.

Jumat, 14 Desember 2018

INDUSTRI HIJAU


Oleh : Sinta Anggraeni (@J12-Sinta)

Abstrak : Industri Hijau adalah sebuah icon industri yang harus dipahami dan dilaksanakan, industry hijau tidak terlepas dari usaha menciptakan revolusi dan ekonomi hijau yang sangat diidamkan bumi saat ini untuk melawan kerusakan selanjutnya. Bumi yang sehat tergantung pada keberhasilan industri hijau yang diciptakan manusia.

Kata kunci : industri hijau, konsep, pencapaian, manfaat

Industri Hijau merupakan program pemilihan industri yang berwawasan lingkungan yang telah berupaya melakukan pengelolaan lingkungan hidup sehingga dapat meminimalisir pencemaran dan perusakan lingkungan hidup akibat kegiatan industri, mengutamakan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumberdaya alam serta bermanfaat bagi masyarakat. (Andi dan Maria, 2015)
Industri hijau merupakan salah satu jawaban terwujudnya bumi yang sehat, karena industri hijau menselaraskan pembangunan dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup. Bumi yang sehat tergantung pada keberhasilan industri hijau yang diciptakan manusia. Pengembangan industri hijau bisa dilakukan dengan menggunakan bahan baku dari material yang ramah lingkungan, desain barang yang ramah lingkungan, menerapkan teknologi proses dengan sumber daya yang efisien, pengurangan emisi rumah kaca, dan transportasi yang ramah lingkungan.

Konsep Industri Hijau
Konsep Industri Hijau menekankan kepada efisiensi serta efektifitas penggunaan bahan baku, jangan sampai terlalu banyak bahan baku yang terbuang percuma. efisien dan efektifitas merupakan salah satukunci utama di konsep hijau. bayangkan betapa banyaknya bahan yang bisa digunakan kalau ternyata bahan tersebut tidak terpakai karena penggunaan bahan baku yang tidak efisien. Input masuk sama dengan output adalah hal minimal yang harus dicapai oleh setiap perusahaan bayangkan betapa sayangnya bahan terbuang, dan dampaknya sangat terasa bagi alam. bahan mentah diproduksi dengan energi yang berasal dari minyak bumi atau fosil, karena di Indonesia masih didominasi energi fosil sebesar 37% berdasarkan data dari WWF. berapa banyak karbon yang keluar dan terbuang sia-sia jika kita membuang bahan baku.

Pencapaian Industri Hijau
Industri hijau dapat dicapai antara lain melalui:

1.      Meningkatkan upaya-upaya pengelolaan internal/housekeeping
2.      Meningkatkan proses pengawasan
3.      Daur ulang bahan/material
4.      Modifikasi peralatan yang ada
5.      Perubahan bahan baku


Manfaat Penerapan Industri Hijau pada perusahaan
  •       Meningkatkan profitabilitas (keuntungan) melalui peningkatan efisiensi sehingga dapat mengurangi biaya operasi, pengurangan biaya pengelolaan limbah dan tambahan pendapatan dari produk hasil samping.
  •       Meningkatkan image perusahaan.
  •       Meningkatkan kinerja perusahaan
  •       Flexsibelitas dalam regulasi
  •       Menjaga kelestarian fungsi lingkungan


Daftar pustaka :
Anonim. 2015. Industri hijau. 2015. Dalam https://dokumen.tips/documents/industri-hijau.html
Andi dan Maria. 2015. Evaluasi Penerapan Program Industri Hijau ISBN: 978-602-70604-2-5, A-16-2. Dalam http://mmt.its.ac.id/download/SEMNAS/SEMNAS%20XXIII/MI/16.%20Prosiding%20Andi%20Nurwahidah(1).pdf

Mulya, Rudini. 2018. Apa Itu Industri Hijau. Dalam https://www.scribd.com/document/105397640/Apa-Itu-Industri-Hijau-Rudini-Mulya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.