.

Senin, 17 Desember 2018

Green Industry Makes The World Good

Faisal Rafi Prayogo
(K06-Faisal)

    Kita pasti menginginkan dunia ini tidak tercemarkan oleh zat-zat berbahaya yang dihasilkan oleh industri. Industri identik dengan yang namanya limbah ataupun pencemaran. Maka itu disini kita perlu membuat industri yang ramah lingkungan atau yang biasa disebut industri hijau. Karena dengan industri hijau kehidupan perindustrian pun akan lebih ramah dan baik bagi lingkungan sekitarnya seperti pendudukan yang dekat dengan perindustrian.

Kata Kunci : Industri Hijau, Konsep, Penerapan

    Industri Hijau adalah industri berwawasan lingkungan yang menyelaraskan pertumbuhan dengan kelestarian lingkungan hidup, mengutamakan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya alam serta bermanfaat bagi masyarakat. kurang lebih sudah 50 tahun pembangunan sektor industri berdiri dan memiliki dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya. Terciptanya industri hijau menjadikan sektor industri lebih ramah lingkungan. Industri Hijau memiliki 2 prinsip yaitu perbaikan terus-menerus dan pembangunan berkelanjutan (Simachokedee dalam GIM, 2013)
    Penerapan Industri hijau harus dilaksanakan dengan pemenuhan terhadap Standar Industri Hijau (SIH) yang secara bertahap dapat diberlakukan secara wajib. Penerapan industri hijau dilakukan melalui konsep produksi bersih (cleaner production) melalui aplikasi 4R, yaitu Reduce (pengurangan limbah pada sumbernya), Reuse (penggunaan kembali limbah), dan Recycle (daur ulang limbah), dan Recovery (pemisahan suatu bahan atau energi dari suatu limbah). Dalam Cleaner Production memberikan 2 keuntungan yaitu efisiensi dalam proses produksi dan meminimalis terbentuknya limbah.
    Konsep Industri Hijau menekankan kepada efisiensi serta efektifitas penggunaan bahan baku, jangan sampai terlalu banyak bahan baku yag terbuang percuma. Efisien dan efektifitas merupakan salah satukunci utama. Dengan meminimalis limbah akan membuat efisiensi dan efektivitas lebih baik. penting dalam meminimalkan penggunaan bahan baku dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam perindustrian dan limbah yang dikeluarkan pun menjadi lebih sedikit.

DAFTAR PUSTAKA 
Hidayat, Atep Afia dan Kholil, Muhammad. 2018. "Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri" Cetakan 1. Yogyakarta. Penerbit Wahana Resolusi.
Administrator. 2013. Dengan artikel "Kebijakan Pengembangan Industri Hijau (Green Industry) Kementerian Perindustrian" dan http://greenlistingindonesia.com/berita-147-kebijakan-pengembangan-industri-hijau-green-industry-kementerian-perindustrian.html . Diakses pada 17 Desember 2018.
Redaksi. 2016. Dengan artikel "Perlunya Inovasi Industri Hijau" dan http://www.jurnalindonesia.net/perlunya-inovasi-industri-hijau/ . Diakses pada 17 Desember 2018.
Hestanto. 2016. Dengan artikel "Pembangunan Industri Hijau Indonesia" dan https://www.hestanto.web.id/industri-hijau/ . Diakses pada 17 Desember 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.