengah dari semua lapisan atmosfer bumi. Lapisan mesosfer ini akan sama dengan semua lapisan- lapisan atmosfer lainnya, yakni mempunyai fungsi khusus atau fungsi tersendiri. Fungsi dari lapisan mesosfer ini tentu saja merupakan fungsi yang akan sangat bermanfaat bagi bumi , ruang publik untuk kehidupan dan juga kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya yang ada di bumi.
Setidaknya ada beberapa fungsi atau manfaat dari lapisan mesosfer bagi bumi dan seisinya, baik yang akan kita rasakan langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya. Beberapa fungsi lapisan mesosfer ini antara lain:
  1. Sebagai lapisan yang melindungi bumi dari jatuhnya benda-benda langit
Fungsi yang pertama dan yang paling dirasakan dari lapisan mesosfer ini adalah sebagai penghalau dari benda- benda langit yang jatuh dan akan menimpa bumi. Perlu kita ketahui bersama bahwa di langit terdapat banyak benda- benda langit pada sistem tata surya. Benda- benda langit tersebut seringkali berjatuhan. Benda- benda langit yang berjatuhan ini disebut dengan meteor. Ketika benda langit ini jatuh dan akan menghantam bumi, akan menjadi sesuatu yang sangat berbahaya apabila tidak dihalang- halangi dengan pelindung. Akibat ynag paling buruk bumi akan bisa terbakar atau bahkan terjadi ledakan. Maka dari itu perlu adanya pelindung untuk bumi dari jatuhnya benda- benda langit tersebut agar tidak secara langsung menyerang bumi.
Ketika ada meteor yang jatuh ke bumi, ini nanti akan melewati lapisan atmosfer bumi terlebih dahulu. Dan meteor itu tadi otomatis akan melewati lapisan mesosfer. Di lapisan mesosfer ini meteor yang jatuh tadi akan dibakar oleh lapisan mesosfer ini atau akan diuapkan. Hal ini bisa terjadi karena di lapisan mesosfer ini terdapat udara yang bertekanan tinggi, sehingga ketika ada benda- benda langit yang jatuh dan masuk ke bumi akan otomatis bergesean dan terbakar di lapisan ini. Hal inilah yang menyebabkan meteor tidak sampai jatuh ke bumi dan yang terlihat hanyalah menyerupai bintang jatuh yang memiliki ekor panjang. Namun apabila kita pernah mendengar berita tentang jatuhnya meteor di bumi dan bisa masuk hingga ke permukaan bumi. Ini terjadi karena meteor tersebut mempunyai ukuran yang sangat besar, sehingga pembakaran yang dilakukan lapisan mesosfer saja tidak cukup dan kemuadian bisa sampai menembus dan masuk ke permukaan bumi.
  1. Sebagai lapisan penghantar gelombang
Selain berfungsi sebagia penghalau dari jatuhnya benda- benda langit yang bisa saja masuk ke bumi, lapisan mesosfer ini juga memiliki fungsi yang lain. Fungsi yang lain dari lapisan mesosfer ini adalah sebagai penghantar dari gelombang elektromagnetik. Lapisan mesosfer bisa memiliki fungsi semacam ini karena di dalam lapisan mesosfer sendiri terdapat beberapa atom yang terionisasi sehingga akan bisa memantulkan gelombang elektromagnetik yang sangat berguna bagi manusia. gemolbang elektromegnetik ini mempunyai banyak sekali fungsi bagi  manusia, diantaranya untuk menghidupkan sinyal radio, televisi, dan juga telefon. Karena kemampuan memancarkan gelombang elektromagnetik inilah lapisan ini seringkali disebut dengan bagian unsur- unsur geosfer.
Itulah beberapa fungsi atau manfaat yang akan diperoleh dari lapisan mesosfer ini. Lapisan mesosfer ini sungguh mempunyai manfaat besar untuk kehidupan manusia. Bayangkan jika tidak ada lapisan mesosfer ini, mungkin saja kehidupan di bumi tidak akan bertahan lama atau bahkan tidak akan ada kehidupan di bumi karena saking banyaknya benda langit yang jatuh menimpa bumi. Selain itu, karena adanya lapisan mesosfer ini maka manusia bisa membuat teknologi yang canggih untuk komunikasi seperti radio, televisi, hingga telepon.
  1. Manfaat lapisan Mesosfer
Lapisan mesosfer merupakan lapisan ketiga. Kondisi udara di lapisan mesosfer mengalami pergeseran yang menghasilkan suhu yang panas. Hal ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia bumi, dimana suhu panas tersebut dapat mencegah meteor yang jatuh ke bumi. Karena suhu yang tinggi, meteor terbakar pada lapisan ini sebelum berhasil sampai ke permukaan bumi. Kalaupun ada meteor yang berhasil menerobos masuk ke permukaan bumi, itu artinya meteori tersebut pada mulanya memang sangatlah besar dan memiliki kecepatan yang tinggi.

Bahaya Kerusakan Lapisan Ozon

Lapisan ozon  yang mengalami kerusakan karena adanya CFC (Cloro Fluro Carbon) yaitu gas yang biasa digunakan untuk bahan pendingin, AC, kulkas dan hairspray. CFC akan menguraikan ozon (O3) menjadi O2 dan O, sehingga menyebabkan ozon berkurang dan membuat lubang ozon. Rusaknya ozon ini mengakibatkan suhu bumi meningkat dan terjadi gangguan iklim.
Ozon(O3) adalah salah satu dari gas-gas yang membentuk atmosfer. Lapisan ozon terdapat di kulit bumi bagian Stratosfer. Lapisan ozon merupakan penghalang bagi sinar ultra violet yang dipancarkan matahari. Jadi apa yang akan terjadi seandainya lapisan ozon ini semakin menipis?  Tentu saja banyak hal-hal berbahaya yang akan terjadi.
Beberapa diantaranya adalah:
  1. Naiknya permukaan air laut, akibat dari mencairnya gunung-gunung es di kutub utara. Lambat laun daratan akan diliputi air dan tenggelam.
  2. Menipisnya jumlah fitoplankton di laut, yang merupakan basis rantai makanan. Hal ini berbahaya bagi kelangsungan biota laut dan kehidupan makhluk hidup.
  3. Sinar ultra violet yang masuk ke permukaan bumi, bisa menyebabkan berbagai penyakit. Seperti timbulnya penyakit kanker kulit, katarak dan penurunan daya tahan tubuh.
  4. Sinar ultra violet juga dapat mengurangi hasil panen, karena tanaman menjadi rusak.

Daftar Pustaka :

Anonim. 2015. Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan di Bumi. (

Anonim. 2016. Lapisan Mesosfer : Pengertian, Ciri-ciri, Suhu dan Fungsi

Anonim. 2016. Ciri Ciri Lapisan Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, Eksosfer. (http://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/ciri-ciri-lapisan-troposfer-stratosfer-mesosfer-termosfer-eksosfer )



26 komentar:

  1. @A10-LUKMAN

    Poin 3

    Mind map sudah jelas ditambah dengan artikel yang sangat memperjelas mind mapnya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. @A09-RIZKY

    Poin 3

    gambar mindmaps nya sangat menarik

    BalasHapus
  4. @A38-farida

    Poin : 3

    Artikel nya cukup menarik

    BalasHapus
  5. @A06-ANUGGRAH

    POIN 3

    mind map yang bagus

    BalasHapus
  6. @A05-RAMADHON

    POIN 3

    Artikel dan mindmapnya sangat mudah dimengerti

    BalasHapus
  7. @A29-Fauzi

    Point 3

    Bagus mind mapnya

    BalasHapus
  8. @A08 -Aini
    Poin 3
    Alhamdulillah Artikel yang cukup bermanfaat

    BalasHapus
  9. @A12-ZARICA

    Poin 3

    Jadi tau kalo di mesosfer dingin

    BalasHapus
  10. @A11-DINDA

    POINT 3

    Artikelnya sudah sangat lengkap.

    BalasHapus
  11. @A16-SITI

    OIN 3

    Artikelnya sangat menarik

    BalasHapus
  12. @A28-ZAKI

    POIN 3

    jadi tau banyak tentang mesosphere

    BalasHapus
  13. @A21-SYAFIQ

    POIN 3

    Sangat lengkap artikel nya

    BalasHapus
  14. @A37-ANDIKA
    PONT:3
    ( BAGUS PENULISANNYA )

    BalasHapus
  15. @A32-VARATRI

    poin 3

    artikel dan mindmap sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  16. @A25-PUTRI

    POIN 3

    Artikel yang dibuat semakin mempermudah memahami mindmapnya

    BalasHapus
  17. @A15-RANIYAH

    POIN 3

    apa manfaat mesosfer dalam kehidupan sehari hari selain mencegah meteor jatuh ke bumi? artikelnya sudah sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut pemahaman saya hanya itu, karena dilapisan mesosfer itu suhu udara sangat panas yang memberikan manfaat bagi kehidupan kita di bumi karena dapat membakar meteor ketika ingin jatuh ke bumi.

      Hapus
  18. @A24-TANIA

    Poin 3

    size daftar pustakanya terlalu besar

    BalasHapus
  19. @A19-Hariadi

    Poin 3

    Artikel dan mind map sama sama bagus, jadi mudah untuk dipelajari

    BalasHapus
  20. @A03-KHARISMA

    Poin 3

    sudah cukup jelas

    BalasHapus
  21. @A17-DHICO

    Poin 3

    Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat. Tapi keterangan pada mindmap terlalu banyak.

    BalasHapus
  22. @40-IBRAHIM

    POIN 3

    Cukup baik
    Terimakasih ronatasya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.