.

Selasa, 18 Desember 2018

INOVASI INDUSTRI HIJAU

Dibuat oleh : @J02-Rizky, @ProyekJ11

KATA KUNCI: Inovasi Industri Hijau
Bagaimana langkah industrialisasi merupakan jurus ampuh untuk mempercepat pertumbuhan ekomi. Tak dapat dipungkiri bahwa insensif ekonomi dab dampak eksternal sektor industri lebih besar dibanding pertanian. Selain itu, tingkat produktivitas dan efisiensi sektor industri lebih tinggi dan menyerap tenaga lebih banyak (Hidayat, 2013).

Indonesia masih memerlukan inovasi di sektor industri dalam upaya pengelolaan lingkungan hijau. Maka itu, pelaku industri dituntut untuk berusaha secara aktif dan bijak dalam menggunakan sumber daya dan teknologi yang ramah lingkungan sehingga menciptakan efektivitas dan efisiensi bagi keberlanjutan usahanya.Sedangkan, Kementerian Perindustrian sebagai pembina industri nasional, berkomitmen memacu para pelaku industri untuk terus mengembangkan inovasi yang mendorong peran perusahaan melakukan perbaikan lingkungan yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat (Airlangga 2016).

Eko-efesiensi akan terus bergulir jika mendapat dukungan masyarakat internasional. Baik eko-inovasi maupun eko-efesiensi penerapanya akan menyebabkan penggunaan sumber daya dan energi menjadi lebih hemat, sehingga industri hijau dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Inovasi teknologi perlu terus mengalami pemutakhiran, sehingga persaingan induatri semakin mengarah pada trwujudnya jaringan industri hijau (Gray dkk. 2011).

Industri yang dalam proses produksinya mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberi manfaat bagi masyarakat ” (UU No. 3/2014 tentang Perindustrian (sopandi 2017).

Peran bioteknologi dalam pembangunan di bidang pangan/ pertanian, energi, kesehatan, lingkungan dan industri pengolahan di dunia saat ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Indonesia sebagai negara dengan potensi biodiversity yang besar baik di tingkat species maupun DNA sangat berpeluang dalam meningkatkan daya saing nasional. Isu pemanasan global telah menjadi isu mendasar pada berbagai aspek ilmu pengetahuan dan teknologi karena dampaknya diyakini sangat besar bagi kehidupan manusia saat ini dan masa depan. Konferensi Bioteknologi Indonesia ke-5 dengan tema "Inovasi Industri Hijau melalui Bioteknologi " diharapkan dapat mempromosikan inovasi di bidang penelitian dan aplikasi industri bioteknologi untuk mengembangkan kesejahteraan hijau dan berkelanjutan serta aplikasinya secara praktis dan klinis (prasetya 1970).

Daftar Pustaka

Hidayat, A.A dan M. Kholil. 2018. KIMIA DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN INDUSTRI. Jakarta, september 2018.

Hartarto, A. 2016. Inovasi industri Hijau. Dalam http://kemenperin.go.id/artikel/15963/Indonesia-Masih-Perlu-Inovasi-Industri-Hijau? (diunduh 18 desember 2018).

Hidayat, A.A dan M. Kholil. 2018. KIMIA DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN INDUSTRI. Jakarta, september 2018.

Sopandi, L. 2017. Pengembagan Industri Hijau Nasional. Dalam https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://apki.net/wp-content/uploads/2017/04/Industri-Hijau-Pak-Lintong-1.pdf&ved=2ahUKEwjs_ffxjanfAhXDUn0KHet9C0QQFjAFegQICRAB&usg=AOvVaw3U5ZKjUf2Qh4XFyr3wXptL&cshid=1545130133954 (Diunduh 18 desember 2018).

Prasetya, B. 2012. inovasi industri hijau melalui bioteknologi. Dalam http://lipi.go.id/berita/single/Inovasi-Industri-Hijau-melalui-Bioteknologi/13534 . (diunduh 18 desember 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.