.

Sabtu, 24 Agustus 2019

PENTINGNYA PENERAPAN TEKNOLOGI HIJAU

Oleh: Fitri Dwi Augustine

Terjadinya perubahan iklim, bencana alam, dan berbagai pencemaran saat ini merupakan bentuk-bentuk dari kurangnya kesadaran diri kita terhadap lingkungan yang sehat dan hijau. Oleh karena itu, wujudnya bidang baru yaitu teknologi hijau diyakini boleh menjadi satu landasan kepada kelestarian alam sekitar. 


Lalu, apa itu tekologi hijau? 
Teknologi hijau merupakan pembangunan dan aplikasi produk, peralatan serta sistem untuk memelihara alam sekitar dan alam semula jadi. Menurut Atep (2013), Teknologi hijau menyangkut penggunaan metode dan bahan untuk menghasilkan produk dan energi yang bersih dan ramah lingkungan. 

Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Menurut Hidaya dan Kholil (2018), Teknologi hijau (green technology) adalah pengembangan dan penerapan produk, peralatan dan sistem yang digunakan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya, yang meminimalkan dan mengurangi dampak negatif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan


Konsep Teknologi Hijau
Perkembangan teknologi hijau semakin pesat, antara lain dengan mengacu pada beberapa konsep yang menjadi tujuan aplikasinya:
  1. Konsep keberlanjutan, dimana kebutuhan masyarakat secara terus-menerus dapat dipenuhi tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam.
  2. Konsep daur ulang, dimana dalam proses produksi maufaktur dirancang sedemikian rupa agar dapat dilakukan daur ulang atau digunakan kembali.
  3. Konsep pengurangan limbah dan polusi, dimana pola produksi menghasilkan seminimal mungkin limbah dan polusi
  4. Konsep inovasi, dalam hal selalu berupaya mengembangkan teknologi alternatif.
  5. Konsep viabilitas, intinya ialah bagaimana kegiatan produksi dan konsumsi ramah lingkungan senantiasa terpelihara keberadaannya.
  6. Konsep Edukasi, upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat secara keseluruhan melalui pendidikan dan pelatihan.
Prinsip Teknologi Hijau 
Adapun prinsip utama teknologi hijau melalui tiga aspek, yaitu:
  1. Kenyamanan sosial, hakikat dari pengembangan dan penerapan teknologi antara lain untuk menumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Ekonomis, penerapan teknologi hijau sedapat mungkin harus rendah biaya dengan nilai manfaat yang seoptimal mungkin.
  3. Ramah lingkungan, teknologi hijau merupakan teknologi bersih dan ramah lingkungan.
Ruang Lingkup Teknologi Hijau
Teknologi Hijau tak lain merupakan gaya hidup yang mengarahkan peradaban manusia untuk lebih bersahabat dengan lingkungan, antara lain melalui pemanfaatan sumber daya alam secara efektif dan efisien. Teknologi hijau memiliki cakupan yang sangat luas, berikut ini merupakan ruang lingkup yang terdiri dari beberapa subyek yang paling banyak dibahas, antara lain:
  1. Energi hijau, pengembangan bahan bakar alternatif serta dikembangkannya cara baru untuk menghasilkan energi, termasuk efisiensi energi.
  2. Bangunan hijau (green building), dikenal juga sebagai bangunan yang ramah lingkungan atau bangunan berkelanjutan, ada keterkaitan erat dengan arsitek hijau, konstruksi hijau desain berkelanjutan dan bangunan alami.
  3. Kimia hijau (green chemistry), desain dan aplikasi proses dan produk kimia semaksimal mungkin menghilangkan penggunaan bahan berbahaya beracun beserta turunannya.

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Atep Afia. 2013. Artikel : Mengenal Teknologi Hijau. Jakarta http://www.kangatepafia.com/2013/10/mengenal-teknologi-hijau.html

Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan pengetahuan Lingkungan Industri. Penerbit WR. Yogyakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.