.

Senin, 10 Desember 2018

Industri itu ga berasap

Definisi Industri Hijau
“Industri Hijau adalah sebuah icon industri yang harus dipahami dan dilaksanakan, yaitu industri yang dalam proses produksinya menerapkan upaya efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya secara berkelanjutan,”
kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Haris Munandar pada Persiapan Akhir Penghargaan Industri Hijau 2015 di Kementerian Perindustrian, Pengembangan industri hijau dapat dilakukan melalui berbagai upaya, antara lain: penerapan produksi bersih, konsenrvasi energi, efisiensi sumber daya, eco-design, proses daur ulang dan low carbon technology. “Melalui penerapan industri hijau, maka akan terjadi efisiensi pemakaian bahan baku, energi dan air, sehingga limbah maupun emisi yang dihasilkan menjadi minimal. Dengan demikian, maka proses produksi akan menjadi lebih efisien yang tentunya akan meningkatkan daya saing produk industri,” Di samping itu, pengembangan industri hijau merupakan salah satu usaha untuk mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 26% pada tahun 2020 dibandingkan dengan kondisi saat ini, dan diharapkan akan dapat mencapai 41% dengan bantuan internasional.

Penerapan Industri Hijau

  1. Meningkatkan upaya-upaya apengelolaan internal/housekeeping;
  2. Meningkatkan proses pengawasan;
  3. Daur ulang bahan/material;
  4. Modifikasi peralatan yang ada;
  5. Teknologi bersih;
  6. Perubahan bahan baku;
  7. Modifikasi produk;dan
  8. Pemanfaatan produk samping


Manfaat Industri  Hijau

  1. Meningkatkan profitabilitas (keuntungan) melalui peningkatan efisiensi sehingga dapat mengurangi biaya operasi, pengurangan biaya pengelolaan limbah dan tambahan pendapatan dari produk hasil samping
  2. Meningkatkan image perusahaan
  3. Meningkatkan kinerja perusahaan
  4. Mempermudah akses pendanaan
  5. Flexsibelitas dalam regulasi
  6. Terbukanya peluang pasar baru
  7. Menjaga kelestarian fungsi lingkungan

DAFTAR PUSTAKA
http://www.kemenperin.go.id/artikel/13844/Pelaku-Usaha-Dituntut-untuk-Berwawasan-Industri-Hijau (diakses pada 27 November 2018.)
beritadaerah.co.id/2014/.../industri-hijau-tekan-dampak-negatif-terhadap-lingkungan/ (diakses pada 27 November 2018.)
www.bikasolusi.co.id/industri-hijau/ (diakses pada 27 November 2018.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.