.

Sabtu, 31 Agustus 2019

PENERAPAN GREENTECH (TEKNOLOGI HIJAU) UNTUK MASA DEPAN LEBIH BAIK


Rexa Ramadhan
Jurusan Teknik Industri Fakultan Teknik UMB
@L05 – Rexa

ABSTRAK
Saat ini perkembangan teknologi dan informasi sangatlah pesat, banyak didirikan pabrik-pabrik, perkantoran, dan Gedung-gedung guna memenuhi kebutuhan umat manusia yang semakin meningkat. Namun dampak negative yang disebabkan oleh perkembangan itu ialah banyak nya aktifitas industry dan perkantoran yang memakan banyak energi dan menghasilkan limbah.
Kesadaran akan perlunya teknologi yang lebih ramah lingkungan makin meluas. Teknologi yang boros energi terutama sumber energi fosil, kalua tetap dipertahankan berpotensi besar mengancam kerusakan permanen kondisi planet bumi, sekaligus membahayakan kehidupan umat manusia.
Saat ini telah hadir yang Namanya Greentech atau yang dikenal dengan teknologi hijau. Yakni bertujuan untuk mengurangi dampak-dampak negative yang dihasilkan oleh aktifitas industry dan perkantoran, dan juga untuk menjaga iklim dunia dengan cara mendirikan green building, mengoptimalkan aktifitas industry, mengolah limbah dengan teknologi supaya tidak memberikan dampak negative bagi lingkungan, dll.
Kata Kunci: Greentech, Iklim, Teknologi, Limbah, Energi.
PERMASALAHAN
Saat ini telah kita rasakan bersama kondisi bumi yang semakin panas karena disebabkan oleh global warming. Hal ini disebabkan oleh aktifitas manusia yang semakin berkembang dan juga memiliki kebutuhan yang semakin meningkat. Dengan begitu kebutuhan energi dan bahan bakar pun semakin meningkat. Namun pengolahan energi dan bahan bakar masih banyak yang menggunakan metode lama dan belum beralih ke metode Greentech. Yang menyebabkan banyak nya pencemaran udara, air, dan tanah yang disebabkan oleh industry.
PEMBAHASAN
Teknologi pelestarian sumber air (Bio-park) merupakan salah satu teknologi hijau yang digunakan untuk memperbaiki kualitas sumber-seumber air yang tercemar seperti air saluran, sungai dan danau. Proses reduksi bahan-bahan pencemar dalam bio-park terjadi melalui siklus rantai makanan dalam ekosistem akuatik dan ekoteknologi. Di Jepang, teknologi bio-park diterapkan untuk memperbaiki kualitas air danau. (Top Ecology, 2008)
 Teknologi bio-park merupakan upaya adaptasi dan mitigasi dampak pemanasan global yang karakteristik sbb:
1.       Menanam vegetasi.
2.       Memperbaiki kualitas air yang tercemar secara efisien tanpa bahan kimia.
3.       Memanfaatkan lumpur sebagai pupuk organic.
4.       Tidak menghasilkan libah kimiawi.
5.       Bio-park adalah “Zero Emission System”

PENUTUP
Kesimpulan
Perubahan iklim yang diakibatkan pemanasan global telah dirasakan dampaknya dalam kehidupan manusia. Apabila tidak dilakukan upaya pencegahan, dampak pemanasan global di masa yang akan dating merupakan ancaman yang sangat serius bagi kehidupan semua makhluk di bumi.
Saran
Perlu adanya upaya pemerintah dan masyarakat untuk mengkampanyekan penggunaan teknologi hijau secara luas.

DAFTAR PUSTAKA
Top Ecology, 2008, Product & Service Bio-park (Internet).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.